10 Fitur Keren iBank KlikBCA Internet Banking Yang Wajib Kamu Ketahui

10 Fitur iBank KlikBCA Internet Banking
image by dribbble.com

Sebagai salah satu Bank Swasta terbesar di Indonesia, BCA menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang membutuhkan layanan keuangan dengan kinerja yang baik. Ada banyak produk yang telah dikeluarkan oleh BCA, seperti tabungan, internet banking, klikBCA, pendaftaran nasabah secara online, tabungan bisnis, dan lainnya. Dengan menguasai hingga sekitar 20% pasar Indonesia, tentunya BCA harus memberikan pelayanan yang terbaik agar tetap menjadi pilihan utama nasabah.

KlikBCA adalah salah satu fasilitas ibank BCA, yang merupakan layanan internet banking, dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini seiring dengan kepopuleran ATM BCA di seluruh daerah. Fasilitas pada klikbca menawarkan banyak fitur berguna, tetapi masih banyak dari nasabah BCA individual yang belum mengetahui dan menggunakan berbagai fitur dalam iBank BCA tersebut.

Nasabah dapat mengakses KlikBCA melalui smartphone atau desktop dengan mengunjungi situs www.klikbca.com. Ada 10 fitur KlikBCA terbaik iBank BCA yang update terbaru di 2021, yang bisa memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi dan mengembangkan bisnisnya

Now, Bank is going digital!

Nilai transaksi e-banking di Indonesia, salah satunya iBank yang tercatat pada 2017 dengan total mencapai Rp. 7.890 triliun, naik hingga 5,8% dari raihan tahun 2016, seperti dilaporkan Media Kontan. Selain itu, jumlah uang elektronik yang beredar pada tahun 2018 sebanyak 90 juta keping dan akun, dengan total nilai transaksi total Rp. 12,37 triliun.

Salah satu internet banking (iBank) yang sangat populer di masyarakat adalah milik BCA, yaitu KlikBCA yang yang bisa diakses melalui www.klikbca.com atau https://ibank.klikbca.com/ dari smartphone atau pc nasabah.

KlikBCA individual adalah salah satu fasilitas yang digunakan untuk melakukan transaksi nasabah perorangan agar membedakan dengan KlikBCA Bisnis. Namun ternyata masih banyak fitur KlikBCA yang belum dimanfaatkan padahal berguna untuk menunjang kegiatan terkait transaksi perbankan para nasabahnya.

Cara Mendaftar iBank BCA

Mungkin saat ini kamu sudah memiliki tabungan BCA, namun belum tau “bagaimana cara daftar KlikBCA Individual?” Setiap nasabah individu menyimpan uang di BCA dan akan mendapatkan Kartu ATM BCA, kedua hal tersebut bisa digunakan untuk mendaftar Internet Banking KlikBCA.

Ada dua cara untuk daftar iBank KlikBCA individu, yaitu:

  1. Pertama, nasabah harus memiliki User ID dan PIN, yang didapat/diperoleh saat melakukan registrasi di mesin ATM BCA (Anjungan Tunai Mandiri).
  2. Kedua, nasabah melakukan registrasi fasilitas IB BCA di Customer Service cabang BCA dan User-ID KlikBCA akan dikirimkan melalui e-mail nasabah yang didaftarkan saat melakukan registrasi dan PIN yang digunakan pertama kali adalah PIN Kartu ATM BCA nasabah.

Setelah registrasi selesai nasabah bisa langsung melakukan KlikBCA Login. Adapun ketentuan dalam menggunakan internet banking KlikBCA:

  • Limit Transfer : Rp. 100.000.000, atau ekuivalen Rp. 100.000.000 per hari per User ID.
  • Limit ini merupakan limit gabungan transfer dari “Rupiah-ke-Rupiah”, “Rupiah-ke-Valas”, “Valas-ke-Rupiah” dan “Valas-ke-Valas” yang sama.
  • Pulsa Isi Ulang : Rp. 2.500.000 per hari per User ID (termasuk PPN), yang merupakan limit gabungan pembelian pulsa isi ulang di Mobile Banking/ ATM / Pulsa Isi Ulang via SMS.
  • Transaksi finansial, contohnya seperti transfer dana, nasabah harus memiliki KeyBCA (token), yaitu selain menginput User-ID dan PIN, nasabah juga wajib menginput angka yang dihasilkan dari KeyBCA (token) sebagai tanda persetujuan atas instruksi transaksi finansial yang dilakukan.
  • Blokir User-ID dan PIN Nasabah bisa dilakukan jika terjadi hal-hal berikut ini:
    • (a) salah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat login;
    • (b) salah memasukkan angka dari token KeyBCA sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut saat transaksi keuangan;
    • (c) mengajukan penggantian Kartu ATM BCA dan atau dilaporkan Kartu ATM BCA hilang ke Customer Service;
    • (d) User-ID dan/atau PIN dilaporkan telah diketahui oleh orang lain;
    • (e) Hasil penelitian BCA mengindikasikan bahwa ada kemungkinan User-ID dan PIN Nasabah telah diketahui oleh orang lain.
  • Layanan KlikBCA akan berakhir jika nasabah mengakhiri menggunakan Kartu ATM BCA atau menutup semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA.

Manfaat Menggunakan KlikBCA Untuk Transaksi Keuangan

Sebagai alat pembayaran digital, ada beberapa manfaat menggunakan ibank KlikBCA diantaranya sebagai berikut:

  • Praktis : nasabah dapat langsung melakukan transaksi perbankan melalui internet tanpa harus susah payah datang ke cabang atau ATM (kecuali nasabah ingin mengambil uang tunai).
  • Aman : layanan KlikBCA dilengkapi dengan sistem keamanan super tinggi untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data dan transaksi nasabah, serta dilengkapi dengan KeyBCA (token), yaitu alat yang akan mengeluarkan temporary password yang selalu berganti setiap kali akan digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, sehingga dapat memberikan pengamanan maksimal atas setiap transaksi finansial nasabah.
  • Mudah : pengguna cukup datang ke ATM BCA / Customer Service di kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan registrasi/pendaftaran dan akan mendapatkan User-ID, serta PIN Internet Banking, yang kemudian bisa digunakan untuk login di www.klikbca.com atau https://m.klikbca.com melalui smartphone atau PC.

10 Fitur KlikBCA Yang Akan Memudahkan Nasabah Dalam Bertransaksi

Berikut ini adalah 10 fitur canggih KlikBCA yang harus nasabah ketahui.

1. Pembelian dan Pembayaran

Tidak hanya menyediakan fasilitas pembelian online, KlikBCA juga dapat digunakan untuk pembayaran reguler dan pembayaran e-commerce.

  • Pembelian : voucher pulsa isi ulang, PLN prabayar, dan PLN prabayar manual advice, tiket, dan lain-lain.
  • Pembayaran : kartu kredit, asuransi, pinjaman, pajak, BPJS, telepon, handphone, internet, air / PAM, listrik / PLN, Pendidikan, surat berharga negara dan lainnya.
  • Pembayaran e-Commerce : pembayaran secara online/digital untuk setiap pembelanjaan di website-website merchant yang bekerjasama dengan BCA.

KlikBCA merupakan salah satu layanan perbankan yang menawarkan banyak opsi pilihan pembayaran dan pembelian. Setidaknya ada dua jenis pembayaran digital yang sangat menarik karena banyak digunakan, yaitu pembayaran BPJS kesehatan dan pajak PBB.

a) Cara melakukan pembayaran bpjs di KlikBCA

KlikBCA menyediakan layanan pembayaran BPJS, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Pembayaran”
  2. Pilih “BPJS”
  3. Pilih Jenis BPJS kesehatan lalu Klik “input No. pembayaran”
  4. Masukan nomor pembayaran iuran JKN KIS BPJS Kesehatan dan klik “OK”
  5. Klik “Send”
  6. Pastikan tagihan yang tertera sudah benar, kemudian klik “OK”
  7. Masukan angka KeyBCA (token)
  8. Pembayaran berhasil, nasabah akan mendapatkan notifikasi pembayaran

b) Cara melakukan pembayaran pbb di KlikBCA

BCA (Bank Central Asia) telah bekerjasama dengan PEMDA (Pemerintah Daerah) untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat (wajib pajak) untuk kewajiban membayar PBB dan pajak retribusi daerah Lainnya. Ini adalah solusi terbaik agar masyarakat tidak perlu antri dan menghabiskan waktu untuk datang ke kantor cabang pemerintah daerah atau ke bank penerima pajak daerah. Dalam pembayaran PBB, berikut Pemerintah Daerah yang sudah menjalin kerjasama dengan BCA yaitu:

  • Pemprov DKI Jakarta
  • Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel)

Cara pembayaran PBB di KlikBCA :

  1. Pilih menu Pembayaran
  2. Pilih menu MPN/Pajak
  3. Pilih menu PBB
  4. Input Nomor Objek Pajak (NOP)
  5. Input Tahun Pajak
  6. Pastikan informasi tagihan yang tertera sudah benar, lalu klik “Ok”
  7. Pembayaran berhasil, nasabah akan mendapatkan notifikasi pembayaran

2. Informasi Rekening Jauh Lebih Lengkap

Fitur-fitur terkait pembukaan rekening secara online, informasi saldo dan mutasi rekening, dan sejumlah rekening pihak ketiga yang terkait dengan rekening dana untuk nasabah yang melakukan aktivitas investasi saham. Lalu tersedia pula fitur informasi pinjaman jika nasabah memiliki pinjaman di Bank BCA.

Fitur laporan rekening secara online (e-statement) yang dapat diunduh (download) kapan saja (realtime) sehingga nasabah tidak perlu minta print ke kantor cabang.

a) Cara pembukaan rekening

Tahapan Berjangka, proses pembukaan rekening “Tahapan Berjangka” dapat dilakukan self service oleh nasabah.
Status Pembukaan Rekening, berfungsi untuk melihat status pembukaan rekening yang sudah dilakukan oleh Nasabah.

b) Akses informasi rekening

  • Informasi saldo, semua informasi saldo rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA.
  • Mutasi Rekening, semua informasi transaksi finansial/keuangan atas semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA (maksimal sampai dengan 2 bulan lalu).
  • Deposito, segala informasi saldo rekening deposito BCA.
  • Tahapan berjangka
  • Rekening Dana Nasabah (RDN), Informasi Saldo RDN Mutasi RDN
  • Informasi pinjaman, semua informasi detail dan sisa pinjaman kredit konsumer dan riwayat (histori) pembayaran.
  • Pembayaran Pinjaman, semua informasi transaksi pembayaran pinjaman yang telah dilakukan nasabah.
  • e-Statement, “Tahapan Berjangka dan Tabungan dan Giro”, yang saat ini nasabah dapat mengakses transaksi rekening mulai dari tahun 2016 melalui layanan e-statement KlikBCA.
  • Informasi kurs, kurs e-rate, informasi yang tersedia untuk mata uang US$ dan SGD, yang digunakan untuk melakukan transaksi melalui e-Channel.

3. Transfer Dana Jadi Lebih Cepat

Jenis transaksi keuangan yang paling penting dan yang paling sering dilakukan oleh nasabah, yaitu transfer dana/uang, dengan berbagai macam ke sesama rekening BCA, antar bank, dan yang paling terbaru ke e-money.

Selengkapnya mengenai fitur transfer dana di KlikBCA adalah:

  • Daftar Rekening Bank Tujuan
  • Transfer ke Sesama Rekening BCA
  • Transfer ke Rekening Bank Lain Dalam Negeri
  • Transfer ke BCA Virtual Account
  • Transfer ke Sakuku

Satu hal yang sangat membedakan layanan KlikBCA dengan internet banking lainnya adalah adanya kewajiban nasabah untuk mendaftarkan rekening tujuan di KlikBCA untuk bisa melakukan transfer dana. Saat ini, BCA tidak hanya mewajibkan daftar rekening tujuan ini, bahkan menambah satu langkah tambahan, yaitu penambahan pengiriman SMS ke nomor handphone nasabah saat melakukan pendaftaran no.rekening tujuan, yang informasinya berisi:

  • SMS ID, 5 (lima) digit angka yang harus dimasukkan pada layar KlikBCA individu
  • 8 (delapan) digit angka untuk dimasukkan ke KeyBCA dan mendapatkan respon KeyBCA.
  • Pendaftaran no.HP (selanjutnya disebut no.HP e-Banking atau sms banking) yang bisa dilakukan melalui ATM/ANT/ATM STAR BCA.

Bagi nasabah BCA yang belum melakukan pendaftaran no.HP, maka tetap bisa melakukan pendaftaran rekening tujuan transfer ke bank lain pada layanan KlikBCA Individu tanpa menggunakan SMS, namun transaksi ke rekening tujuan bank lain tersebut dibatasi dengan maksimum transaksi sebesar Rp. 25.000.000,- per transaksi dengan limit total per hari tetap Rp. 100.000.000,-.

4. Kontak HaloBCA di Aplikasi WhatsApp

Fitur ini merupakan bukan bagian langsung dalam layanan KlikBCA, tetapi sarana komunikasi Halo BCA via WA sangat membantu nasabah. Dimana saat ini hampir semua pengguna smartphone terhubung dengan whatsapp.

Cara mengakses layanan HaloBCA via WhatsApp:

  • Buka WhatsApp BCA 0811-1500-998 di kontak melalui smartphone.
  • Nasabah harus mengawali chat dengan cara mengetik keyword #HaloBCA.
  • Nasabah juga bisa chatting dengan WhatsApp Bank BCA menggunakan text atau image dengan format jpg, jpeg dan png (WhatsApp Bank BCA tidak melayani Video Call dan Voice call).
  • Nasabah akan menerima pesan balasan WhatsApp Bank BCA berupa “ucapan terimakasih serta info syarat & ketentuan”.
  • Selanjutnya nasabah akan terhubung dengan Officer Halo BCA Pusat.
  • Apabila nasabah tidak merespon Officer Halo BCA Pusat dalam waktu 2 (dua) menit, maka Officer Halo BCA Pusat secara otomatis mengakhiri chatting di akun WhatsApp Bank BCA.
  • Yang terakhir, nasabah akan diberi tautan/link untuk survey penilaian atas layanan WhatsApp Bank BCA.

Hal yang paling penting yaitu memastikan bahwa nasabah berhubungan dengan WA BCA akun resmi, dengan memperhatikan hal berikut:

  • Nomor official business account WhatsApp BCA adalah +62 811 1500 998 dengan nama account WhatsApp adalah “Bank BCA” dan pada profil akun Bank BCA terdapat logo verified (ikon centang) hijau, yang menandakan akun resmi Bank BCA.
  • Pada detail informasi profil terdapat informasi mengenai photo profile BCA, alamat BCA, dan simpan nomor WhatsApp BCA 0811-1500-998 di kontak HP-mu (nasabah) dengan menggunakan nama kontak “Bank BCA”, agar logo verified (ikon centang) muncul.
  • Jika disimpan dengan menggunakan nama selain “Bank BCA” (misal “WA Bank BCA”, “Halo BCA”, dsb), maka: pada perangkat iphone, logo verified tidak akan muncul; pada perangkat android, logo verified akan muncul di sub-name (di bawah nama kontak); pada perangkat android dan iphone, profil akun tetap bernama Bank BCA dan terdapat logo verified, website BCA, alamat email BCA, dan status tagline BCA

5. Mengelola Kartu Kredit BCA

Jika nasabah memiliki kartu kredit BCA, maka nasabah tersebut bisa mengecek tagihan terakhir, namun juga transaksi yang baru terjadi, dan fitur ini sangat bagus untuk mengontrol penggunaan kartu kredit nasabah.

Informasi fitur kartu kredit BCA di layanan KlikBCA, adalah:

  • Informasi saldo, semua informasi sisa saldo kartu kredit BCA.
  • Informasi transaksi, data informasi transaksi kartu kredit BCA.
  • Informasi tagihan, informasi tagihan kartu kredit BCA sampai dengan 12 bulan terakhir (termasuk pada bulan berjalan).

6. Produk-Produk Investasi Yang Sangat Menguntungkan

Layanan KlikBCA memiliki fitur khusus soal produk-produk investasi, seperti:

  • ORI (Obligasi Republik Indonesia), yang bisa nasabah beli secara online di KlikBCA, yang menawarkan tingkat suku bunga diatas deposito dengan keamanan setara dengan deposito karena ORI diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia.
  • Advertisements
  • Investasi saham, nasabah bisa melihat kepemilikan saham saat ini, karena layanan KlikBCA terhubung dengan sistem KSEI yang mencatat kepemilikan saham di Indonesia
  • Saldo Reksadana, jika nasabah memiliki investasi di Reksadana.

Adanya menu produk investasi ini tentunya mempermudah nasabah dalam melakukan investasi secara online dan memantau kinerja instrumen investasi yang tersedia.

7. Tarik Dana PayPal Langsung ke BCA Dengan Mudah dan Cepat

Buat para nasabah yang kerap melakukan transaksi internasional, misalnya seperti untuk melakukan pembayaran atau menerima pembayaran bisnis, PayPal adalah salah satu solusi payment gateway yang paling populer saat ini.

Umumnya, PayPal digunakan sebagai rekening digital untuk menerima pembayaran dalam mata uang asing, misalnya US$, EURO, dan lainnya. Masalah muncul, ketika nasabah ingin melakukan penarikan dana yang ada di rekening PayPal yang tidak mudah karena bank harus terkoneksi dengan akun Paypal nasabah. BCA menyediakan fasilitas tersebut untuk mempermudah nasabah menempatkan dananya di KlikBCA individu, dengan cara berikut:

  • Buka rekening PayPal, daftarkan terlebih dahulu rekening BCA nasabah sebagai Rekening tujuan penarikan dana PayPal. Untuk nama yang hanya mempunyai satu kata, maka solusinya nama belakang menggunakan tanda titik ( . )
  • Konfirmasi rekening bank tujuan, cek kembali jika sudah betul, klik “save”.
  • Tekan tombol Withdraw Funds di bawah PayPal Balance.
  • Lalu konfirmasi dana PayPal yang ingin ditarik. Jika dana yang ditarik kurang dari Rp. 1.500.000,- (Setelah rate di konversi ), maka dikenakan charge fee Rp. 16.000,-. Namun, jika minimal penarikan Rp. 1.500.000,- maka bebas fee.
  • Konfirmasi apakah Kamu setuju dana PayPal ditarik menggunakan konversi rate yang berlaku. Proses transfer dana dari PayPal ke Rekening BCA nasabah membutuhkan waktu 2-4 Hari Kerja.
  • Setelah 2-4 hari kerja, nasabah bisa cek di KlikBCA, BCA mobile, ATM atau Cabang BCA, apakah dana yang ditarik sudah masuk kerekening BCA.

Perhatikan adanya charge-fee Rp 16,000 untuk penarikan dana dibawah Rp. 1.500.000,-.

8. Transaksi e-Commerce Lebih Mudah Dengan BCA KlikPay

Seiring dengan laju peningkatan transaksi melalui platform e-commerce dan belanja online, BCA menyediakan cara pembayaran mudah dengan KlikPay di KlikBCA.

Fasilitas BCA KlikPay ada di merchant-merchant yang sudah kerjasama (misalnya Tokopedia), sebagai cara pembayaran dan jika nasabah memilih KlikPay maka dana pembayaran secara otomatis akan ditarik dari KlikBCA nasabah, yang telah terhubung dengan KlikPay, yaitu dengan cukup memasukkan kode OTP (one time passcode) yang dikirim via SMS ke nomor nasabah BCA.

Keuntungan dari menggunakan layanan pembayaran dengan KlikPay adalah proses transaksi jadi lebih simpel dan tidak ribet karena KlikPay menghubungkan sumber dana langsung dari rekening KlikBCA, sehingga nasabah tidak perlu bolak-balik keluar masuk aplikasi untuk melakukan pembayaran.

Cara registrasi KlikPay, adalah:

  • Registrasi KlikPay di KlikBCA melalui www.klikbca.com/klikpay kemudian pilih menu Registrasi untuk melakukan pendaftaran KlikPay BCA, lalu aktivasi dan pastikan memiliki alamat email dan nomor handphone yang masih aktif.
  • Setelah registrasi selesai, nasabah akan mendapat kode aktivasi via sms di handphone maupun email, lakukan aktivasi di www.klikbca.com. Login pada internet banking individual dan pilih menu Administrasi >> Aktivasi BCA KlikPay >> lalu otorisasi dengan menggunakan token KeyBCA.

Kunci keamanan dari menggunakan KlikPay adalah setiap bertransaksi, nasabah harus melakukan login dengan alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya dan diotorisasi menggunakan Kode OTP (One Time Passcode) yang selalu berbeda/berganti dan dikirim melalui sms ke handphone yang telah diregistrasi oleh nasabah.

9. Mudahnya Top Up E-Wallet Melalui KlikBCA

Top up saldo e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan lainnya, bisa dilakukan dengan mudah melalui menu “Transfer Virtual Account”.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke akun KlikBCA
  2. Pilih menu ‘Transfer Dana’
  3. Pilih ‘Transfer ke BCA Virtual Account’
  4. Masukkan company code e-wallet diikuti nomor ponsel nasabah yang terhubung dengan e-wallet, dengan daftar company code e-wallet: GoPay (70001); OVO (39358); LinkAja (09110); DANA (3901).
  5. Masukkan nominal top up yang diinginkan dan masukkan PIN.

10. Gunakan KlikBCA Untuk Aktivitas Bisnis

Untuk segala kebutuhan bisnis, bedakan dengan kebutuhan perorangan, BCA menyediakan layanan KlikBCA Bisnis. Salah satu keunggulannya yaitu berbeda dengan Klik BCA individu yang memiliki limit transaksi hariannya dibatasi sebesar Rp. 100.000.000 per hari per User-ID, sementara dengan KlikBCA Bisnis nasabah berhak menentukan nominal limit harian per jenis transaksi.

Dari sisi keamanan, nasabah KlikBCA bisnis dapat memilih fitur ‘Single Otorisasi’ atau ‘Multi Otorisasi’ dan menentukan pihak mana saja yang berwenang untuk melakukan otorisasi terhadap setiap transaksi yang akan dilakukan oleh perusahaan, dimana jika pihak yang diberi wewenang lebih dari satu orang, maka perusahaan dapat membagi level-level kewenangan.

Selain itu, sistem keamanan KlikBCA Bisnis menggunakan VPN yang bekerja dengan cara mengamankan jalur/koneksi internet dengan software khusus. Yang nantinya akan terpasang dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) sesuai dengan permintaan setiap melakukan transaksi.

Manfaat lain dari layanan KlikBCA Bisnis yaitu meminimalisir kesalahan, hanya dengan menggunakan satu akun saja sudah bisa mengatur semua jenis transaksi bisnis nasabah, lalu perusahaan bisa membayar kewajiban, seperti gaji karyawan dengan tepat waktu.

Layanan KlikBCA Bisnis menawarkan kemudahan, yaitu seperti:

  • KlikBCA Bisnis memberikan informasi finansial secara detail, mulai dari saldo, rekening koran, bahkan laporan MT940
  • Transfer dana antar sesama rekening BCA, ke BCA Virtual Account, ke rekening bank lain dalam negeri (LLG/RTGS), dan kiriman valas ke rekening bank lain (Outward Remittance).
  • Daftar Data Pajak, ini merupakan layanan yang digunakan untuk penginputan data detail wajib pajak secara satuan, sehingga memungkinkan mendapatkan kode Billing dari sistem DJP.
  • Pembayaran E-Billing Pajak, yaitu layanan yang memberikan kemudahan bagi para nasabah bisnis untuk melakukan pembayaran pajak secara satuan melalui fasilitas KlikBCA Bisnis.
  • Upload E-Billing Pajak, merupakan layanan yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan pendaftaran pembayaran pajak secara bulk (jumlah besar) dengan cara upload di KlikBCA Bisnis.
  • Informasi status keuangan perusahaan terkini
  • Melakukan pembayaran Rupiah dan Valuta Asing (Valas) kemana saja.
  • Membayar tepat waktu tagihan Pajak, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan utilitas lainnya.
  • Menjadwal pembayaran gaji/upah karyawan jadi lebih mudah dan cepat.
  • Mengelola saldo dari banyak rekening dengan cepat dan masih banyak layanan bisnis lainnya yang ditawarkan KlikBCA Bisnis.

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan KlikBCA

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan KlikBCA membuat pengguna seringkali lalai soal keamanan dalam bertransaksi. Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan kerugian akibat pencurian data, fraud dan akses tidak berizin lainnya.

KlikBCA sendiri menjelaskan sejumlah langkah-langkah keamanan yang perlu diperhatikan oleh nasabah dalam penggunaan internet banking BCA, yaitu:

  1. Jangan share/membagikan nomor kartu ATM dan kode OTP (one time passcode) ke siapapun, sekalipun kepada yang mengaku pihak bank/operator ojol/lembaga apapun.
  2. Sesegera mungkin melakukan pengkinian data (update data), khususnya nomor ponsel yang digunakan untuk menerima kode otorisasi perbankan berupa OTP. Jika pengguna tidak melakukan pengkinian data nomor ponsel maka notifikasi transaksi yang terjadi bisa tidak diketahui oleh nasabah.
  3. Waspadai akun-akun palsu HaloBCA di media sosial. Agar terhindar dari segala bentuk risiko penipuan, nasabah harus memeriksa keaslian akun HaloBCA dengan memastikan kebenaran “username” akun tersebut. Berikut akun resmi Halo BCA @haloBCA
  4. Jangan pernah memberikan data OTP kepada siapa pun, bahkan kepada petugas bank sekalipun! OTP adalah password yang bersifat dinamis dan temporary (bisa berubah-ubah) yang dikirimkan oleh sistem bank atau situs jual-beli online melalui SMS / email. OTP juga berfungsi sebagai kode otorisasi terhadap sebuah transaksi. Jadi, jika ada orang tidak dikenal yang meminta nasabah menyebutkan nomor OTP dengan modus ingin transfer hadiah undian, atau apapun, segera tolak!

Keamanan adalah faktor utama yang perlu jadi perhatian khusus ketika akan melakukan transaksi online banking.

Conclusion

Dengan pertumbuhan penggunan yang semakin pesat KlikBCA bisa menjadi solusi atas permasalahan yang sering dirasakan oleh nasabah. 10 fitur KlikBCA ini bisa menjadi referensi nasabah dalam bertransaksi online.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *