Ini 10 Manfaat Pentingnya Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Ini 10 Manfaat Pentingnya Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil Secara Rutin
Photo by mikoto.raw from Pexels

Sudah diketahui bahwa susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Tak terkecuali bagi ibu hamil, susu juga penting untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungannya. Susu mengandung banyak nutrisi dan gizi, di antaranya kalsium, mineral, protein, dan juga vitamin D.

Ibu hamil sangat dianjurkan minum susu minimal 3 kali sehari. Dikutip dari laman ibudanbalita.com, ada 10 manfaat mengkonsumsi susu bagi ibu hamil.

1. Meningkatkan kualitas air ketuban

Cairan ketuban pada ibu hamil sangat penting untuk kesehatan janin dalam kandungan. Tapi tak jarang sebagian ibu mengalami masalah berupa cairan yang mengandung bakteri. Ternyata nutrisi dalam susu bisa membantu meningkatkan kualitas cairan ketuban lho mum. Jika cairan ketuban berkualitas baik, berarti kesehatan janin pun juga terjaga.

2. Bayi akan terlahir lebih sehat

Berdasarkan studi ilmiah yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa ibu yang minum susu secara teratur selama kehamilan dapat membuat berat badan bayinya lebih berat daripada ibu yang tidak rutin mengkonsumsi susu hamil. Ini pertanda bayi lahir lebih sehat dan memenuhi berat badan minimal bayi. Minimal para ibu dianjurkan minum 250 ml susu sehari agar bayinya lebih sehat.

3. Mengandung nutrisi penting bagi tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain mengandung vitamin D, mineral, kalsium dan protein, ternyata susu ibu hamil juga mengandung asam folat yang berguna untuk tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, disarankan secara rutin mengkonsumsi susu khusus ibu hamil guna memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin.

4. Memperlancar ASI

Manfaat lain susu khusus ibu hamil juga dirasakan pasca melahirkan, yakni akan memperlancar keluarnya ASI berkat kandungan kalsium yang dikandungnya. Pemberian ASI yang tidak teratur seringkali menjadi problem bagi para ibu karena khawatir kebutuhan bayinya tidak akan terpenuhi. Jika produksi ASI lancar, bayi akan tumbuh dengan sehat dan normal.

5. Membantu pembentukan tulang dan gigi bayi

Tulang dan gigi bayi perlu diperkuat dengan nutrisi dan gizi dari luar agar terbentuk dengan sempurna dan tepat. Kandungan kalsium serta vitamin D dalam susu anmum untuk ibu hamil sangat membantu proses pertumbuhan tulang agar lebih kuat. Jika kandungannya cukup besar, bisa menjadi cadangan untuk merawat tulang dan gigi dari bayi hingga dewasa. Bukan hanya janin yang merasakan manfaatnya, tapi juga ibu. Tulang dan gigi ibu akan lebih kuat jika rajin mengkonsumsi susu untuk mencegah resiko osteoporosis.

6. Pengaruhnya terhadap kesehatan bayi

Susu khusus untuk ibu yang mengandung juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh si bayi. Bayi yang terlahir dari ibu yang secara teratur mengkonsumsi susu selama masa kehamilan cenderung memiliki kekebalan yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, dan memiliki kadar insulin dalam darah yang tinggi. Dengan begitu, maka bayi akan memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe II saat dewasa kelak.

7. Sangat berguna pada janin

Manfaat susu ibu hamil tidak hanya bisa dirasakan saat bayi dalam kandungan atau setelah lahir, tapi juga bermanfaat untuk jangka panjang. Wanita hamil yang secara teratur minum susu cenderung memiliki bayi yang tumbuh lebih cepat dan kecil kemungkinannya untuk terinfeksi virus penyakit di sekitarnya. Ini karena semua nutrisi yang dibutuhkan janin ada dalam susu anmum untuk ibu hamil.

8. Memperbaiki sel-sel plasenta

Selain dapat meningkatkan kualitas cairan ketuban, susu khusus ibu hamil juga dapat memperbaiki sel-sel plasenta ibu. Plasenta menjadi satu-satunya jalur makan yang menghubungkan nutrisi antara janin dan ibu, jadi plasenta sangat membutuhkan protein yang tepat. Kandungan ini terdapat pada susu ibu hamil. Para calon ibu bisa mencoba Susu Anmum yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu dan perkembangan janin dalam kandungan.

9. Membantu memperbaiki jaringan otot, kulit, jantung, hati dan mata

Beberapa jaringan tubuh seperti otot, kulit, jantung, hati, dan mata pada ibu dan janin sangat rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kualitasnya perlu dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi susu yang diformulasikan khusus untuk ibu yang sedang mengandung bayi dengan kandungan protein yang tinggi.

10. Mencegah risiko anemia

Banyak ibu hamil menderita anemia yang bisa disebabkan oleh kurangnya suplai darah ke tubuh. Jadi ibu ketika mengandung juga lebih mudah sakit dan sering merasa pusing dan lelah. Zat besi yang cukup dibutuhkan untuk ibu , yang bisa didapatkan dari susu ibu ketika mengandung yang harus dikonsumsi teratur.

Setelah mum mengetahui banyak manfaat dari mengkonsumsi susu untuk ibu hamil, jangan malas untuk terus mengkonsumsinya, Mums! Jadikan aktivitas ini sebagai investasi untuk masa depan ibu dan bayi kelak. Jika nutrisi ibu ketika mengandung terpenuhi maka janin akan tumbuh sehat dan normal sesuai harapan orang tua.

1 Shares:
Leave a Reply