11+ Bisnis yang selalu laku setiap hari di pasar

11+ Bisnis yang selalu laku setiap hari di pasar
photo by pexels/conojeghuo

Ada banyak ide bisnis yang bisa kamu jalankan saat ini dan tentunya akan menjadi sumber income harian kamu. Perkembangan informasi dan teknologi semakin memudahkan kita dalam melakukan banyak hal, termasuk dalam hal bisnis. Hanya dengan bermodalkan laptop atau smartphone saja sudah bisa mengahasilkan uang. Lalu, Apa bisnis yang laku setiap hari dan bisa untung terus? Pertanyaan tersebut pasti pernah terlintas dipikiran kamu. Nah, Apa iya ada usaha atau bsinis yang bisa laku dan menguntungkan terus menerus? Jawabannya “Iya, Ada”, mari kita bahas satu persatu.

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan lebih dalam, mari kita ubah mindset kita dalam berbisnis. Selain mendapatkan keuntungan besar dan laris terus di pasar, sebuah bisnis yang baik juga harus dijalankan dengan serius dan konsisten, serta harus diproyeksikan untuk jangka panjang untuk bisa dikembangkan lebih besar lagi, serta harus memiliki asas manfaat bagi orang lain, seperti dapat menyerap tenaga kerja.

Bagi kamu yang sedang mencari ide bisnis yang laku setiap hari, berikut ini peluang bisnis yang bisa kamu lakukan untuk memberikan keuntungan setiap hari.

11+ Jenis Bisnis Yang Selalu Laku Setiap Hari

Saat ini ada 2 (dua) jenis media bisnis yang dapat lakukan, yaitu bisnis online dan bisnis offline. Keduanya berpotensi akan memberikan keuntungan yang besar jika kamu mengelolanya dengan baik dan profesional.

Bisnis online dan offline sama-sama memberikan keuntungan besar dan selalu banyak peminatnya tergantung dari apa yang dijual dan ditawarkan, segmentasi pasar, target konsumen, pelayanan yang kamu berikan, dan bagaimana cara menjualnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis online dan offline yang laris di pasaran Indonesia:

Bisnis Online Yang Laris dan Untung Terus

Kesempatan mendulang uang dan menjadi tajid di era digital saat ini sangat terbuka luas bagi kita semua. Ada banyak sekali jenis-jenis bisnis online, yang bahkan jika dijelaskan satu per satu maka kamu akan sedikit kebingungan. Berikut ini beberapa jenis bisnis online yang bisa menjadi sumber penghasilan kamu, berikut diantaranya:

1. Toko Online

Yang pertama adalah membuat toko online. Kamu bisa membuat toko online kamu yang relatif berbiaya sangat murah bahkan gratis. Dengan berjualan produk di marketplace akan membuka peluang kamu untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Berikut ini beberapa marketplace di Indonesia yang kamu berjualan produk di dalamnya:

  • Tokopedia.com
  • BukaLapak.com
  • Shopee.com
  • Lazada.com
  • BliBli.com

Selain berjualan di marketplace, kamu juga bisa berjualan langsung di website kamu. Dengan memanfaatkan media sosial dan mesin pencarian google. Berikut ini beberapa platform eCommerce yang harus kamu coba:

  • Shopify.com
  • BigCommerce.com
  • WooCommerce.com
  • YukBisnis.com
  • Dan lainnya

2. Bisnis Dropship

Istilah dropship merupakan sebuah istilah baru dalam bisnis, terutama pada bisnis online. Bisnis dropship adalah sebuah kegiatan bisnis yang menjual produk-produk orang lain tanpa harus menyiapkan stok barang terlebih dahulu, serta tidak perlu memikirkan proses pengirimannya ke konsumen, karena semuanya telah dihandle oleh suppliernya.

Tugas utama pebisnis dropship (dropshipper) adalah memasarkan barang yang dijual serta menjalin komunikasi dengan konsumen dan supplier. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual, karena biasanya harga beli dari supplier lebih murah.

KeuntunganKekurangan
Tidak memerlukan modal besar untuk memulainya karena tidak perlu membeli stok barang dan menyiapkan tempat untuk penyimpanan barang.Karena bertugas sebagai perantara, umumnya komunikasi yang terjadi kurang efektif.
Proses pengiriman barang dilakukan oleh supplier, jadi kamu tidak perlu memikirkan pengemasan dan pengiriman barang.

3. Menjadi Reseller

Sama seperti dropship, namun bedanya dengan menjadi reseller kamu harus membeli produk dari supplier terlebih dahulu, jadi diperlukan modal dan ruang simpan yang mencukupi.

Keuntungan menjadi reseller adalah kamu bisa mengontrol jumlah barang serta akan terhindar dari resiko kehabisan stok di supplier. Namun, kamu harus menyiapkan modal untuk membeli stok barang dari supplier.

Berikut ini beberapa jenis produk yang laku setiap hari di internet:

  • Produk fashion, seperti hijab, gamis, pakaian kerja, pakaian anak, dll
  • Produk elektronik dan accesorisnya, seperti smartphone, laptop, tablet, drone, kamera digital, dll
  • Produk herbal, seperti herbal kesehatan, kecantikan, vitalitas, dll
  • Produk kecantikan, seperti kosmetik, make up, perawatan rambut, pemutih kulit, obat diet, obat jerawat, dll

4. Menjual Jasa & Keahlian

Menjadi freelancer bisa menjadi salah satu alternatif mendapatkan keuntungan setiap hari. Kamu bisa menjual keahlian di bidang tertentu secara online. Sebenarnya ini bukan hal yang baru, namun mungkin saja kamu baru mengetahuinya atau masih belum menyadarinya. Saat ini ada banyak orang yang menjual jasa dan keahliannya secara online. Kita bisa menjual keahlian tersebut ke orang lain di luar negeri tanpa harus bertatap muka.

Berikut ini beberapa jenis keahlian yang bisa menjadi bisnis yang laris setiap hari:

  • Desain grafis
  • Web developer
  • App developer
  • Pemasaran digital (SEO, Sosial Media Marketing, Dll
  • Content writer

5. Menjadi YouTuber (Content Creator)

Salah satu profesi yang naik daun saat ini adalah profesi Youtuber. Profesi ini adalah impian generasi Z. Menjadi content creator bisa menjadi lahan bisnis yang bisa kamu coba. Hanya dengan membuat video yang unik, kreatif dan juga bermanfaat kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari Youtube.

Nah, bagaimana sih bisa mendapatkan uang setiap hari hanya dengan membuat video dan menguploadnya di Youtube? Dengan mendaftar dan mengupload video secara reguler kamu akan berkesempatan untuk menjadi publisher di program periklanan youtube (adsense). Setiap video yang kamu upload dan ditonton orang akan ditampilkan iklan, nah dari iklan yang ditampilkan tersebut youtube akan membayar kamu, baik itu per 1000 tampilan (CPM) atau per klik (CPC).

Tidak hanya itu, kamu bisa membangun komunitas dan menjual merchandise kepada anggota komunitas. Youtube memiliki model bisnis yang sangat menjanjikan sekarang ini, banyak perusahaan yang menjadikan YouTube Marketing sebagai media pemasaran dan branding produk-produk mereka. Jadi, potensi pengiklan (advertiser) juga sangat besar di platform Youtube.

6. Menjadi Profesional Blogger

Sama seperti YouTuber, menjadi seorang profesional blogger juga bisa menjadi sumber pendapatan kamu. Penghasilan seorang blogger itu berasal dari space iklan yang ditayangkan pada website mereka, atau premium konten yang mereka jual. Semakin banyak pengunjung blog, maka semakin besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis blogging ini.

Menjadi profesional blogger termasuk kategori bisnis yang laku setiap hari (passive income) karena pengguna internet di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Pengguna internet akan mencari berbagai informasi via Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, atau lainnya sebagai sumber jawaban dan solusi atas permasalahan-permasalahan mereka. Dengan begitu ketika blog atau website kamu memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain, maka dengan sendirinya (otomatis) pengunjung blog mu akan terus meningkat, dan begitu juga dengan penghasilan kamu.

Membangun blog menjadi besar bukanlah hal yang mudah, namun dengan keteguhan dan konsistensi akan menghasilkan keberhasilan yang besar. Berikut ini beberapa sumber penghasilan yang bisa kamu raih dari menjadi profesional blogger:

  • Iklan PPC, seperti Google Adsense, Propellerads, Adnow, AdCalm, dll
  • Menjual space Iklan secara langsung
  • Menjual premium content
  • Menjual produk-produk affiliasi, seperti Ratakan.com, Involve.asia, dll
  • Menulis artikel ulasan berbayar untuk sebuah perusahaan (Paid Review)
  • Dan banyak lagi

7. Menjadi Mentor atau Guru Online

Mungkin jenis bisnis ini tidak begitu populer di Indonesia. Namun, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang laku setiap harinya. Jika kamu seorang guru atau memiliki kemampuan khusus serta ingin mengajarkannya kepada orang lain. Contohnya, kamu memiliki kemampuan dalam bidang photografi profesional, lalu kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar keahlian photografi tersebut, maka kamu membuat video tutorial profesional photografi ke beberapa platform, seperti Skillshare.com, Lynda.com, Masterpiece.com, atau lainnya.

Bisnis ini sangat populer di negara-negara barat. Jadi, selain menguasai keahlian tersebut, kamu juga harus menguasai setidaknya bahasa Inggris, karena penggunanya memang berasal dari global. Penghasilan yang bisa kamu raih juga sangat besar, dan kamu di bayar dengan Dollar loooh.

Bisnis Offline Yang Tak Kalah Laris

Mungkin saat ini kamu sedang tidak berminat dengan bisnis online. Dengan berbisnis offline kita dapat mengelola usaha dengan baik dan langsung. Banyak potensi yang belum tersentuh dalam meningkatkan peluang bisnis offline.

Berikut ini beberapa bisnis offline yang juga sangat berpotensi laku setiap harinya.

1. Bisnis Barbershop

Naah, bisnis barbershop juga salah satu jenis usaha yang laku setiap hari. Pertumbuhan bisnis ini meningkat tajam di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Medan, dan lainnya.
Kelebihan bisnis barbershop adalah pada target konsumennya yang menyasar pria metroseksual di perkotaan. Bisnis ini harus dijalankan dengan profesional di Indonesia. Semua hair stylistnya harus belajar dan memiliki sertifikat dulu untuk dapat bekerja.

Selain usaha barbershop, kamu juga pertimbangkan adalah bisnis salon anak. Bisnis yang sangat cocok jika kamu memiliki modal yang cukup besar dan ingin memiliki bisnis yang menjanjikan.

2. Usaha Makanan dan Minuman (Kuliner)

Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer manusia. Hal tersebutlah yang menjadi alasan utama mengapa bisnis kuliner menjadi bisnis yang laku setiap hari dan tidak ada matinya. Ada berbagai macam jenis kuliner yang bisa dijual. Tapi, kamu harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kamu sekarang.

Sebelum terjun langsung ke bisnis kuliner, lakukan riset pasar terlebih dahulu agar kamu dapat menentukan produk apa yang cocok dijual di tempat kamu. Apakah kamu akan makanan utama atau camilan, apakah kamu harus membuka restoran atau warung atau gerobak?
Selain itu riset pasar, mempertimbangkan faktor modal juga harus dipikirkan dengan matang. Pikirkan juga bagaimana kamu membangun brand atau merek sendiri atau membeli bisnis waralaba (franchise) saja.

3. Berjualan Kue dan Roti

Bisnis jualan kue dan roti adalah bisnis yang laku setiap hari. Perilaku masyarakat Indonesia yang suka ngemil menjadi faktor bisnis ini terus bertahan hingga saat ini. Terlebih lagi jika sudah memasuki hari raya keagamaan, pedagang kue dan roti akan meroket penjualannya.
Umumnya, bisnis model yang diterapkan adalah pre-order, dimana ketika ada pesanan masuk baru kue atau roti dibuat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur merchant di layanan GoFood atau GrabFood, dimana kamu bisa menjualnya melalui platform Gojek dan Grab.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis yang laku setiap hari membutuhkan ketelatenan dan kesungguhan agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Sebelum terjun menjalankan bisnis-bisnis tersebut sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Setiap bisnis memiliki potensi besar, tinggal bagaimana cara kamu mengelola dan mengembangkannya. Selamat mencoba.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *