15+ Peluang Usaha Makanan di Sekitar Kita Yang Sangat Menguntungkan

15+ Peluang Bisnis Kuliner Disekitar Kita Yang Sangat Menguntungkan
Photo by Edward Eyer from Pexels

Ada banyak ide dan peluang usaha makanan yang menguntungkan di sekitar kita. Makanan menjadi kebutuhan manusia yang paling mendasar karena semua manusia membutuhkan makan untuk asupan nutrisi dan energi bagi tubuhnya. Dan peluang bisnis kuliner atau usaha makanan sudah pasti merupakan jenis bisnis yang tidak akan pernah mati, karena banyak orang yang selalu mencari untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Jika kita telisik lebih dalam dengan melihat pasar Indonesia, tentunya banyak sekali peluang bisnis makanan yang bisa dijalankan oleh para calon wirausahawan penyuka bisnis kuliner. Orang Indonesia lebih dikenal sangat konsumtif dibandingkan negara lain, bahkan dalam hal makanan. Indonesia memiliki banyak jenis makanan mulai dari berbagai daerah, dari makanan utama hingga snack. Harganya pun berkisar dari yang murah sampai yang mahal.

Berkecimpung di bisnis makanan tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, Anda bisa memanfaatkan beberapa usaha makanan yang menguntungkan dengan modal yang relatif rendah. Bila ingin mencoba memanfaatkan peluang bisnis kuliner menguntungkan yang ada di sekitar Anda, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar

Ide Bisnis Makanan Ringan

Hampir semua orang di Indonesia menyukai snack atau makanan ringan. Coba perhatikan jenis-jenis usaha makanan ringan di sekitar anda pasti banyak jenisnya. Beberapa jenis jajanan yang sudah terkenal di masyarakat kita adalah aneka macam gorengan, keripik, aneka kue dan masih banyak lagi

1. Usaha Makanan Gorengan

Umumnya menjalankan usaha gorengan ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar modal , memang modal awalnya saja yang harus diperhatikan karena harus membeli banyak peralatan dan bahan untuk memulai bisnis makanan gorengan. Ada beberapa jenis usaha makanan gorengan yang banyak diminati di konsumen, seperti:

  • Usaha pisang goreng
  • Jualan gorengan bakwan udang
  • Usaha singkong dan ubi goreng
  • Jualan risoles
  • Usaha jualan aneka tahu goreng
  • Jual olahan tempe goreng

Jika anda berniat untuk menjalankan usaha makanan gorengan pastikan selalu menyediakan jenis gorengan di atas karena peminatnya pasti banyak. Selain itu, Anda bisa berinovasi dengan makanan gorengan tersebut agar dagangan Anda berbeda dengan yang lainnya.

2. Bisnis Kuliner Aneka Keripik

Aneka keripik merupakan jajanan yang sangat digandrungi masyarakat kita. Ada beberapa jenis keripik yang selalu diminati di pasar, seperti:

  • Keripik singkong
  • Kuliner keripik kentang
  • Usaha kuliner keripik pisang
  • Bisnis kuliner keripik lainnya

Anda juga dapat menjual kudapan keripik secara online. Banyaknya pengusaha keripik yang menjual produknya secara online tentunya dengan target pasar yang lebih luas dan bisa meraup untung yang lebih besar pula.

3. Usaha Makanan Aneka Kue

Saat ini sudah banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran, baik secara online maupun offline. Secara umum ada dua jenis kue yang laris dijual yaitu kue basah dan kue kering. Kue kering tentunya akan bertahan lebih lama setelah diproduksi dan disimpan dengan benar. Sedangkan kue basah, kue jenis ini tidak bertahan lama dan harus dikonsumsi dengan cepat, jika tidak maka akan menjadi basi dan tidak enak. Ada beberapa peluang usaha makan yang bisa Anda coba, seperti:

  • Berjualan kue nastar
  • Menjual kue keju
  • Berbisnis pancake selebriti
  • Dan lainnya

Sementara itu, kue basah bisa dijual secara offline di pasar tradisional atau mall. Kue basah ini lebih sering dibeli daripada kue kering dan sangat diminati. Beberapa kue basah yang paling laris di pasaran adalah kue lapis, kue lemper, kue bolu, kue kukus, kue apem dan lain-lain.

Ide Bisnis Makanan Utama

Sebagaimana telah disinggung di atas, pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat diabaikan. Yang dimaksud dengan usaha rumah makan / restoran ini adalah usaha yang menjual makanan utama, bukan makanan ringan.

Biasanya orang Indonesia makanan pokoknya yaitu nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Makanan ini dijual di warung / rumah makan, meskipun makanan dan minuman ringan juga bisa dijual.

1. Usaha Kuliner Warung Makan Sederhana

Warung makan yang satu ini biasanya sangat diminati jika berada di sekitar perkantoran, kampus dan sekolah, karena dipastikan orang akan mencari makan saat jam makan siang. Jenis makanan yang ditawarkan di warung makan biasanya berupa makanan rumahan dengan harga relatif murah.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka warung makan relatif lebih sedikit dibandingkan jika kita menjalankan bisnis restoran. Namun perlu diketahui bahwa niat dan ketekunan sangat diperlukan untuk mengelola bisnis warung makan. Beberapa contohnya usaha warung makan:

  • Warung tegal (warteg)
  • Usaha kuliner warung bubur
  • Coffee shop
  • Berjualan warung makan tenda
  • Dan lainnya

2. Bisnis Restoran

Untuk membuka usaha restoran tentunya membutuhkan banyak modal, apalagi jika restorannya masih baru. Biasanya, banyak bisnis restoran dibangun di mal, pusat kota, dan tempat lain yang mudah dilihat. Jenis makanan yang dijual di restoran tentunya berbeda dengan yang dijajakan di warung makan biasa dan tentunya harganya juga lebih mahal.

Restoran-restoran ternama biasanya memiliki pelanggannya sendiri yang selalu kembali ke tempatnya. Namun, jika restorannya baru, akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan modal untuk membuatnya lebih terkenal. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi seorang pengusaha yang menjalankan bisnis restoran. Berikut ini beberapa contoh ide bisnis restoran

  • Restoran padang
  • Restoran khas jepang
  • Restoran seafood
  • Restoran arab
  • Restoran western
  • dan lainnya

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner

Selain itu, untuk bisa sukses menjalankan bisnis makanan, kami memiliki untuk hidup rajin dan dengan manajemen yang baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis kuliner, diantaranya seperti:

1. Kualitas makanan yang dijual

Sebagai pengusaha kuliner, Anda harus memastikan makanan yang dijual memiliki kualitas yang terjamin, baik dari segi rasa, bahan, dan kemasan. Gunakan selalu bahan makanan yang baik dan bersih serta diolah dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan makanan. Jika menggunakan kemasan pastikan kemasan dalam kondisi bagus, menarik dan memiliki standar food grade.

2. Inovasi dalam menjalankan bisnis kuliner

Pengusaha harus berinovasi dalam bisnis makanan agar bisa menjadi pemenang. Dengan inovasi akan bermunculan varian jenis makanan baru sehingga konsumen tetap tertarik. Tidak perlu khawatir jika produk tersebut telah dijual oleh perusahaan kuliner lain, jika Anda menambahkan sentuhan baru pada produk dengan cara yang membuatnya berbeda, hal ini dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi.

3. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Memberikan layanan terbaik kepada konsumen sangatlah bijak, meskipun Anda belum pernah mengenal mereka sebelumnya. Dengan memberikan pelayanan terbaik, konsumen tersebut akan mendapat kesan bahwa bisnis makanan Anda dijalankan secara profesional. Tentunya hal ini akan membuat konsumen ingin kembali lagi membeli produk-produk Anda.

4. Targetkan pasar sasaran secara tepat

Sejak awal mendirikan bisnis makanan, kita perlu memahami siapa yang menjadi target pasar yang tepat. Misal kita ingin menjual produk kuliner goreng dengan harga murah, target market yang paling cocok adalah dari kalangan menengah ke bawah atau bahkan dari semua kalangan. Dalam pengelolaan bisnis kuliner ini ada baiknya Anda menawarkan promosi. Misalnya memberikan diskon harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu, memberikan contoh makanan gratis di area yang ditempati dan cara lainnya.

5. Menjalin kerjasama dengan jasa ojek online

Saat ini pemesanan makanan melalui aplikasi ojek online seperti gofood dan grabfood sangat tinggi. Anda bisa menjadi merchant di platform tersebut agar dapat meraih pelanggan yang lebih luas. Dengan menjadi merchant peluang bisnis Anda menjadi lebih besar untuk dikenal masyarakat.

6. Manfaatkan platform sosial media

Sosial media memiliki kekuatan tersendiri untuk memasarkan produk Anda. Dengan jutaan aktivitas user per harinya menjadi ceruk pasar yang sangat potensial untuk diraih. Anda harus menargetkan mereka dengan benar agar bisnis Anda dapat diterima oleh pelanggan.

7. Berpikir Positif

Menjalankan bisnis apapun termasuk usaha makanan tentunya membutuhkan pola pikir yang positif dari para pengusaha untuk berkembang. Mengapa demikian? Karena biasanya yang kita pikirkan terus menerus itulah yang akan terjadi. Contohnya, jika alam bawah sadar Anda selalu berpikir bahwa bisnis makanan Anda akan mendapatkan banyak pembeli, Anda akan menemukan berbagai cara atau ide untuk mencapai tujuan tersebut. Ini terjadi di alam bawah sadar kita, jadi biasakan untuk selalu berpikir positif.

8. Pantang Menyerah

Kegigihan dan sikap pantang menyerah adalah kunci keberhasilan memanfaatkan peluang usaha makanan. Setiap pengusaha harus memiliki sikap ini. Anda harus mencari jawaban dari pertanyaan “mengapa anda memulainya?”. Pertanyaan tersebutlah yang menjadi motor agar Anda terus bergerak menuju kesuksesan dalam menjalankan bisnis kuliner.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *