15 Profesi Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

15 Profesi Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
image by pexels/pixabay

Memiliki pekerjaan dengan bayaran yang besar adalah dambaan setiap orang. Didunia ini ada ratusan profesi yang bisa kamu geluti, tapi tidak semua profesi bisa memberi gaji yang tinggi. Tingginya angkatan kerja yang belum diserap membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi.

Mendapatkan kehidupan yang layak dan sejahtera karena memiliki gaji yang besar merupakan harapan semua orang. Namun, perlu kamu ketahui mendapatkan gaji yang besar juga dibarengi dengan tanggung jawab yang besar pula. Begitu juga dengan resiko yang dihadapi sesuai dengan nominal yang akan diterima.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menerima gaji yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya. Nah, berikut beberapa profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia:

Pilot pesawat komersial

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2017 diketahui bahwa gaji seorang pilot di Indonesia rata-rata mencapai Rp. 47,5 juta rupiah per bulan. Jumlah tersebut bisa dikatakan proporsional karena untuk menjadi pilot butuh biaya yang tidak sedikit untuk pendidikan di sekolah penerbangan dan persyaratan jam terbang yang tinggi.

Chief Executive Officer

Ini merupakan posisi tertinggi dalam struktur resmi perusahaan (eksekutif) dan posisi ini biasanya diangkat oleh dewan direksi sebuah perusahaan. Rata-rata CEO di Indonesia bisa mendapatkan gaji Rp 37,5 juta per bulan.

PT Garuda Indonesia Tbk membayar CEO-nya Rp 80 juta sebulan, tentu angka pendapatan ini belum termasuk kompensasi. Bahkan gaji tersebut termasuk yang terkecil dibanding CEO perusahaan asing.

Chief Financial Officer

Profesi lain yang dapat memberimu gaji yang signifikan adalah Chief Financial Officer. Profesi ini bisa menghasilkan hingga Rp 300 juta rupiah sebulan. Sedangkan kepala keuangan, misalnya, bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 60 hingga 80 juta sebulan.

Staf perpajakan

Bekerja di bidang perpajakan sering menjadi incaran banyak fresh graduate karena gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Gaji staf Direktorat Jenderal Pajak berkisar antara Rp 8 hingga 21 juta sebulan.

Spesialis IT (Information Technology)

Di era teknologi tinggi seperti saat ini, tentunya spesialis IT merupakan salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Indonesia, terutama yang bekerja di perusahaan besar.

Pada 2015, gaji spesialis IT tersebut tercatat minimal Rp. 16 juta rupiah per bulan, tergantung tingkat kemampuan dan pengalamannya.

Ahli konstruksi

Seorang manajer proyek di sektor konstruksi bertugas memimpin tim untuk mengelola anggaran proyek dan dibayar rata-rata RP 30-70 juta sebulan.

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Pekerjaan Umum pada Maret 2013, ahli konstruksi dengan studi sarjana atau pascasarjana dapat memperoleh gaji sebesar Rp 20 juta.

Sementara, ahli konstruksi dengan pelatihan doktoral dan memiliki jam terbang atau pengalaman bisa dibayar hingga Rp 60 juta sebulan.

Ahli fisika

Tidak diketahui secara rinci jenis pekerjaan atau profesi apa yang diikuti oleh fisikawan. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2015, seorang fisikawan di Indonesia memperoleh gaji yang sangat tinggi, yakni mencapai Rp 1.488 miliar setahun.

HRD (human resource development)

Berdasarkan data survei yang dilakukan pada tahun 2017, pendapatan Manajer HRD bisa mencapai angka di atas Rp 30 juta sebulan.

Misalnya di perusahaan Kalbe Farma, gaji seorang HR manager bisa mencapai RP 32,5 juta per bulan, sedangkan di PT. Indofood, manajer SDM, menghasilkan Rp 55 juta per bulan.

Ahli teknik perminyakan

Staf ahli industri perminyakan sudah lama dikenal sebagai salah satu profesi dengan bayaran dan gaji tertinggi di Indonesia, sehingga banyak orang yang merebutkan pekerjaan ini.

BUMN PT. Pertamina yang merupakan perusahaan perminyakan nasional menawarkan gaji rata-rata bagi karyawannya berkisar antara Rp 8-15 juta sebulan. Sementara itu, perusahaan Total Oil Indonesia memberikan gaji Rp 12 juta per bulan untuk lulusan baru dan Rp 70 juta hingga 100 juta per bulan untuk tingkat middle dan senior.

Dokter spesialis

Kebanyakan dari orang tua menginginkan anaknya bekerja sebagai dokter. Selain status sosial yang baik, seorang dokter juga akan menerima gaji yang besar pula.

Dokter spesialis di rumah sakit swasta digaji mulai dari Rp 50 juta sebulan. Namun, jumlah ini sangat berbeda dengan rumah sakit pemerintah yang membayar dokter spesialisnya Rp10 juta sebulan dan Rp 4,8 juta per bulan untuk dokter umum.

Ahli Pertambangan

Kesulitan dan risiko pekerjaan menyebabkan tenaga ahli pertambangan menerima upah yang cukup besar dibandingkan Upah Minimum Provinsi (UMP) di Indonesia.

Lulusan baru yang bekerja di bidang ini dibayar Rp 6-8 juta sebulan. Sementara itu, staf yang bekerja di tingkat menengah dan atas dapat menerima gaji Rp 30 juta sebulan.

Marketing

Hampir semua industri membutuhkan tenaga ahli di bidang penjualan, pemasaran dan periklanan, misalnya industri yang bergerak di bidang retail, teknologi, elektronik, F&B (food and beverages), telekomunikasi dan banyak lainnya.

Meski kerap dipandang sebelah mata, ternyata gaji untuk profesi ini bisa mencapai Rp 10 juta sebulan. Faktanya, para profesional di bidang ini bisa menghasilkan hingga Rp 40 juta sebulan.

Content manager

Tidak berbeda dengan pakar IT, pekerjaan sebagai content manager juga merupakan salah satu yang menjanjikan gaji tertinggi di Indonesia berkat kemajuan dunia digital. Intensitas interaksi di dunia maya hampir melebihi interaksi manusia di dunia nyata.

Hal inilah yang membuat media promosi dunia maya berkembang pesat. Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan e-commerce, kamu akan menemukan banyak pengelola konten yang masih berusia muda dan sudah mendapatkan gaji besar. Gaji yang ditawarkan bisa mencapai Rp 20 juta per bulan bagi yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Staf perbankan

Profesi berikutnya dengan gaji tertinggi di Indonesia adalah staf perbankan. Setiap tahun, bank selalu merekrut lulusan baru untuk bergabung dengan perusahaan.

Tidak hanya jurusan keuangan atau perbankan saja, tapi hampir semua orang bisa bekerja di bank. Gaji awal yang ditawarkan rata-rata sekitar Rp 5 juta sebulan, namun kedepannya akan ada peningkatan karir sebagai financial controller yang gajinya bisa mencapai Rp 100 juta per bulan dan juga sebagai direktur keuangan dengan gaji yang berkisar antara Rp 120 hingga 250 juta rupiah sebulan.

Enterpreneur

Kamu dapat memilih menjadi seorang pengusaha dengan penghasilan yang setara dengan profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Meskipun kamu tidak mendapatkan gaji bulanan tetap, wirausaha memberikan peluang untuk memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.

Selain mendapatkan gaji yang sama atau lebih tinggi dari profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia, mereka juga akan memiliki jadwal kerja yang lebih bebas dan kendali penuh atas bisnis yang dijalankan.

Kesimpulan

Itulah 15 profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Perlu menjadi catatan, untuk mencapai posisi dan mendapatkan gaji yang besar harus dibutuhkan kegigihan dan ketekunan untuk meraihnya. Kamu bisa memulainya dengan jabatan terendah terlebih dahulu, kemudian melakukan yang terbaik untuk meningkatkan jenjang karir.

1 Shares:
Leave a Reply