15 Profesi Yang Bisa Mengantar Anda Melancong Keliling Dunia

15 Profesi Yang Bisa Mengantar Anda Melancong Keliling Dunia
photo by pexels.com

Semua orang pasti memiliki impian mendapatkan pekerjaan yang sekaligus bisa membiayai perjalanan mereka keliling dunia. Ada beberapa profesi pekerjaan yang dapat memfasilitasi Anda untuk mengunjungi berbagai negara. Namun, sayangnya persaingan untuk memasuki profesi-profesi ini semakin ketat, lalu gaji yang didapat juga bukanlah sesuatu hal yang bisa dibanggakan kepada keluarga. Tapi jangan patah semangat, Anda tetap dapat mencobanya dan bahkan bisa mendapatkan pekerjaan tersebut jika Anda pekerja kerja dan memiliki keunikan tersendiri.

Dilansir dari situs PortalHR.com, ada 15 profesi yang bisa mengantarkan Anda keliling dunia yang patut dicoba. Tentunya, Anda harus memenuhi syarat-syaratnya, setidaknya kemampuan bahasa Inggris Anda baik.

1. Menjadi Pengajar Bahasa Inggris

Biasanya, profesi ini sering menjadi harapan terakhir bagi mereka yang kehilangan arah. Teaching English as a Foreign Language (TEFL) akan memfasilitasi Anda untuk pergi keliling dunia. Selain itu, akomodasi dan tiket perjalanan dan akomodasi biasanya telah ditanggung oleh pemberi kerja, gaji yang didapat pun tidak terlalu kecil bahkan ada yang akan memberi gaji yang besar. Kelebihan dari profesi ini selain bisa keliling dunia adalah Anda bisa berbaur dengan warga lokal dan mengenal budaya mereka.

Jika Anda tertarik, Anda harus menandatangani kontrak kerja selama beberapa bulan atau setahun bahkan bisa lebih. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk profesi ini yaitu gelar akademik dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris berstandar TEFL dan lebih diutamakan jika Anda bersertifikasi CELTA (Certificate in English Language Teaching to Adults). Informasi pekerjaan ini bisa Anda dapatkan di situs tefl.com/jobs.

2. Roadie atau Teknisi Event Konser

Sebuah konser akbar dari musisi internasional bisa terselenggara dengan lancar salah satunya karena adanya roadie yang bertugas untuk mengatur segala keperluan acara di belakang panggung (backstage). Anda bisa menjadi soundman atau lighting kelas dunia. Tapi, pekerjaan ini pasti cukup menyita waktu sehingga membuat Anda tidak bisa berkeliling untuk bereksplorasi kota yang disinggahi.

Terlepas dari itu semua, setidaknya Anda masih memiliki kesempatan untuk melihat-lihat dan menginjakkan kaki di negara tujuan. Jika Anda berminat menjadi roadie, terutama artis ternama, Anda harus memiliki pengalaman kerja 1 tahun dibidang ini dan memiliki jaringan yang besar.

3. Instruktur Ski atau Scuba Diver

Profesi ini akan menggiring Anda ke tempat-tempat bersalju yang indah dan pengalaman ber-ski yang tak akan dilupakan. Dan menjadi instruktur scuba diving akan membawa Anda ke alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Anda harus memiliki lisensi standar sebagai instruktur atau pelatih dari profesi ini.

4. Virtual Assistant (VA)

Seorang Virtual Assistant memiliki tugas untuk membantu departemen-departemen tertentu untuk perusahaan, umumnya dalam hal teknologi. VA akan mempersiapkan urusan-urusan administrasi seperti, perbaikan web, membuat dan mengirim konten atau sebagainya.
Pekerjaan yang ditugaskan biasanya dikerjakan dari jarak jauh (remote). Alasan mengapa profesi ini bisa membuat Anda berkeliling dunia adalah karena Anda dapat bekerja dimanapun asalkan bisa terkoneksi dengan internet. Umumnya, kualifikasi yang harus dikuasai VA adalah kemampuan menjadi administrator dan setidaknya pernah bekerja di lingkungan kantor.

5. Pemandu Tur (Tour Leader)

Berprofesi sebagai pemandu tur memang lebih mengedepankan lifestyle daripada kemapanan finansial. Tapi, Anda tidak perlu ragu bahwa berkecimpung di profesi ini akan membawa Anda pada pengalaman berkeliling dunia yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Jika berkeliling dunia adalah ambisi Anda, maka yang Anda perlukan adalah antusiasme dan kesabaran.

Keterampilan lain yang Anda harus kuasai adalah leadership yang baik dan pengalaman travelling yang banyak, selain itu Anda juga harus piawai dengan keterampilan teknis lain seperti berenang, hiking, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), bahasa asing, gelar pendidikan di bidang geografi atau sejarah dan yang memiliki lisensi lebih diutamakan.

6. Terapis Kecantikan

Kecantikan identik dengan universal dan perempuan, terutama bagi komunitas expatriate. Biasanya mereka lebih suka diterapi dengan terapis yang mampu berbicara dengan bahasa mereka dan mengerti keinginannya. Peluang di profesi ini Anda bisa didapatkan di situs hairandbeautyjobs.com.

7. Kru Yacht

Sama seperti kapal pesiar, Yacht adalah kapal yang diperuntukan khusus untuk rekreasi yang membutuhkan tenaga ahli seperti koki, teknisi dan profesi lainnya. Keistimewaan dari profesi ini ialah Anda bisa berwisata ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah di atas laut lepas.

8. WWOOFer

WWOOF (worldwide opportunities on organic farms) menawarkan Anda yang suka dengan tanaman organik untuk berkeliling dunia. Anda bisa menjadi volunteer dengan mendaftar di website wwoof.se. Jika qualified, maka Anda harus meluangkan 3-6 jam sehari untuk mengelola pertanian organik yang berlokasi di beberapa negara dari Kosta Rika hingga China.

9. Au Pair

Menjadi pengasuh anak adalah cara klasik untuk bisa berkeliling dunia. Misalnya Anda ingin menetap di Swedia atau negara lainnya, Anda bisa mendaftar dan setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi tertentu, Anda bisa pergi dan bekerja di negara tujuan tersebut. Namun, gaji yang Anda peroleh tidaklah begitu besar, setidaknya Anda bisa mendapatkan tempat tinggal, makan, uang saku dan kesempatan menjelajahi negara tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bekerja part-time sambil berkuliah. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa kunjungi situs aupairworld.com atau greataupair.com.

10. Pekerja Humanitarian

Jika Anda memiliki latar pendidikan di bidang kedokteran, kesehatan, keperawatan memang sedikit sulit mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Tapi, beberapa lembaga non-profit (NGO) yang menangani suatu bencana yang terjadi di suatu negara biasanya akan membutuhkan tenaga medis tambahan untuk bergabung dengan mereka. Jika uang bukan orientasi utama Anda, maka menjadi volunteer bisa Anda coba untuk bisa melancong keluar negeri.

11. Cocktail Mixer

Bekerja di bar, tentu bukanlah hal baru di kalangan masyarakat modern dan mahasiswa. Profesi sebagai bartender di negara lain akan memberikan kesempatan Anda untuk menjelajahi negara tersebut.

12. Fotografer

Profesi ini akan menyuguhkan petualangan hidup yang sangat menyenangkan. Dengan fotografi membuat Anda bisa berkeliling dunia. Selain itu, Anda juga bisa menjadi jurnalis untuk mengupas negara yang dikunjungi. Menjadi youtube traveller juga bisa digeluti. Keterampilan yang wajib Anda miliki adalah keahlian seni fotografi yang cukup tinggi.

13. Awak Kapal Pesiar

Jika Anda memiliki keinginan menghabiskan waktu musim dingin dengan berlayar di hawai atau musim panas di semenanjung norwegia, menjadi kru kapal pesiar adalah profesi yang bisa Anda pilih. Sebuah kapal pesiar yang mewah membutuhkan tenaga support untuk berbagai macam departemen seperti koki, musisi, perawat, terapis kecantikan dan instruktur fitness. Jika Anda berminat maka bisa mencari informasinya dengan mengunjungi website allcruisejobs.com dan cruiseshipjob.com.

14. Interpreter

Jika Anda lancar menggunakan 2 bahasa internasional atau polyglot, maka interpreter adalah profesi yang sangat tepat yang bisa membawa Anda ingin keliling dunia. Interpreter biasanya dibutuhkan untuk kepentingan politik dan bisnis, misalnya meeting internasional, konvensi internasional dan berbagai konferensi internasional lainnya. Meskipun akan ditempatkan di suatu negara, tapi ada beberapa kegiatan yang bersifat jangka pendek.

Untuk mendapatkan profesi ini, setidaknya Anda memiliki latar belakang pendidikan di bidang sastra, bahasa, hubungan internasional dan memiliki wawasan yang luas serta mampu menerjemahkan bahasa science, politik dan ekonomi. Ada beberapa website yang dapat dijadikan referensi diantaranya seperti atanet.org, iti.org.uk, dan aiti.edu.au.

15. Pramugari atau Pramugara

Nah, yang terakhir adalah pramugari/pramugara yang sudah pasti melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Untuk bisa berkecimpung di profesi ini biasanya Anda wajib mengikuti terlebih dahulu sekolah khusus penerbangan yang didalamnya akan dilatih untuk memiliki kemampuan customer service yang baik, lancar berbahasa inggris dan dapat berenang pada kedalaman 25 meter. Pekerjaan ini juga membutuhkan lisensi resmi. Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya di website aviationjobsearch.com atau cabincrew.com.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *