3+ Contoh Paragraf Persuasif dan Pengertian Paragraf Persuasif

3+ Contoh Paragraf Persuasif dan Pengertian Paragraf Persuasif
photo by unsplash/asteriskyg

Banyak sekali artikel atau karangan yang bermakna persuasi. Di dalam artikel tersebut banyak mengandung paragraf-paragraf persuasif. Lalu, apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif? apa arti paragraf persuasif? apa ciri dari paragraf persuasi? Dan, apa saja jenis paragraf persuasif? Untuk dapat memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Pengertian Paragraf Persuasif

Pengertian paragraf persuasif adalah salah satu jenis paragraf yang isinya untuk mengajak atau mencoba menarik perhatian atau yang isinya memiliki unsur membujuk pembaca untuk melakukan hal-hal tertentu. Sedangkan dalam penyajiannya, jenis paragraf persuasi disajikan semenarik mungkin, dan juga umumnya isinya meyakinkan dalam bentuk pengalaman dalam mengisyaratkan sesuatu yang sangat penting.

Pada penggunaannya, paragraf persuasi digunakan sebagai sarana berbagai institusi kesehatan, pemerintah dan entitas komersial tertentu sebagai alat propaganda yang cukup efektif.

Baca Juga: Pengertian Paragraf, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Fungsi Paragraf Persuasi

Selain dapat diartikan sebagai paragraf yang dimaksudkan untuk meyakinkan atau mengundang pembaca untuk tujuan tertentu. Paragraf persuasif bertujuan untuk menerima ide-ide penulis dari sudut pandang dan pendapat tertentu.

Ciri dan Karakteristik Paragraf Persuasif

Merujuk pada pengertian paragraf persuasi diatas, berikut ini ciri dan karakteristik paragraf persuasi:

  • Isinya mengandung bukti dan fakta sebagai faktor penting dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk mengajak / membujuk.
  • Tujuan penulisan dimaksudkan untuk mendorong atau mempengaruhi suatu masalah,
  • sementara bahasa yang digunakan bersifat provokatif, menarik, dan antusias. Hal ini dilakukan agar pembaca dapat yakin.
  • Membuat pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik.
  • Berusaha untuk mengarahkan pembaca pada kesepakatan atau penyesuaian yang penulis buat
  • Berusaha untuk menghindari konflik, di mana ini dilakukan agar pembaca percaya dan setuju atas argumen yang penulis buat
  • Menunjukkan berbagai fakta dan data sebagai alat penguat argumen-argumen penulis

Contoh Teks atau Paragraf Persuasif Kesahatan

Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi dan vitamin yang diperlukan, seperti vitamin C karena vitamin C itu dapat meningkatkan kekebalan sehingga kita tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

Masih cukup banyak guru dan orang tua murid yang kurang sabar mendidik anak-anaknya, padahal dalam mendidik anak dibutuhkan kesabaran agar kita dapat melihat potensi terbaik anak tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Plato, bahwa pendidikan adalah proses yang panjang, yaitu dari kecil hingga manusia beranjak dewasa.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita sebagai orang tua dan guru mendidik dengan sabar yang berorientasi pada proses, agar anak kita dapat tumbuh dengan baik. Dengan begitu potensi anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Pemilu 2019 hanya tinggal menghitung hari, ayo jangan sia-siakan hak pilih anda untuk memilih pemimpin RI untuk 5 tahun kedepan. Hindari golput, karena ini merupakan hal yang tidak ada gunanya. Sebagaimana yang anda ketahui, bahwa masa depan bangsa ini ada di tangan kita. Maka dari itu, datanglah ke TPU untuk memberikan hak pilih anda dengan tepat.

Ketika dilihat secara umum, paragraf persuasif berupaya menarik perhatian pembaca dan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pandangan baru melalui konten paragraf.

Bentuk Paragraf Persuasif

Ada beberapa bentuk paragraf persuasif yang umum digunakan, diantaranya yaitu:

  • Bentuk pidato, contohnya pesan propaganda, kampanye lisan, dan penjual obat herbal di ruang terbuka.
  • Bentuk penulisan, pengumuman, brosur, dan lain-lain.
  • Bentuk elektronik, contohnya, iklan televisi, film dan internet

Baca Juga: Pengertian Teks Negosiasi

Jenis paragraf persuasif

Jika dilihat dari bentuk paragraf persuasif sebelumnya, paragraf persuasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Persuasi Politik

Seperti namanya menunjukkan persuasi politik digunakan untuk hal-hal di bidang politik yang masih berhubungan dengan bidang politik dan negara. Biasanya, pakar negara dan politik menggunakan jenis persuasi ini sebagai kebutuhan kampanye negara dan politik.

2. Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan pada umumnya digunakan oleh orang-orang tertentu yang terlibat dengan dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Misalnya, orang yang menggunakan pesan persuasi pendidikan adalah guru yang digunakan untuk mempengaruhi siswa untuk belajar keras, membaca, dan lain-lain. Kemudian motivator dan inovator pendidikan memanfaatkan pesan yang bersifat persuasi dalam pendidikan dengan menerapkan berbagai konsep baru pendidikan yang dimaksudkan untuk diterapkan oleh pelaksana pendidikan.

3. Persuasi Iklan

Persuasi periklanan, yang umumnya digunakan dalam dunia bisnis yang bertujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa. Persuasi iklan adalah pesan yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Persuasi Propaganda

informasi adalah objek yang ditransmisikan dalam persuasi propaganda. Oleh karena itu, tujuan persuasi tidak berhenti pada penyebaran informasi. Selanjutnya, dengan informasi diharapkan pembaca akan melakukan keinginan yang penulis inginkan.

Baca Juga: Contoh dan Pengertian Paragraf Induktif, Deduktif, dan Campuran

Kesimpulan

Ada banyak paragraf persuasif yang dapat kita temui di surat kabar, berita online, dan lain-lain. Tujuan utama teks persuasif adalah mengajak pembaca agar mau mengikuti apa yang diinginkan penulis.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *