5 Cara Efektif Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

5 Cara Efektif Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Photo by AllGo - An App For Plus Size People on Unsplash

Karyawan sebagai pilar penting dalam perkembangan perusahaan, sehingga pihak manajemen harus dapat meningkatkan kinerja karyawan. Langkah awal untuk meningkatkan kinerja mereka yaitu dengan cara menjaga tingkat kedisiplinan karyawan.

Sebaik dan setinggi apapun kemampuan seorang karyawan, tanpa adanya kedisiplinan yang tinggi pula, justru hal tersebut akan merugikan perusahaan. Apabila karyawan dapat menjaga sikap dan kedisiplinannya, seperti dalam hal ketepatan waktu, tanggung jawab akan tugas yang diemban, dapat bekerja sama dalam tim dll, maka akan mendorong kegiatan bisnis untuk menjadi lebih baik

Walaupun setiap karyawan itu sendiri pasti pernah merasakan jenuh beraktivitas dalam bekerja. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak hal seperti rutinitas berulang setiap harinya, beban kerja yang meningkat dan faktor lain.

Melihat fenomena tersebut, maka pentingnya menjaga kedisiplinan karyawan. Berikut ini adalah 5 cara efektif untuk meningkat kedisiplinan karyawan yang sangat mudah diterapkan pada perusahaan.

Ciptakan ruang kerja yang nyaman dan kondusif

Salah satu impian para karyawan dalam bekerja bukan hanya sekedar menerima gaji yang layak dan besar, namun juga mereka menginginkan ruang kerja yang nyaman dan kondusif untuk mendukung pekerjaan mereka. Sebagai pengusaha, harus bisa menciptakan ruang kerja yang tidak kaku dan bisa memberikan ruang karyawan untuk bekerja secara mobile.

Perusahaan bisa mendekorasi ruangan kantor yang dibuat seindah mungkin, sehingga dapat membantu karyawan berpikir kreatif, inovatif, dan imajinatif. Jika suatu perusahaan memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya untuk menyediakan area atau tempat hiburan yang bisa digunakan karyawan untuk menghilangkan kebosanan seperti area olahraga, karaoke, spa, kolam renang atau hal lainya yang dapat menghibur dan mengembalikan mood para karyawan.

Jangan terlalu banyak menerapkan aturan kepada karyawan

Terlalu banyak aturan bukanlah cara yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Bahkan, hal ini semakin memperburuk kondisi karyawan. Terapkanlah aturan yang tidak terlalu banyak dan tidak menghambat kreatif karyawan dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Sebaiknya buatlah aturan secukupnya, dan dengan aturan tersebut dapat membangun karyawan menjadi lebih kreatif dan semangat. Namun, bukan berarti terlalu lenggang.

Menerapkan program reward dan punishment

Tidak jarang karyawan tergoda untuk mencapai target tertentu demi mendapatkan bonus atau insentif dan mereka cenderung berusaha menghindari punishment walaupun hukumannya ringan. Yang terpenting dari kedua tersebut adalah bagaimana caranya agar reward atau bonus yang dijanjikan tidak membuat karyawan mengerjakan tugasnya secara tergesah-gesah dan hanya berorientasi pada target saja.

Dan jangan pula punishment atau hukuman yang diberikan terlalu berat. Menerapkan punishment yang terlalu berat akan menjatuhkan motivasi dan mental karyawan, ketika mereka harus mendapatkannya. Oleh sebab itu, buatlah punishment atau hukuman yang ringan namun tetap membangun karyawan.

Pelatihan dan refreshing secara berkala

Pelatih atau training merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan karyawan. Jika ketidak disiplinan mereka dipicu karena tugas yang terlalu banyak dan berat, serta kemampuan dan waktu mereka tidak mencukupi maka pelatihan adalah solusinya.

Manfaat dari refreshing atau company outing, bukan sekedar untuk bersenang-senang atau berlibur saja. Ada banyak manfaat dari kegiatan company outing, diantaranya adalah memanfaatkan sesi refreshing sebagai sarana meningkatkan kerjasama dan kekompakan tim dengan menjalankan kegiatan games seru, serta dapat memotivasi karyawan. Melalui kegiatan seperti ini, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas karyawan dengan cara yang menyenangkan.

Menggunakan teknologi dalam pengawasan karyawan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi sudah pesat. Teknologi dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hal apapun, termasuk meningkatkan kinerja karyawan. Dengan teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan para karyawan. Contohnya dengan menggunakan absensi mobile.

Kesimpulan

Kelima cara diatas sangat efektif untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Perusahaan dapat menerapkan dengan biaya yang murah. Tujuannya adalah agar meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *