5 Jenis Pekerjaan Paling Populer Tahun 2021

5 Jenis Pekerjaan Paling Populer Tahun 2021
Photo by Visual Tag Mx from Pexels

Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak tumbuh perusahaan rintisan atau startup dan semakin mapannya perusahaan-perusahaan teknologi, hal ini berbanding lurus dengan tingginya lapangan kerja yang tersedia. Selain itu permintaan akan pekerjaan juga akan ikut dengan trend tersebut, terutama pada bidang-bidang profesi tertentu.

Ada 5 pekerjaan yang paling populer di tahun 2021, disebabkan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan rintisan yang bermunculan di tanah air.

1. Data Analyst

Pesatnya perkembangan teknologi semakin yang canggih, terutama pada perkembangan artificial intelligence (AI) yang sangat maju. Karena itulah mengapa posisi data analyst menjadi pekerjaan yang paling diincar di tahun 2021. Menurut studi yang dilakukan oleh Emerging Careers pada tahun 2016 di Universitas of California, memaparkan bahwa pekerjaan data analyst akan mengalami pertumbuhan 20,9% hingga tahun 2025 mendatang.

Profesi ini sangat membutuhkan kemampuan analytical thinking yang kuat agar dapat mengolah data yang didapatkan. Peran data analyst sangat penting dalam meningkatkan potensi suatu produk barang atau layanan.

2. Designer

Semua perusahaan hampir pada seluruh industri sangat membutuhkan talenta yang memiliki kreativitas dan skill yang tinggi. Designer sangat diperlukan oleh perusahaan yang ingin memenangkan persaingan di pasar karena produk yang ditawarkan harus memiliki ciri khas serta dapat memecahkan masalah konsumen.

Selain itu, permintaan yang tinggi akan layanan jasa desain di industri freelance juga mempengaruhi peminat di bidang pekerjaan ini. Pada saat ini, banyak perusahaan di semua skala mengakses platform freelance dan menggunakan jasa para desainer untuk merancang produk-produk mereka.

3. Human Resources Development

Tidak hanya berkutat dengan aktivitas perekrutan karyawan yang potensial, tugas lain yang juga penting yang harus dikuasai oleh HRD adalah membangun atau menciptakan budaya kerja yang dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan di lingkungan perusahan. Fungsi HRD yang sangat penting tersebut, menjadikan profesi ini selalu menjadi pekerjaan yang paling populer setiap tahunnya.

Selain hal diatas, angka lulusan perguruan tinggi pada bidang HR ini menjadi alasan mengapa profesi ini selalu diminati oleh perusahaan. Seorang HR juga menjadi profesi dan pekerjaan yang sangat fleksibel dan dapat ditempatkan dimana saja.

4. Marketing

Ujung tombak kesuksesan suatu perusahaan adalah dengan memiliki tim marketing yang kompeten. Setiap produk yang telah diciptakan harus dapat divalidasi dengan baik oleh tim pemasaran. Hal ini yang menjadikan pekerjaan sebagai marketing selalu menjadi posisi yang paling dicari oleh perusahaan.

Tim marketing yang kompeten dapat membangun strategi pemasaran yang tepat agar produk dapat diterima dan digunakan oleh pelanggan. Selain itu, tim pemasar menjadi representasi perusahaan di masyarakat.

5. Public Relation

Peran publik relasi atau humas adalah menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, publik, dan juga investor. Jika Anda merupakan tipe orang yang suka bertemu dengan banyak orang dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka pekerjaan ini adalah yang paling cocok dengan Anda.

PR memiliki fungsi yang sangat penting dalam perusahaan. Merekalah yang menjadi garda terdepan ketika perusahaan harus berhadapan dengan publik, stakeholder, shareholder dan pemerintah.

Final Thought

Saat ini kelima jenis pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang paling diminati oleh perusahaan dan para pencari kerja. Terlebih lagi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menjadikan kelima pekerjaan tersebut menjadi idaman. Selamat mencoba.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *