5 Skill Utama Yang Wajib Dikuasai Agar Menjadi Telemarketing Handal dan Profesional

5 Skill Utama Yang Wajib Dikuasai Agar Menjadi Telemarketing Yang Handal dan Profesional
Photo by picjumbo.com from Pexels

Saat sekarang ini layanan jalur pelanggan sudah sangat banyak tersedia. Telemarketing dapat memaksimalkan teknologi seperti email, aplikasi chat, media sosial dan berbagai jenis aplikasi interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Media telepon juga masih menjadi kanal utama untuk menjalin hubungan dengan para pelanggan.

Untuk menjadi seorang telemarketing handal dan profesional, ada beberapa skill penting yang wajib dikuasai untuk meningkatkan performa kamu, diantaranya adalah:

Gunakan Nada Positif dan Antusias

Perhatikan intonasi dan nada bicara kamu, jangan terlalu cepat sehingga lawan bicara kamu cenderung sulit untuk menangkap maksud kamu. Hindari penggunaan nada-nada tinggi karena pelanggan akan berasumsi bahwa kamu sedang marah. Atur ritme dan kecepatan bicara kamu, upayakan berbicara senatural mungkin, tetapi harus tepat antusias.

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

Sampaikan Segala Informasi Dengan Jelas

Saat anda sedang berbicara di telepon atau melalui video call, sampaikan maksud dan tujuan secara jelas. Gunakan kosa kata yang mudah dimengerti oleh pelanggan kamu. Sebisa mungkin hindari untuk menggunakan bahasa gaul, gunakan bahasa yang formal.

Tunjukan Ketulusan Dalam Melayani

Awali dengan sapaan dan salam, hindari berbicara dengan nada seperti sedang membaca teks. Biasakan untuk menyebut nama perusahaan, nama kamu, dan tawarkan segala bantuan setelah telepon kamu terhubung.

Panggil Pelanggan Dengan Namanya

Gunakan nama mereka untuk memanggilnya, hindari memanggil mereka dengan panggilan “anda”. Personalisasikan diri mereka dengan tepat, agar terbangung hubungan baik antara kamu dengan pelanggan. Jangan sungkan dan menolak untuk meminta mengejakan nama mereka. Sentuhan semacam personal seperti ini akan sangat berarti bagi para pelanggan.

Baca Juga: Perbedaan Job Deskripsi dan Job Spesifikasi

Tutup Dengan Cara Yang Baik

Sebelum menutup telepon dan mengakhiri pembicaraan, pastikan para pelanggan kamu memahami keseluruhan dari pembicaraan tersebut. Dan jangan sampai terlewatkan untuk bertanya “ada lagi yang bisa saya bantu bapak / ibu?”, pastikan pelanggan benar-benar tidak memiliki pertanyaan yang ingin mereka sampaikan lagi.

Final Thought

Dengan menguasai skill diatas kamu dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan telemarketing atau pelayanan yang semakin baik. Dengan memberikan pelayanan dan kesan yang istimewa, maka para pelanggan akan merekomendasikan produk perusahaan kamu kepada orang lain secara sukarela.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *