6 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Saat Work From Home #WFH

6 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Saat Work From Home #WFH

Pandemi telah mengubah cara kita bekerja secara drastis. Bagi banyak orang, bekerja dari rumah adalah wilayah yang belum dipetakan dan telah membawa tantangan baru. Rumah kita penuh dengan gangguan. Elektronik, keluarga, hewan peliharaan, di mana pun kita berada, ada potensi untuk menjadi semakin tidak produktif.

6 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas Ketika WFH

Berikut adalah enam hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah atau work from home #WFH:

1. Tepat beristirahat, dan lakukan secara rutin

Saat bekerja dari jarak jauh, kami ingin selalu aktif. Kami merasa bahwa jika kami tidak muncul untuk setiap rapat atau bekerja setiap jam, itu akan mengurangi nilai kami, tetapi pola pikir ini dapat mengurangi produktivitas.

Beristirahat adalah cara yang bagus untuk menyegarkan otak Anda dan mengembalikan sedikit kebahagiaan ke dalam rutinitas Anda. Ambil kopi, berolahraga, tonton episode acara favorit Anda, pekerjaan Anda akan tetap ada saat Anda kembali.

Baca Juga: Mengapa Feedback Dapat Mempengaruhi Performance Appraisal?

2. Manfaatkan hari cuti Anda

Banyak orang berpikir bahwa hanya karena mereka bekerja dari rumah, mereka tidak perlu mengurus diri sendiri, tetapi ini tidak salah.

Jika Anda merasa tidak enak badan, kelelahan, atau merasa kesehatan mental Anda menurun, gunakan salah satu hari sakit Anda untuk dekompresi.

Membiarkan diri Anda libur hari ini dapat membuat Anda merasa segar kembali.

3. Makan makanan yang bergizi

Menjadi produktif jauh lebih mudah ketika tubuh Anda diisi dengan benar. Sangat menggoda untuk meraih junk food ketika Anda sedang duduk di rumah, tetapi salah satu cara terpenting untuk tetap pada permainan Anda adalah dengan menjaga diri sendiri.

Siapkan makanan Anda untuk minggu depan dan ganti simpanan permen di meja Anda untuk alternatif yang lebih sehat. Ini akan memberi Anda lebih banyak energi di siang hari dan membuat Anda merasa baik dalam prosesnya!

Baca Juga: Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli dan Pakar, serta Contohnya

4. Jaga meja kerja Anda tetap rapi dan bersih

Kekacauan akan sangat mengganggu konsentrsi. Jika Anda bekerja di lingkungan yang berantakan, pikiran Anda akan mengembara dan mencegah Anda menyelesaikan sesuatu.

Rapikan ruang kerja Anda di penghujung hari untuk memastikan bahwa setiap pagi akan memulai dengan segar dan mengarah ke hari yang lebih produktif.

5. Tetap terkoneksi dengan rekan kerja Anda

Salah satu bagian tersulit dari beralih ke pekerjaan jarak jauh adalah tidak lagi berada di sekitar rekan kerja Anda.

Perasaan kesepian dan keterputusan dapat menguras tenaga dan akan memainkan peran besar dalam hari kerja yang tidak produktif.

Gunakan aplikasi kolaborasi seperti Slack untuk mendekompresi dan memeriksa satu sama lain dan menjadwalkan waktu untuk bersenang-senang di luar pekerjaan.

6. Keluar rumah saat jam istirahat makan siang

Istirahat makan siang Anda harus persis seperti itu, istirahat! Keluar rumah dan jauh dari pekerjaan setidaknya selama 20 menit setiap hari.

Udara segar adalah cara yang bagus untuk bangun. Berjalan-jalan di taman atau menikmati buku di halaman belakang Anda, dan rasakan stres mulai mencair.

Baca Juga: Apa itu Profesional, dan Bagaimana Cara Untuk Mencapainya?

5 Hal yang Dapat Membunuh Produktivitas Anda

Anda Apakah Anda merasa tidak mencapai potensi penuh Anda di tempat kerja? Kamu tidak sendiri.

Terkadang produktivitas kita terganggu oleh suasana hati yang buruk, suasana tegang, atau hanya bangun dengan lelah. Namun, situasi ini biasanya pengecualian. Bahkan jika Anda berada dalam mode fokus penuh dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik di tempat kerja, produktivitas Anda juga masih goyah.

Sebanyak yang Anda pikir telah Anda rencanakan, hari akan segera berakhir dan masih banyak yang harus dilakukan.

Jadi apa yang terjadi? Tidak peduli seberapa baik kita merencanakan ada beberapa hal yang terus kita lakukan. Bukan berarti kita tidak bisa melakukannya, itu hanya berarti kita harus berpikir dua kali tentang “BAGAIMANA” kita melakukannya.

Apa saja hal yang dapat menurunkan produktivitas kerja Anda?

1. Terlalu sering memeriksa email

Rata-rata karyawan memeriksa emailnya sebanyak 36 kali dalam satu jam. Jika Anda melihat diri Anda mendekati angka itu, maka tidak heran jika produktivitas Anda terganggu.

Untuk menjaga kualitas kerja yang baik dan cepat dalam melakukan apa yang Anda lakukan, Anda perlu mengurangi gangguan. Meskipun respons yang Anda tunggu sangat penting untuk bisnis, memeriksa kotak masuk Anda beberapa kali dalam satu jam tidak akan membuatnya tiba lebih cepat.

Alih-alih menatap kotak masuk Anda, sisihkan 20-30 menit untuk memeriksa email Anda. Lebih baik tetap fokus pada satu hal pada satu waktu daripada beralih dari satu tugas ke tugas lainnya.

2. Berselanjar di dunia maya (Cyberloafing)

Dengan akses Internet tak terbatas di tempat kerja, perusahaan dan bisnis mulai mengalami masalah dengan cyberloafing. Istilah ini mewakili tindakan karyawan yang menggunakan Internet untuk penggunaan pribadi sambil berpura-pura melakukan pekerjaan yang sah.

Kita semua menelusuri YouTube beberapa kali sehari untuk menemukan lagu yang Anda dengar di radio atau video lucu. Tetapi cyberloafing juga membunuh produktivitas Anda.

Kecuali jika apa yang Anda cari adalah inspirasi untuk apa yang Anda lakukan, kemungkinan berselancar di Internet hanya akan mengalihkan perhatian Anda dari apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan.

Baca Juga: Mengenal Arti Follow Up, dan Apa Pentingnya Untuk Perkembangan Bisnis?

3. Memeriksa dan menggunakan media sosial terlalu sering

Meskipun mungkin mirip dengan tugas kedua yang paling memakan waktu, media sosial masih layak mendapat tempat khusus dalam daftar ini. Memeriksa akun media sosial bisa memakan waktu hingga dua jam, bahkan saat Anda sedang bekerja.

Plus, jika Anda memposting sesuatu dan notifikasi Anda muncul, Anda harus menghadapi banyak gangguan yang tidak hanya membuat penyelesaian tugas Anda lebih sulit, tetapi juga memecah konsentrasi Anda.

Berapa kali Anda scrolling akun Instagram dan Facebook sebelum menyadari satu jam telah berlalu?

4. Multitasking

Anda mungkin sudah menyadarinya, tetapi multitasking memperpanjang jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas.

Jika Anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan pada hari yang sama, cobalah melakukannya satu per satu, atau mintalah rekan kerja Anda untuk membantu Anda.

Fokus pada satu hal pada satu waktu, dan Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda dalam menyelesaikan tugas harian Anda.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Teamwork Yang Solid dan Tangguh, Perusahaan Pasti Untung

5. Rekan kerja yang bising

Jika Anda tahu perasaan menjengkelkan ketika Anda berada di bawah tekanan dan berusaha untuk tetap fokus dan rekan kerja Anda terus berbicara dengan keras. Mungkin sulit untuk menyelesaikan sesuatu dalam suasana seperti itu.

Apabila rekan kerja Anda tidak menyadari bahwa mereka berisik, beri tahu mereka dengan cara yang baik bahwa Anda akan menghargainya jika mereka dapat menghargai ruang kerja Anda.

Atau, Anda bisa mendapatkan earphone yang bagus dan mendengarkan musik klasik untuk menghindari gangguan pendengaran.

Sumber: managemen30.com

1 Shares:
Leave a Reply