6 Tips Manajemen Waktu Yang Efektif Untuk Mengembangkan Karir

6 Tips Manajemen Waktu Yang Efektif Untuk Mengembangkan Karir
Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Mengelola waktu atau manajemen waktu harus diterapkan sedini mungkin untuk setiap profesional. Sebab, ketika kita dapat mengatur waktu dengan baik maka segala kegiatan dan rutinitas dapat terlaksana dengan maksimal sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tanpa harus membuang-membuang waktu yang ada. Dengan mengelola waktu segala tujuan kita dapat terwujud dengan cepat dan akan meningkatkan sikap profesionalisme sebagai pebisnis dan karyawan.

Pembagian waktu harus direncanakan dengan baik, hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta juga produktivitas. Kita dapat memanfaatkan aplikasi mobile untuk membantu kita dalam mengelola waktu. Berikut ini telah kami rangkum 6 tips efektif manajemen waktu yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri Anda.

Tetapkan Tujuan Yang Tepat

Menetapkan tujuan ada seninya, tidak semudah yang kita bayangkan. Apabila Anda tidak menetapkan tujuan dengan benar, bisa dipastikan bahwa Anda tidak memiliki target yang tepat pula. Tujuan merupakan motivasi kita dalam melakukan segala sesuatu, termasuk dalam mengembangkan karir profesional kita.

Gunakan metode pengaturan sasaran secara tepat untuk memudahkan Anda untuk melihat semua target dan tujuan kedepan, yang kita kenal dengan visi. Saat ingin tetapkan tujuan tersebut dengan baik, sebaiknya Anda memiliki arti yang kuat untuk mewujudkan. Tuliskan tujuan-tujuan tersebut diatas kertas dan sertakan tanggal untuk mewujudkannya, lalu tempelkan di tempat yang sering Anda lihat.

Temukan Metode Sistem Manajemen Waktu Yang Tepat

Setiap kegiatan perlu dilakukan dengan baik dan benar. Hal tersebut dapat terwujudkan dengan sistem manajemen waktu yang efektif. Masing-masing individu memiliki metodenya sendiri. Namun pada prinsipnya cara tersebut memiliki tujuan yang sama.

Dengan menentukan pembagian waktu yang baik akan memaksimalkan aktivitas yang telah Anda susun sebelumnya. Kemudian, lakukan semua kegiatan tersebut sesuai dengan rencana-rencana tersebut. Evaluasi jika Anda ingin meningkatkan pencapaiannya.

Eliminasi Semua Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk akan sangat mempengaruhi performa seseorang, ketika ia ingin mencapai sesuatu yang besar untuk dirinya. Eliminasi segala kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut satu persatu. Memang ini butuh kesabaran, karena kebiasaan tersebut telah menjadi perilaku yang kita lakukan secara sadar dan tidak sadar.

Gunakan waktu dengan bijak untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Kita harus menyadari bahwa waktu yang anda miliki adalah hal yang sangat berharga dan tidak dapat diulang. Maksimalkan semua peluang yang ada sebaik mungkin.

Jangan Lupa Untuk Istirahat

Dengan menjaga kondisi tubuh tetap fit sangat membantu kita dalam mencapai tujuan yang telah disusun sebelumnya. Jika kondisi fisik buruk, maka hal tersebut dapat menghambat kita untuk membentuk kebiasaan baru yang lebih baik.

Selain menjaga kondisi fisik, kondisi mental dalam diri kita juga sangat diperhatikan untuk menjaga diri agar tetap produktif. Ketika kita dapat menjaga mood dan semangat dengan baik, maka tidak perlu dikhawatirkan kita akan menjadi pribadi yang lebih produktif dari sebelumnya.

Buat To-Do-List

Buatlah to-do-list sebelum tidur untuk persiapan kegiatan esok hari. Dengan membuat to-do-list secara konsisten, otomatis anda membuat dan menetapkan tujuan untuk hari tersebut. Target-target harian lebih mudah tercapai dan akan mengarahkan Anda ke arah yang lebih besar.

Saat ini ada banyak aplikasi dan software yang bisa digunakan untuk membuat to-do-list. Anda bisa menginstallnya di perangkat gadget Anda secara gratis. Ada beberapa aplikasi yang populer digunakan seperti, Google Keep, Google Tasks, Notion.so, Todoist, Microsoft To do list, dan banyak lainnya.

Luangkan Waktu Untuk Mempelajari Hal Baru

Jika saat ini Anda bekerja sebagai freelancer atau juga karyawan full time, jangan pernah berhenti belajar. Sisihkan waktu beberapa jam perhari atau perminggu untuk menambah skill dan pengetahuan baru untuk mengembangkan diri.

Anda bisa membaca buku atau berlangganan kursus offline atau online. Saat ini ada berbagai macam course online yang bisa Anda coba untuk menambah pengetahuan dan keterampilan, seperti skillshare.com, lynda.com, masterclass.com, codecademy.com, datacamp.com, dan lain sebagainya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *