7 Cara Meningkatkan Program Pengembangan Karyawan di Perusahaan Anda

7 Cara Meningkatkan Program Pengembangan Karyawan di Perusahaan Anda
photo by pexels/fauxels

Karyawan merupakan cerminan perusahaan. Fokus pada pengembangan karyawan adalah investasi di masa depan perusahaan. Pengembangan karyawan juga membantu memelihara hubungan karyawan dan perusahaan menjadi lebih baik. Mengapa demikian? Nah, jika karyawan melihat bahwa suatu perusahaan mendukung pengembangan pribadi dan pengembangan profesionalitas, itu akan mengarah pada peningkatan loyalitas, peluang promosi, dan peningkatan kinerja karyawan.

Menurut laporan yang dirilis oleh LinkedIn.com, 94% karyawan mengklaim bahwa mereka akan tinggal lebih lama di perusahaan, jika perusahaan mau berinvestasi pada pengembangan keterampilan mereka. Mempertahankan karyawan Anda dan membangun tim karyawan yang lebih berdedikasi dan lebih terlibat dapat diwujudkan melalui program pengembangan karyawan.

Jika saat ini Anda ingin meningkatkan program pengembangan karyawan, berikut ini adalah beberapa cara yang disarankan, diantaranya seperti:

1. Fasilitasi Karyawan Dengan Pelatihan Online

Dengan merebaknya kursus online, sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkannya. Lupakan sejenak pelatihan-pelatihan tatap muka yang berbiaya mahal, Anda dapat menemukan semua yang dibutuhkan secara online.

Pelatihan online dapat memberi karyawan program pelatihan yang lengkap atau dapat membantu mereka untuk mempelajari atau menyempurnakan keterampilan tertentu. Memang, pelatihan online tidak bisa sepenuhnya menggantikan pelatihan tatap muka langsung, namun, ini bisa menjadi solusi yang sederhana dan lebih terjangkau.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Karyawan Untuk Segala Keperluan

2. Mulailah dengan Mentoring

Mentoring sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam banyak aspek. Ini dapat membantu dalam mendidik karyawan baru, tetapi juga dapat membantu meningkatkan loyalitas karyawan. Lagi pula, program mentoring atau coaching tidak hanya untuk pemula. Setiap kali seorang karyawan dipindahkan ke posisi baru atau ketika mereka harus menjalankan proyek baru untuk dikerjakan, maka mereka harus diberi bantuan.

Dengan menanyakan beberapa pertanyaan sederhana kepada karyawan secara teratur bisa sangat membantu, adapun pertanyaannya dapat berupa:

  • Apakah Anda mengalami masalah dengan beberapa hal dalam pekerjaan Anda?
  • Apakah ada hal baru yang ingin Anda pelajari?
  • Apa yang ingin capai saat mengerjakan proyek ini?

Anda bisa menyiapkan beberapa survei untuk mendapatkan umpan balik ini dari karyawan yang bersangkutan. Melalui pertanyaan semacam itu, karyawan menjadi tau kepada siapa mereka berkonsultasi. Selain itu, mereka akan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka.

3. Menerapkan Pengembangan Karyawan Lintas Departemen

Ketika karyawan memahami bagaimana setiap departemen berkontribusi bagi perusahaan, maka hubungan di tempat kerja akan menjadi lebih baik dan menyenangkan. Mereka tidak akan lagi konflik dengan rekan kerjanya, karena mereka tahu masalah apa yang terjadi di departemen tersebut. Inilah mengapa pengembangan lintas departemen menjadi sangat penting.

Karyawan tidak hanya mendapatkan pemahaman baru, tetapi Anda akan memiliki dukungan dari setiap departemen. Jika seorang karyawan tidak dapat menjalankan tugasnya pada suatu waktu, maka Anda dapat memanggil seorang karyawan dari departemen lain untuk membantu Anda.

Pengembangan lintas departemen bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan toleransi antar karyawan dan mendapatkan pengganti jika beberapa karyawan sakit atau meninggalkan perusahaan. Selain itu, para karyawan akan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri ketika mereka mampu membantu departemen dan memiliki pengetahuan tambahan tentang kegiatan perusahaan.

4. Mendorong Untuk Melakukan Pengembangan Pribadi

Karyawan yang bahagia dan puas pada lingkungan kerja yang sehat, karena hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Manajer perlu mendukung perkembangan emosional, fisik, dan intelektual karyawan. Adapun cara untuk mendukung pengembangan pribadi karyawan:

  • Menyediakan pilihan makanan sehat
  • Memberikan penghargaan dalam bentuk membership fitness
  • Atur berbagai aktivitas fisik dalam membangun tim
  • Ajukan pertanyaan seperti “Bagaimana kabarmu?”, “Apakah Anda kesulitan dengan pekerjaan Anda?”, “Apakah Anda butuh bantuan sesuatu?” dan pertanyaan pendukung serupa.

Karyawan perlu merasa bahwa mereka didengarkan, diakui, dan dihargai di dalam perusahaan. Kenali karyawan Anda dengan mempelajari karakter dan kepribadian mereka. Ketika Anda memperlakukan karyawan dengan, maka secara otomatis mereka akan menjaga perusahaan dan memberikan kontribusi terbaik mereka untuk perusahaan.

Baca Juga: 6 Cara Mengukur Ekuitas Merek Produk Anda Dengan Mudah dan Efektif

5. Manajer Juga Harus Belajar

Pengembangan pribadi dan profesionalitas tidak hanya diperuntukkan bagi karyawan. Seorang manajer juga harus mengembangkan kemampuannya. Bekerja dalam pengembangan karyawan akan lebih efektif jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Anda bisa mendapatkan taktik dan strategi terbaik untuk mempercepat proses pengembangan karyawan dan membuatnya lebih sukses. Banyak program dapat meningkatkan keterampilan manajemen Anda, yang diperlukan untuk menciptakan strategi pengembangan karyawan secara holistik dan terintegrasi.

6. Ajak Karyawan ke Seminar Bisnis

Ajak karyawan Anda keluar dari zona nyaman mereka dengan menghadiri seminar-seminar bisnis. Seminar bisnis akan menambah wawasan mereka tentang tren terbaru dan memberi mereka peluang meluaskan jaringan. Sebagian besar seminar atau workshop diselenggarakan untuk membantu karyawan dalam meningkatkan keterampilan mereka dan mempelajari sesuatu yang baru.

Dengan memperoleh semua pengetahuan tersebut mereka dapat membawa perspektif baru bagi perusahaan. Para profesional yang mereka temui di acara-acara itu bisa menjalin kerjasama bisnis yang sesuai dengan perusahaan.

7. Beri Reward kepada Karyawan yang Bekerja Ekstra

Untuk memotivasi yang berkelanjutan dan menunjukkan kepada karyawan bagaimana perbaikan sangat bermanfaat bagi karir mereka, Anda bisa menerapkan sistem reward. Bagi karyawan yang menunjukkan usaha ekstra dan secara aktif berkontribusi untuk kemajuan perusahaan, maka mereka layak mendapatkan reward atau penghargaan.

Adapun reward yang diberikan dapat berbentuk seperti:

  • Voucher belanja online
  • Voucher nonton bioskop
  • Voucher makan siang
  • Sertifikasi keahlian
  • Promosi jabatan
  • Dan lain-lain

Dengan meninjau kinerja mereka secara rutin, maka Anda dapat memberikan reward secara adil. Dan Anda bisa mengakui bahwa semua upaya mereka diperhitungkan oleh perusahaan. Tentunya dengan sistem reward akan memotivasi karyawan lain untuk memberikan kontribusi terbaik dan mendedikasikan diri mereka untuk pengembangan karir lebih lanjut juga.

Baca Juga: Apa itu Human Capital Management dan Tugasnya?

Kesimpulan

Cara untuk pengembangan karyawan sangat banyak, Anda hanya perlu menentukan objektif yang ingin diambil. Ketika Anda mempertimbangkan bahwa melalui pengembangan karyawan, Anda dapat membentuk karyawan menjadi pekerja yang sangat profesional dan loyal, dan setiap uang dan waktu yang Anda investasikan akan memberikan hasil yang sepadan.

Dengan mempertahankan semua staf ahli di organisasi Anda, makan Anda dapat memastikan bahwa perusahaan ditangani oleh orang-orang terbaik yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *