7 Contoh Ucapan Perpisahan Kerja Yang Berkesan Via Email

7 Contoh Ucapan Perpisahan Kerja Yang Berkesan Via Email
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Selain menulis surat pengunduran diri, ada satu hal lagi yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk mengundurkan dari perusahaan yaitu mengirimkan email perpisahan kerja kepada rekan kerja di kantor.

Pesan tersebut semacam ucapan perpisahan yang ditujukan ke rekan kerja yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan menjaga hubungan baik antara kamu dengan pihak lain yang telah bekerja sama dan saling membantu kamu di kantor. Selain sebagai bentuk sikap profesional kamu, email perpisahan juga menjamin bahwa kamu ingin meninggalkan pekerjaan dengan cara baik dan dengan niat yang positif.

Meski terdengar mudah, membuat email perpisahan kerja sebenarnya adalah hal yang cukup rumit. Untuk melakukannya, maka kamu harus pelajari beberapa contoh berikut ini dan pastikan bahwa konten pesan cocok dengan orang yang akan menerima email kamu.

Pesan perpisahan untuk yang dekat dengan kamu

Nah, tidak hanya di lingkungan sekolah atau universitas saja, tetapi kamu memiliki teman yang sangat dekat di lingkungan perusahaan. Mereka adalah orang-orang yang selalu bersedia membantu pekerjaan kamu, makan siang bersama, atau mendengarkan keluhan tentang pekerjaan.

Hai (nama rekan),

Seperti yang kamu telah ketahui, bahwa saya akan meninggalkan perusahaan dan hari terakhir saya adalah (tanggal).

Meskipun saya senang dengan pekerjaan dan kantor baru nanti, saya merasa sedih karena harus mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja yang hebat seperti kamu.

Saya sangat menikmati bisa bekerja dan menghabiskan waktu bersama di kantor dan saya sangat berterima kasih atas persahabatan kita selama ini.

Kamu telah banyak membantu saya dan akan saya selalu ingat ketika (ceritakan kenangan manis dengannya).

Mungkin ini terakhir kali saya di perusahaan, tapi tentunya hal ini tidak akan mengganggu persahabatan kita. Jangan ragu untuk menghubungi saya jika kamu membutuhkan teman untuk mengobrol atau minum kopi, saya juga akan menghubungi kamu.

Senang bisa bekerja sama dengan kamu, semoga kita dapat terus menjalin berkomunikasi dengan baik.

All the best
(nama Anda)

Email perpisahan untuk rekan kerja yang tidak terlalu dekat

Meskipun tidak terlalu dekat, agar tetap dianggap profesional dan sopan, kamu bisa mengirimkan email perpisahan kerja untuk mereka.

Hai (nama),

Seperti yang kamu ketahui, saya akan segera berhenti bekerja sebagai (jabatan) di perusahaan dan hari terakhir saya bekerja adalah (tanggal).

Saya ingin memberitahu bahwa saya sangat menikmati waktu di perusahaan ini dan tentu saja kamu juga bagian didalamnya. Bekerjasama dan bertemu dengan kamu adalah suatu kehormatan besar bagi saya. Mengenal semua orang di sini adalah salah satu bagian terbaik dari keseluruhan pengalaman saya bekerja di sini.

Meskipun saya sudah mengundurkan diri, saya berharap kita dapat terus memiliki hubungan yang baik. Nomor Telepon/WA/Email saya adalah (wa/email kamu), jangan ragu untuk menghubungi saya jika butuh keperluan.

Wishing you all the best!
(nama Anda)

Pesan perpisahaan untuk manajer

Pihak lain yang harus mendapatkan ucapkan selamat tinggal adalah manajer atau atasan kamu di kantor. Meskipun hubungan kamu dengan orang yang bersangkutan tidak terlalu baik, mengirim email perpisahan kerja merupakan bentuk profesionalitas kamu. Mereka akan memberi kesan yang baik pada kamu dan tentu saja mereka akan menghormati kamu.

Selamat pagi bapak / ibu (nama),

Mengingat ini hari/minggu terakhir saya di kantor, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak / ibu yang telah membantu saya selama ini.

Saya banyak dibantu dan saya memiliki berbagai pengalaman, saran, dan arahan yang baik untuk pengembangan karir profesional saya. Saya mendapatkan ilmu yang bisa saya gunakan di tempat baru, dan saya akan selalu menghargai semua pengalaman yang saya miliki di sini.

Meski waktu kerja kita bersama hampir habis, saya tetap ingin menjalin hubungan baik. Jadi jangan ragu untuk menghubungi saya (nomor wa atau alamat email Anda).
Terima kasih banyak atas kepemimpinan bapak / ibu. Saya selalu berdoa yang terbaik untuk Anda dan tim.

All the best,
(nama Anda)

Ucapan perpisahan dengan bawahan

Tidak hanya untuk rekan kerja dan atasan saja kamu mengucapkan pesan perpisahan, tetapi kamu juga harus mengucapkan pesan perpisahan kerja kepada bawahan.

Hai (nama),

Seperti percakapan kita sebelumnya, saya akan segera meninggalkan pekerjaan saya di kantor dan hari terakhir saya bekerja di sini adalah (tanggal).
Senang rasanya bisa bekerja sama dengan kamu, saya juga senang melihat perkembangan karir profesional kamu. Saya sangat berterima kasih atas bantuan dan kerja sama yang telah kamu lakukan selama ini.

Saya telah memasukkan informasi kontak saya di bawah, jangan ragu untuk menghubungi saya jika kamu membutuhkan bantuan terkait pekerjaan atau bahkan jika kamu ingin tetap bersama saya.
(alamat email)
(nomor telepon)
Sekali lagi, terima kasih atas kerjasamanya sejauh ini dan semoga sukses selalu.

Wishing you all the best!
(nama Anda)

Email perpisahan kerja untuk senior di kantor

Setiap orang yang mengundurkan diri pasti ingin memberi kesan yang baik pada setiap orang, termasuk manula di lingkungan kerja Anda.

Hai (nama),

Mungkin bapak/ibu sudah mendengar, bahwa saya akan segera meninggalkan pekerjaan di perusahaan dan minggu ini adalah terakhir saya di kantor.

Sebelum saya melanjutkan bekerja di tempat baru, saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini. Saya sangat senang dapat berkolaborasi dengan bapak/ibu dalam proyek (sebutkan proyek kolaboratif yang dilakukan) dan saya telah belajar banyak dari bapak/ibu. Kerjasama tim ini telah memberikan pengalaman profesional yang sangat baik bagi saya dan untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih.

Daripada hanya mengucapkan “Selamat tinggal,” saya memilih untuk mengatakan “Sampai ketemu lagi.” Jangan ragu untuk menghubungi saya dan semoga kita bisa terus berhubungan baik.

Salam Salam,
(Nama)

Ucapan perpisahan dengan klien atau pelanggan

Jika posisi kamu di perusahaan terkait dengan klien, kamu juga harus melaporkan berita pengunduran diri kepada mereka.

Selamat pagi/siang/sore bapak / ibu (nama pelanggan),

Saya ingin memberi kabar, saya akan segera meninggalkan posisi saya dari (nama perusahaan) dan ini adalah hari terakhir saya di kantor.

Untuk itu, saya ingin mengatakan bahwa saya sangat senang telah bekerja dengan bapak/ibu selama ini, dan merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk dapat membantu.

Jangan ragu untuk menghubungi saya jika bapak/ibu membutuhkan bantuan. Saya juga telah mencantumkan kontak orang yang akan menggantikan saya untuk membantu bapak/ibu nanti.

Hormat saya,
(nama Anda)

Pesan perpisahan untuk semua kolega

Contoh email perpisahan kerja terakhir adalah untuk rekan kerja lainnya, misalnya, supplier yang pernah kamu hubungi.

Halo (nama),

apa kabar?

Pertama-tama, saya ingin memberitahu Anda bahwa saya akan segera meninggalkan posisi dan perusahaan (nama perusahaan), minggu ini terakhir saya bekerja di kantor

Saya sangat senang bertemu dan bekerja dengan Anda. Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan sekali lagi terima kasih.

Salam,
(nama Anda)

Itulah beberapa contoh email pesan perpisahan kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

source: karyaone.co.id/blog

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *