7P Marketing Mix atau Bauran Pemasaran Yang Wajib Diterapkan Pengusaha

7P Marketing Mix atau Bauran Pemasaran Yang Wajib Diterapkan Pengusaha
image by miro.medium.com

Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai laba yang maksimal. Strategi ini menggunakan semua channel pemasaran perusahaan yang dikenal sebagai konsep 7P, yaitu:

  • Products,
  • Price,
  • Promotions,
  • Place,
  • People,
  • Process,
  • Physical evidence.

Konsep ini sedikit berbeda dengan bauran pemasaran 4P yang hanya memiliki empat konsep yaitu product, place, price, dan promotion. Dalam bauran pemasaran 4P, keempat konsep yang digunakan tampaknya hanya berorientasi pada produk. Untuk membantu lebih mengetahui secara detail, berikut adalah konsep 7P yang akan dijelaskan selengkapnya.

1. Product (Produk)

Produk adalah segala bentuk hasil komersial yang ditawarkan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika seorang pengusaha ingin sukses dalam menerapkan strategi marketing mix, maka harus mampu menciptakan dan menghasilkan produk atau jasa dengan keunikan dan kualitasnya sendiri. Dengan cara ini, produk atau layanan secara otomatis dapat meningkatkan daya saing kamu di pasar.

2. Price (Harga)

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pengguna atau pelanggan untuk mendapatkan produk yang ditawarkan. Jadi, seseorang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan, jika pengorbanan yang terjadi (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan keuntungan yang ingin akan peroleh dari produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Pada poin harga ini difokuskan pada bagaimana membuat calon konsumen atau calon pembeli merasa bahwa pengeluaran mereka sesuai dengan yang mereka akan dapatkan.

3. Place (Tempat)

Konsep yang berfokus pada tempat dan lokasi dimana bisnis berada. Dimana, semakin strategis situs bisnis, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapat perusahaan. Dengan lokasi yang cukup strategis, klien atau calon konsumen dapat menemukan dan menjangkau bisnis kamu dengan lebih mudah sehingga memudahkan dalam melakukan transaksi penjualan.

4. Promotion (Promosi)

Strategi bauran pemasaran ini menitikberatkan pada isu-isu promosi bisnis, seperti pemasaran produk, media apa yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Promosi adalah strategi pemasaran yang memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Untuk mengidentifikasi dan menarik pelanggan baru
  • Komunikasi produk baru
  • Meningkatkan jumlah konsumen produk yang dikenal luas
  • Memberi tahu konsumen tentang meningkatkan kualitas produk
  • Mengajak konsumen untuk datang ke tempat produk tersebut dijual
  • Memotivasi konsumen untuk memilih atau membeli suatu produk

5. People (Orang)

Sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat menentukan maju atau tidaknya suatu perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa SDM berperan penting dalam membuat kemajuan atau bahkan kemunduran bagi suatu perusahaan. Inilah mengapa beberapa perusahaan berlomba-lomba mencari calon karyawan terbaik, bahkan rela membayar lebih untuk mempekerjakan orang yang mencari pekerjaan mandiri dan ahli dalam mencari calon pekerjaan untuk perusahaan.

Selain itu sikap dan motivasi kerja karyawan di perusahaan dapat merepresentasikan bahwa perusahaan mempekerjaan orang-orang yang profesional. Dengan perusahaan memiliki brand yang baik di mata klien.

6. Process (Process)

Proses disini meliputi bagaimana perusahaan merespon permintaan setiap pelanggan, mulai dari pesanan konsumen (order) hingga akhirnya mendapatkan apa yang diinginkan. Beberapa perusahaan seringkali memiliki cara unik atau khusus dalam melayani pelanggannya. Seperti halnya dalam sebuah restoran, terdapat beberapa restoran yang menawarkan fasilitas “dapur terbuka”, dimana konsumen dapat melihat setiap proses pembuatan makanan yang mereka order.

7. Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Tampilan fisik lokasi bisnis menjelaskan bagaimana sebuah bangunan perusahaan diatur. Perusahaan menggunakan interior yang unik, sistem pencahayaan yang menarik, desain ruangan yang menarik, dan lain sebagainya. Para pebisnis pasti akan memperhatikan bahwa penataan ruangan gedung di suatu perusahaan tentunya mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terlihat berantakan akan membuat konsumen sedikit merasa tidak nyaman dengan kondisi perusahaan.

Desain bangunan tersebut harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman unik kepada pengunjung, serta dapat memberikan nilai tambah perusahaan.

Kesimpulan

Untuk dapat mengimplementasi semua konsep marketing mix 7P yang telah dijelaskan diatas, tentunya pengusaha harus merencanakan anggaran pembiayaan yang baik dan terkesekusi dengan baik.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *