9 Contoh Bisnis Wirausaha Bermodal Kecil Tapi Tetap Untung Besar

10 Contoh Bisnis Wirausaha Bermodal Kecil Tapi Tetap Untung Besar
Photo by Nam Hoang on Unsplash

Kewirausahaan merupakan sesuatu yang umum dilakukan orang-orang yang mampu membuka usaha dan menjalankannya secara mandiri. Berwirausaha ini bisa dilakukan sebagai bisnis sekunder jika seseorang juga bekerja sebagai karyawan disuatu perusahaan. Namun jika kamu belum mempunyai pekerjaan, maka berwirausaha adalah pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan income. Contoh wirausaha yang sering dilakukan yaitu membuat bengkel service atau semisalnya.

Namun pada realitanya, sebagai pemula banyak yang terbatasi oleh kemampuan modal, padahal permasalahan sebenarnya bukanlah hanya sekedar modal, melainkan tekad dan keberanian untuk berusaha mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Jadi, bagaimana mungkin? Karena banyak orang yang punya modal, tapi belum berani berbisnis.

Bagi yang saat ini berkeinginan membuka dan menjalankan usaha dengan modal kecil namun tetap menginginkan keuntungan yang besar. Berikut ini ada 9 contoh usaha yang telah terbukti dapat memberikan keuntungan yang berlimpah, hanya dengan bermodal kecil.

1. Bisnis dropshipping

Contoh lain dari kewirausahaan tanpa modal yang mudah dilakukan adalah dropshipping. Dropshipping bisa dikatakan bisnis tanpa mengeluarkan modal sedikitpun, hanya biaya kuota internet jika menggunakan media sosial untuk berjualan. Dengan memanfaatkan fasilitas internet dan media sosial kamu bisa berjualan dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Bisnis dropshipping merupakan bisnis yang paling sederhana dan tidak merepotkan. Cara kerjanya hanya memasarkan produk dari vendor atau supplier. Semua urusan pengemasan dan pengiriman dikerjakan oleh pemilik produk. Kamu bisa mendapat margin keuntungan mulai dari Rp 5.000 per item hingga jutaan rupiah tergantung pada jenis produk yang kamu pasarkan. Artinya seorang dropshipper dapat menghasilkan puluhan juta rupiah per bulannya.

2. Jasa desain grafis

Menjalankan usaha jasa desain grafis merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan walaupun tidak pandai menggambar, karena desain bisa dipelajari oleh siapapun. Jadi, pertama kamu bisa belajar mendesain dan membuat desain yang menarik dan menjual. Jika telah menguasainya, selanjutnya kamu bisa memulai bisnis jasa desain grafis.

Desainer bisa menjual jasa desainnya secara online. Bahkan banyak platform yang menawarkan tempat jual jasa desain atau jual desain seperti fiverr, upwork, 99designs, sribu, dan yang lainnya. Selain itu kamu juga dapat bekerja dengan perusahaan sebagai freelancer jika kamu sangat mahir dalam desain grafis.

Modal dari jasa desain grafis ini adalah laptop atau komputer untuk mendesain, dan juga koneksi internet. Jika kamu telah memiliki reputasi yang baik di industri ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan klien internasional. Dan umumnya mereka akan membayar jasa kamu dengan nominal yang sangat besar, bisa sampai ribuan dollar per proyeknya. Menarik bukan!!

3. Bimbingan belajar terbuka

Bimbel terbuka adalah sesuatu yang sangat dicari oleh siswa untuk menambah pelajaran di luar sekolah. Bimbingan belajar tidak hanya mengajar matematika atau ilmu alam atau bahasa Inggris saja. Kamu dapat membuka pelajaran bermusik, sepak bola dalam ruangan, bulu tangkis, dan lainnya.

Carilah peluang yang banyak dibutuhkan oleh siswa dan jarang atau bahkan tidak ada yang membuka bimbingan belajar tersebut. Jadi kamu akan mendapatkan banyak anak didik dan akan mendapat banyak uang.

4. Membuka toko service handphone

Sekarang setiap orang membutuhkan ponsel atau smartphone untuk berkomunikasi, sehingga kamu bisa membuka toko ponsel. Selain itu, setiap orang juga membutuhkan pulsa dan paket data internet. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan.

Namun, jika kamu tidak memiliki banyak modal, kamu bisa membuka gerai toko yang menjual pulsa dan paket data. Namun, keuntungan per transaksi kecil, jika pembelian pulsa banyak juga akan banyak keuntungannya.

Selain data dan pulsa, kamu bisa memberikan layanan pembayaran token listrik, pam atau pembelian tiket angkutan umum dengan menggunakan sistem PPOB.

5. Catering rumahan

Catering merupakan bisnis yang bisa dilakukan jika seseorang suka memasak. Kamu bisa menjual nasi atau sayur bungkus ala restoran. Kita bisa menggunakan rumah sebagai dapur bisnis. Tidak sedikit juga orang yang bekerja di kantor yang tidak punya waktu untuk memasak dan harus memesan makanan untuk makan siang atau di sore hari. Manfaatkan kesempatan bisnis ini untuk membuka bisnis katering rumah.

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang sangat sedikit. Peralatan masak rumahan sudah cukup untuk memulainya. Kamu hanya tinggal menyiapkan bahan untuk memasak dan juga sekotak atau bungkus nasi untuk kemasannya.

Sebagai permulaan, kamu bisa mulai dengan beberapa menu saja, tetapi pastikan rasanya enak. Namun, jika seseorang meminta layanan katering sesuai dengan menu pesanan mereka, maka kamu perlu menyesuaikan dengan pesanan dan harganya. Dengan modal awal 1 juta sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis restoran ini.

6. Menjual makanan dan minuman ringan

Bisnis menjual beberapa makanan dan minuman ringan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual jus buah atau kopi atau jamu. Buat minuman yang sesuai dengan kreasi agar dapat menarik perhatian pembeli. Modal usaha ini cukup kecil dan keuntungannya bisa sangat besar.

Kamu bisa membeli pisang dengan kualitas terbaik dan ubah menjadi keripik dan jual. Jika kamu bisa menjual 100 kemasan dalam sebulan, keuntungan yang akan diraih juga sangat besar. Ini untuk satu jenis saja, bagaimana jika kamu dapat lima jenis makanan ringan lain, tentu akan untung besar.

7. Bisnis percetakan

Tidak banyak modal yang dibutuhkan untuk usaha percetakan ini. Mulailah mencetak dalam skala kecil. Misalnya, membuka layanan printing atau fotokopi. Bisnis ini bisa dilakukan jika kamu dekat dengan kampus atau sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dilokasi biasa juga dapat menjalankan bisnis ini.

Modal untuk membuka usaha percetakan ini terbilang kecil, kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer, 1 mesin fotocopy, dan 1 printer, kemudian kamu sudah bisa memulai usaha percetakan. Temukan tempat yang cocok untuk layanan percetakan dan fotokopi agar kamu bisa meraup keuntungan besar pula.

8. Jasa cuci mobil dan motor

Jasa cuci sepeda motor atau mobil adalah bisnis yang bisa dijalankan di rumah. Cukup siapkan bahan untuk mencuci sepeda motor atau mobil. Kamu bisa memulai usaha ini hanya dengan modal 2 juta untuk belanja peralatan cuci sepeda motor atau mobil.

Jika kamu menerapkan tarif sekali mencuci sepeda motor Rp. 15.000, jika dalam sehari ada lima motor yang kamu, maka kamu akan mengantongi Rp 75.000, ini bisnis yang sangat menguntungkan, itu hanya motor loh. Jika tarif mobil adalah Rp 35.000 sekali cuci, ada 5 mobil yang dicuci sehari maka kamu akan mendapatkan penghasilan Rp. 175.000 per hari.

9. Menjadi influencer media sosial

Bagi yang masih bingung harus memulai wirausaha mana, influencer adalah bisnis yang bisa kamu coba. Cari saja pengikut dan beri mereka sesuatu yang berguna di media sosial. Baik itu melalui Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, atau yang lainnya.

Buat kontennya menarik, lebih banyak orang akan mengikuti. Jika kamu telah memiliki banyak followers, maka kamu dapat membuka layanan endorsement produk orang lain di akun media sosial.

Selain itu kamu juga bisa menjual produk sendiri jika ada. Modal untuk menjadi influencer adalah tekad yang kuat dan selalu menciptakan konten kreatif dan bermanfaat secara konsisten.

Kesimpulan

Inilah 9 jenis wirausaha dengan modal kecil dan dengan mendapatkan keuntungan besar. Pilih bisnis yang tepat dan sesuai dengan kapasitas kamu. Jangan lupa juga untuk merencanakan bisnis dengan baik.

1 Shares:
Leave a Reply