9 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Kamu Jalankan Di Tahun 2021

9 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Kamu Jalankan Di Tahun 2021
Photo by Jadson Thomas from Pexels

Saat ini Ide usaha kreatif banyak ragam dan macamnya. Selain tidak mengharuskan pengusaha mengeluarkan modal yang besar, potensi keuntungan yang akan didapat dari bisnis kreatif juga lumayan besar. Namun, cukupa disayangkan tidak banyak orang mengetahui apa saja jenis ide usaha kreatif tersebut.

Kali ini, kami telah rangkum beberapa ide usaha kreatif yang bisa kamu coba dirumah. Jika bisnis kreatif dijalankan dengan serius dan konsisten bukan tidak mungkin penghasilan harian kamu bisa mencapai puluhan jutaan rupiah.

1. Membuat Kerajinan Tangan

Ide kreatif yang pertama yaitu membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telaten, kreatif, dan detail. Disamping itu, jenis usaha ini juga sangat menguntungkan. Biasanya harga jual produk-produk kerajinan relatif sangat mahal. Terlebih lagi jika produk tersebut memiliki desain yang cantik, artistik dan mewah. Kamu juga bisa membuat vlog membuat karya kerajinan tangan di youtube, facebook, instagram dan tiktok, yang hal ini bisa menjadi platform promosi yang besar, dan kamu berpotensi mendapat penghasilan tambahan dari periklanan online.

2 Membuka Online Shop

eCommerce saat ini merebak bagaikan jamur setelah hutan. Jika kamu menjual produk atau jasa secara online keuntungan yang bisa diraih bisa lebih besar dibandingkan berjualan offline. Memang karena calon pelanggannya lebih banyak yang bisa menjangkau produk kamu. Selain itu, modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil. Kamu tidak perlu mendirikan toko yang membutuhkan biaya tinggi, jadi kamu hanya perlu memanfaatkan platform marketplace atau membuat website ecommerce sendiri.

3. Usaha Kreasi Mahar

Jika kamu memiliki keterampilan dalam membuat berbagai kreasi mahar, ini bisa dijadikan ide usaha kreatif yang sangat bagus. Terlebih lagi sekarang orang-orang yang ingin menikah sudah tidak mengenal musim. Ide usaha ini juga tidak memerlukan modal besar. Kamu bisa membuatnya dari barang-barang bekas pakai atau dari berbagai jenis plastik yang harganya cukup murah.

4. Bisnis Souvenir

Souvenir merupakan benda-benda yang berwujud unik dan umumnya menjadi ciri khas dari suatu tempat dan daerah. Biasanya souvenir dijual di tempat-tempat wisata di suatu daerah. Kamu bisa memulai menjalankan bisnis ini dengan membuat souvenir. Setelah produk selesai dibuat, kamu tinggal dititipkan saja pada toko-toko souvenir yang tersedia ditempat wisata.

5. Menjadi Penulis

Menjadi penulis atau writer juga merupakan ide usaha yang cukup menjanjikan. Usaha jenis ini bisa dilakukan tanpa modal, ya memang karena hanya membutuhkan kemampuan menulis saja. Potensi pendapatan yang dihasilkan juga cukup besar. Jika kamu mampu membuat 10-20 artikel dengan 500 kata dengan harga Rp 20.000 per artikel, berarti kamu akan mendapatkan penghasilan Rp 200.000 lebih perharinya.

6. Menjadi Content Creator YouTube

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menjadi content creator youtube merupakan jenis bisnis yang sangat menguntungkan. Karena hanya dengan membuat video berkualitas dan kreatif kamu bisa menjadi jutawan. Jenis usaha ini akan terus booming kedepannya. Apalagi saat ini penggiatnya tidak mengenal usia. Anak kecil saja sudah ada yang menjadi youtuber profesional.

7. Menjalankan Usaha Dropship

Dropship merupakan salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Kamu tidak perlu memiliki produk untuk menjalankannya, karena cukup membantu menjual produk-produk orang lain. Untuk sukses berbisnis di industri dropship ini kamu harus bisa mempromosikan produk-produk tersebut dengan kreatif. Setiap pelanggan tertarik maka akan membeli produk yang ditawarkan tersebut.

8. Menjadi Fotografer

Fotografer merupakan salah satu profesi yang sangat elegan dan bergensi tinggi. Salah satu syarat menjadi seorang fotografer adalah harus kreatif ketika mengambil foto. Nah menjadi seorang fotografer profesional juga bisa mendatangkan uang yang melimpah. Apalagi jika kamu sangat mahir mengambil foto pre-wedding yang eksotis, intim, dan mesra.

9. Membuka Les Private dan Kursus Online

Jika kamu memiliki background pendidikan maka kamu bisa membuka jasa les private online. Kamu juga bisa bergabung diberbagai platform edukasi yang memiliki banyak pengguna. Penghasilan yang bisa didapatkan juga sangat besar.

Kesimpulan

Demikian beberapa ide usaha kreatif yang bisa kamu jalankan ditahun ini. Jika kamu ingin meraih kesuksesan maka harus dijalankan secara serius dan dengan komitmen penuh. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply