9 Tips Menguntungkan Cari Mobil Bekas di SEVA Pusat Mobil Murah

9 Tips Menguntungkan Cari Mobil Bekas di SEVA Pusat Mobil Murah

Membeli mobil bagi sebagian orang mungkin menjadi hobi bahkan ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai mobil agar mendapatkan mobil impian dengan harga yang terjangkau. Selain itu dibutuhkan juga koneksi pertemanan yang mengetahui banyak informasi mengenai tempat jual mobil bekas murah.

Ada beberapa orang yang cenderung lebih suka untuk membeli mobil bekas terutama para karyawan. Salah satu tujuan mengapa mereka lebih memilih untuk membeli mobil second karena ingin menghemat pengeluaran.

Memang ada sedikit stigma yang mengesankan bahwa mobil bekas murah itu relatif lebih cepat rusak dibandingkan mobil baru. Bahkan tidak sedikit para pembeli yang apes ketika mereka baru menyadari bahwa mobil tersebut memerlukan biaya tambahan yang hingga jutaan rupiah untuk biaya perawatannya.

Tapi, jangan anggap remeh mobil second tersebut, kunci utamanya dalam membeli adalah ketelitian. Jika ketika membelinya dengan teliti, dibekali dengan informasi yang lengkap maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Berikut ini adalah 10 tips membeli mobil bekas berkualitas yang akan membantu Anda dalam mendapatkan mobil idaman.

1. Cari Informasi Secara Online dan Offline

Ketika mencari informasi mengenai penjualan mobil bekas sebaiknya dilakukan secara online dan offline. Saat ini sudah banyak sekali situs yang memberikan informasi yang sangat lengkap, salah satunya adalah SEVA pusat mobil bekas. Di situs Seva tersebut Anda akan mendapatkan informasi tentang mobil dan lokasinya. Ada banyak merk mobil yang akan ditampilkan dalam halaman situs tersebut seperti Isuzu, Toyota, Suzuki, BMW, Lexus, dan Peugeot.

Selain mencari informasi via internet, membaca majalah otomotif juga akan memberikan Anda banyak referensi. Biasanya, ada iklan baris yang bisa Anda manfaatkan untuk menggali informasi yang lebih lanjut.

2. Cari Tahu Latar Belakang Mobil Yang Anda Inginkan

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebaiknya cari tahu latar belakang mobil tersebut. Anda bisa tanyakan langsung kepada penjualnya atau sales representative. Umumnya pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan perihal mobil bekas tersebut, seperti:

  1. Kapan Anda membeli mobil ini?
  2. Seberapa sering Anda menggunakan mobil ini?
  3. Kemana rute terjauh yang pernah mobil ini tempuh?
  4. Selain Anda, siapa saja yang sering mengendarai mobil ini?
  5. Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
  6. Berapa kali dalam setahun mobil ini di service?
  7. Mengapa Anda ingin menjual mobil ini?

Dengan mendapatkan jawaban mengenai mobil tersebut, maka Anda dapat mempertimbangkan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan mobil. Sebagai platform mobil murah berkualitas, SEVA.ID memberikan informasi yang lengkap mengenai mobil yang ditawarkan, jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk menccari tahu kondisi mobil apakah masih baik atau tidak.

3. Periksa Mesin Mobil

Pada tahap ini, sebaiknya Anda membawa teman atau mekanik yang memahami mesin mobil. Namun jika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan khusus perihal mobil maka Anda bisa melakukan pengecekannya sendiri.

Periksalah bagian-bagian di dalam kap mesin seperti selang dan pastikan semua tidak ada kebocoran atau korosi (karat). Buka tutup oli mesin dan lakukan pengecekan apakah ada bekas buih yang menandakan adanya kebocoran. Selanjutnya yaitu angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan warna oli merah yang menandakan oli dalam keadaan penuh.

4. Cek Seluruh Bodi Mobil

Pada pengecekan bodi mobil ini Anda akan mengetahui kejujuran si pemilik mobil. Perhatikan kondisi cat mobil, apakah ada lecet, goresan, penyok, bekas tambalan, atau titik-titik karat. Cek semua sudut mobil dari atas, bawah, kanan, kiri, depan dan belakang mobil.

Periksa juga plafon mobil, apakah masih bagus dan tebal. Cek pula keempat ban mobil tersebut, apakah masih tebal atau sudah mulai tipis. Jika sudah tipis, maka Anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti ban tersebut.

5. Periksa Bagian Dalam Mobil

Setelah melakukan pemeriksaan mesin dan bodi mobil, selanjutnya memeriksa bagian dalamnya. Periksa jok dan sarungnya. Hidupkan mesin mobil beserta AC untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan baik. Kemudian cek odometer jarak tempuh. Kondisi mobil yang baik yaitu memiliki jarak tempuh yang normal, tidak terlalu banyak, normalnya ada di rata-rata 16000 hingga 24000 KM setahun.

Selain itu, cek juga semua lampu apakah masih berfungsi. Periksa juga perlengkapan lain seperti radio, TV, sensor, dan kamera parkir (jika ada). Memeriksa bagian interior akan memberikan gambaran harga berapa yang pas untuk melakukan penawaran.

6. Periksa Perkakas Mobil

Hal yang tak kalah penting adalah dengan menanyakan perkakas mobil (tool kit) seperti obeng-obeng, kunci, dongkrak, ban serep dan lainnya dalam penjualan mobil bekas. Peralatan ini sangat penting sebagai alat persediaan dalam keadaan darurat di jalan, seperti mogok atau ban bocor.

Jika Anda mendapati peralatan tersebut masih lengkap, maka Anda akan sangat menghemat. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli perkakas mobil.

7. Tanyakan Perihal Asuransi Mobil

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas tersebut, tanyakan terlebih dahulu perihal asuransinya. Ini akan menjadi nilai tambah jika mobil tersebut telah diasuransikan oleh pemiliknya.

Minta kepada si pemilik untuk memperlihatkan dokumen resmi yang menyatakan mobil tersebut telah diasuransikan. Adapun proses balik nama dapat dilakukan sepanjang dokumen surat jual beli lengkap.

8. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Ini merupakan bagian yang paling wajib Anda lakukan yaitu memeriksa semua kelengkapan dokumen surat kendaraan seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Cek dan periksa keaslian dokumen dengan melihat cap dan tanda tangan pengesahan STNK dan BPKB. Halaman pengesahan disertai dengan hologram yang bisa diperiksa dengan mudah. Walaupun semua nama dan nomor yang tertera sama, ada baiknya tetap memeriksanya di kantor samsat, tentunya dengan meminta fotokopiannya. Di SEVA pusat mobil murah, semua mobil yang dijual telah memiliki surat-surat yang valid dijamin 100%.

9. Test Drive

Yang terakhir sebelum memutuskan untuk jadi membeli mobil bekas adalah dengan mencoba mengendarainya. Dengan mencobanya maka akan memudahkan Anda untuk memeriksa impresi berkendara dengan mobil tersebut. Anda bisa mencoba mengecek rem secara langsung, serta kemampuan mesinnya.

Ketika Anda melakukan pengereman pada kecepatan 50 KM/H, seharusnya tidak ada getaran yang ditimbulkan pada pedal rem. Jika terjadi getaran atau Anda mendengar bunyi mendecit, maka sebaiknya untuk mengurungkan niat untuk membeli mobil tersebut, kecuali Anda bisa melakukan negosiasi untuk menyesuaikan harga karena akan melakukan perbaikan pada rem.

Final Thought

Dengan mengetahui tips-tips di atas, Anda telah membekali diri dengan pengetahuan yang lengkap sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Dengan mencari di SEVA pusat mobil murah akan memudahkan Anda untuk menemukan mobil bekas yang berkualitas. Selamat mencoba.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *