Apa itu Aplikasi Google Meet, Video Chat, Conference dan Keunikannya

Apa itu Aplikasi Google Meet, Video Chat, Conference dan Keunikannya
image by meet.google.com

Google Meet adalah salah satu aplikasi video conference atau bisa juga disebut dengan online meeting yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah bagian dari Google Hangouts, dirancang khusus untuk digunakan perusahaan, institusi, lembaga atau organisasi. Umumnya digunakan orang atau kelompok yang berkecimpung di dunia bisnis. Tentunya aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk kebutuhan video meeting dalam berbagai ukuran, dari ukuran kecil hingga besar. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi bisnis dan sangat mudah digunakan.

Penggunaannya praktis dan sederhana, karena pengguna dapat menerapkannya pada media apa pun. Kamu dapat menggunakannya pada komputer desktop yang biasanya ditemukan di perusahaan dan digunakan oleh setiap karyawan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan menggunakan handphone atau smartphone yang selalu kita bawa kemana-mana. Oleh karena itu penggunaannya sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang hanya memerlukan koneksi internet. Karena bisa kamu gunakan secara gratis atau tentunya dengan proses pengoperasian yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Sebelumnya, banyak perusahaan atau institusi yang menggunakan Google Hangout untuk membantu dan memfasilitasi video conference mereka. Namun, tampaknya sejauh ini kita dapat menemukan banyak perusahaan yang mengalami perkembangan yang pesat sehingga membutuhkan teknologi yang lebih canggih dari sebelumnya. Hasilnya, semakin banyak perusahaan yang memilih menggunakan layanan Google Meet untuk memperlancar semua jenis pekerjaan. Karena, Meet ini merupakan solusi alternatif bagi perusahaan sedang berkembang.

Manfaat Menggunakan Google Meet

Prospek atau masa depan aplikasi ini terlihat sangat menjanjikan dari sebelumnya, sehingga aplikasi ini layak diterapkan di perusahaan. Dunia bisnis selalu mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya visi perusahaan yang berkembang seiring dengan perkembangan zaman, tetapi juga proses dalam menjalankan perusahaan. 

Semakin cepat perkembangan teknologi, maka akan semakin canggih teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Apalagi di era digital saat ini yang tentunya membutuhkan sarana modern yang berkualitas untuk mengefektifkan proses bisnis.

Karena peluang itulah mengapa Google menyediakan layanan Meet sebagai media yang dapat membantu perusahaan dalam mewujudkan visi bisnisnya. Saat ini kamu dapat menggunakan konferensi video tidak hanya dari layar laptop saja. Tapi juga bisa menggunakannya pada layar ponsel. Tentunya, ini terlihat lebih praktis dan tidak menghalangi aktivitasmu lainnya di luar kantor.

Cara Mudah Menggunakan Google Meet

Bagi kamu yang tertarik menggunakan layanan Google ini, berikut adalah beberapa langkah dan cara menggunakannya dengan benar.

1. Instal aplikasi Google Meet

Untuk menggunakan suatu aplikasi, tentunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi yang ingin kamu gunakan tersebut. Jika kamu benar-benar ingin menggunakan Google Meet di komputer, maka kamu dapat menginstalnya di komputer atau laptop. Tetapi jika kamu ingin menggunakannya via ponsel atau smartphone, maka kamu harus menginstalnya di smartphon. Nah, selanjutnya jika aplikasi Meet sudah terpasang, kamu dapat mulai menggunakannya.

2. Login atau masuk dengan akun Google (Gmail)

Saat kamu akan mulai menggunakan aplikasi Meet, kamu harus masuk/login terlebih dahulu. Kamu bisa login/masuk dengan menggunakan akun Gmail. Jika kamu memiliki banyak akun Google, cukup pilih salah satu saja. Kemudian kamu dapat mulai menggunakannya dengan menekan tombol “New Meeting” layar smartphone.

3. Berbagi dengan teman

Kemudian kamu akan mendapatkan link khusus. Bukan hanya link yang didapat, tapi juga nomor dan PIN-nya. Kamu dapat menggunakan nomor dan PIN ini untuk mengundang teman lain. Jika kamu memiliki nomor dan PIN, yang harus kamu lakukan yaitu membagikannya dengan teman-teman atau rekan kerja. Kamu dapat segera menghubungi rekan kerja yang bersedia melakukan video conference. Untuk melakukan ini, cukup tekan tombol bagikan.

4. Pilih media sharing

Setelah selesai membagikan tautannya, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengirimkan pesan ke orang yang ada dalam video conference. Kamu bisa memilih media sharing agar bisa juga digunakan untuk mengirim pesan biasa. Namun, jangan lupa untuk menambahkan pesan pribadi yang menjelaskan arti undangan tersebut. Kemudian ikuti saja langkah-langkah selanjutnya untuk menjalankan aplikasi Google Meet. 

5. Menggunakan aplikasi

Setelah melalui beberapa langkah di atas, kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan benar. Google Meet dapat digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan layanan komputasi dan konferensi video. Tentu saja, menggunakannya bisa dilakukan dengan sangat simple. Maka tidak heran jika penggunaan media atau aplikasi ini semakin meluas dan bisa ditemukan di berbagai organisasi dan perusahaan.

Manfaat Google Meet

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia bisnis, tentunya bisa menggunakan layanan aplikasi ini untuk mempermudah pekerjaan. Bukan hanya kecanggihannya yang membuatnya semakin diminati masyarakat. Namun aplikasi ini juga diminati oleh masyarakat luas karena kualitasnya yang tergolong tinggi. 

Aplikasi Meet memiliki kualitas suara dan video yang bagus, jernih dan tajam. Selain itu, proses pengoperasiannya, yang biasa dikatakan sangat mudah, akan membuat banyak orang lebih menyukainya daripada layanan aplikasi serupa.

Kesimpulan

Menggunakan Google Meet sebenarnya sangat berguna bagi kelancaran bisnis perusahaan. Jika perusahaan kamu memiliki cabang yang tersebar di banyak daerah, dengannya layanan video conference Googe meet maka akan mengurangi biaya perjalanan dinas karyawan. Sehingga sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang sedang melakukan efisiensi anggaran.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *