Apa Itu Backlink? dan Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Apa Itu Backlink? dan Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Bagi kamu yang baru memulai membuat website atau blog, istilah backlink mungkin masih kurang familiar. Mengapa istilah backlink sering muncul dalam pembahasan SEO (Search Engine Optimization)? dan Mengapa kamu harus memahami backlink dan menerapkannya di website atau blog? serta bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Semuanya akan dibahas lengkap pada artikel ini

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link atau tautan yang dipasang pada blog / website yang mengarah ke halaman blog / website kamu. backlink juga dikenal dengan istilah external link dan inbound link.

Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. Kamu adalah pemberi backlink ketika kamu meletakkan link website atau blog orang lain di website Anda. Sebaliknya, Kamu adalah penerima backlink yang mendapatkan link dari penyedia backlink.

Cukup sederhana cara kerjanya, bukan? Meski terlihat sederhana, backlink juga berperan penting dalam menyukseskan website atau blog kamu nangkring pada halaman pertama pencarian di search engine.

Mengapa Backlink Sangat Penting?

Setelah kita memahami apa itu backlink, sekarang saatnya mempelajari mengapa backlink itu sangat penting bagi suatu website. Apa saja keuntungan yang didapat dari backlink dan mengapa kamu juga harus menggunakannya?

Berikut beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

  • Google menemukan situs web kamu melalui tautan balik

Penjelasan termudah di balik pertanyaan “Mengapa tautan balik itu penting?” Adalah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu menjelajah (crawling) untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.

Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, merayapi halaman tersebut, dan kemudian memasukkannya ke dalam indeks Google.

Maka, dengan semakin banyak backlink yang kamu dapatkan, semakin mudah Google menemukan halaman situs web Anda. Namun, kamu juga harus memperhatikan kualitas backlink yang didapatkan. kamu tidak bisa sembarangan mencari backlink. Karena backlink yang tidak berkualitas bisa merugikan website.

  • Backlink berguna untuk menjaga reputasi di Google

Saat orang mencari kata kunci di mesin pencari Google, selanjutnya Google akan mencoba memberikan hasil pencarian terbaik untuk pencari. Google akan mengarahkan pencarian ke halaman situs web populer. Terus, bagaimana Google menilai halaman situs web populer atau tidak? Ya benar. Google menggunakan backlink sebagai salah satu indikator popularitas sebuah halaman website. Jadi, jika semakin berkualitas backlink yang mengarah ke situs web kamu, maka akan semakin baik pula reputasi situs web akan dinilai oleh Google.

  • Backlink yang relevan akan tingkatkan kredibilitas website

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa backlink merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman web di Google. Namun, Search Engine Google menghargai tidak hanya backlink dari segi kuantitas. Google juga menguji backlink di situs kamu berdasarkan relevansinya.

Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? Tautan balik yang relevan adalah backlink yang didapat dari situs web atau blog dari kategori yang sama. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink yang relevan ketika mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi atau komunikasi. Dengan begitu website perusahaan smartphone tersebut bisa dipercaya oleh sistem Google.

Lalu, apa yang akan terjadi ketika perusahaan smartphone mendapat backlink dari blog kecantikan, fashion atau bahkan website furniture? Tentunya Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan smartphone tersebut, apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri smartphone dan teknologi?

  • Backlink dapat mendatangkan traffic ke website

Pada poin-poin sebelumnya telah dijelaskan secara rinci bahwa backlink dapat membantu website agar lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga dapat muncul di hasil pencarian. Semakin banyak kualitas backlink yang Anda dapatkan, semakin baik penilaian Google terhadap situs web kamu. Kemudian halaman situs web kamu bisa mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Selain trafik yang akan didapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanamkan pada website penyedia backlink. Apalagi jika website backlinker tersebut sudah memiliki reputasi yang baik di Google dan mendapatkan trafik yang banyak. Traffic yang didapat dari website penyedia backlink juga akan mengarah ke website kamu secara otomatis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Yang Relevan Untuk Seo?

Backlink berkualitas memang tidak mudah didapat. Strategi membangun backlink berkualitas dimulai dari membuat konten yang lengkap, unik, dan informatif. Berikut ini cara mendapatkan backlink berkualitas di website Anda.

  • Bangun kredibilitas website

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu harus membangun kredibilitas website atau blog terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan diatas, biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia memberikan backlink ke website dan blog yang berkualitas pula. Oleh karena itu, kamu perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu.

  • Menulis konten solutif dan informatif

Bagaimana membangun kredibilitas situs web atau blog kamu? Jawabannya ada di konten. Pastikan konten di website kamu lengkap dan mampu menjawab pertanyaan visitor. Konten yang kamu tulis juga harus bersifat solutif. Jadi setelah membaca artikel di blog atau website kamu, pembaca bisa menyelesaikan masalah yang mereka alami. Dengan begitu mereka membagikan artikel kamu di media sosial atau bahkan situs web atau blog pribadi mereka.

  • Membuat konten yang unik

Selain informatif dan solutif, konten juga harus unik. Jika memungkinkan, buat konten yang belum dibuat oleh orang lain. Sudut pandang yang belum pernah diambil orang sebelumnya. Misalnya, kamu dapat melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis. Keunikan konten akan menarik orang lain untuk menyematkan tautan ke situs web atau blog Anda.

  • Membuat infografik

Terkadang orang malas membaca paragraf yang panjang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan infografik. Buat infografik agar orang tertarik membaca artikel pada website kamu. Selain itu, infografik lebih mudah dibedakan karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

  • Menggunakan platform mediabacklink.com

Saat ini Mediabacklink.com sebagai salah satu marketplace backlink Indonesia yang menyediakan solusi untuk kamu dan perusahaan dalam melakukan SEO. Ada banyak backlink berkualitas dan relevan dengan niche kamu, yang bisa didapatkan di mediabacklink. Dengan memanfaatkannya kamu bisa meminimalisir pekerjaan dalam membangun backlink.

Kesimpulan

Membangun website dengan backlink berkualitas membutuhkan banyak usaha. Perlu diingat sebelum membangun backlink yang berkualitas, kamu harus membangun pondasi terlebih dahulu, yaitu konten. Berapa pun backlink yang kamu dapatkan, semuanya akan sia-sia tanpa konten yang unik, lengkap, dan berkualitas.

1 Shares:
Leave a Reply