Apa itu eBook? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Kelebihannya

Apa itu eBook? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Kelebihannya
Photo by freestocks.org from Pexels

Saat ini ebook (buku digital) setidaknya menggeser penggunaan buku konvensional (printed book). Hampir setiap gadget baik itu laptop, tablet, atau smartphone dapat mengakses e-book dengan mudah. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh teknologi buku digital, tidak hanya penghemat biaya, meminimalisir penggunaan kertas, dan lainnya.

Nah, untuk memahami lebih dalam, apa yang dimaksud ebook? Apa pengertian ebook dari beberapa sumber? Apa saja fungsi e-book? Apa tujuan ebook? Apa saja format e-book? Serta, apa saja kelebihan dan kekurangan buku elektronik? Mari kita ulas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan eBook?

Yang dimaksud e-book adalah buku yang berbentuk elektronik atau digital yang berisi informasi atau panduan, tutorial, novel, layaknya buku pada umumnya. eBook (electronic book) ini hanya bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan perangkat gadget seperti komputer, tablet, dan handphone pintar. Tidak berbeda dengan buku cetak pada umumnya, ebook (buku digital) juga memuat tulisan dan gambar tentang berbagai topik seperti ebook teknologi, e-book sains, buku digital motivasi, buku tutorial dan ada banyak topik lainnya.

Di era digital ini, tentunya motivasi lebih banyak digunakan daripada buku cetak. Jika merujuk pada definisi e-book sebelumnya sebagai buku digital, dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli buku digital daripada buku cetak.

Baca Juga: Pengertian Software dan Fungsinya

Pengertian eBook Berdasarkan Sumber

Berikut ini beberapa sumber telah memaparkan secara detail mengenai pengertian e-book, antara lain yaitu:

1. Whalts.com

Pengertian ebook adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca di komputer pribadi atau melalui ebook reader.

2. Oxforddictionaries.com

Pengertian ebook adalah versi elektronik dari sebuah buku cetak yang dapat dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk keperluan ini.

3. Wikipedia

Yang dimaksud dengan ebook adalah terbitan buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar atau keduanya, yang bisa dibaca di layar komputer atau layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun terkadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, namun beberapa buku dibuat tanpa diambil dari versi cetak.

Tujuan eBook

Seperti yang telah disebutkan pada definisi e-book sebelumnya, tujuan dari pembuatan buku elektronik adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada para penggunanya. Beberapa tujuan dari ebook adalah:

  • Mempermudah pembuatannya
    e-Book merupakan solusi bagi mereka yang ingin menerbitkan buku tetapi kesulitan membuatnya. Seperti kita ketahui bersama, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan sulit. Ini tidak terjadi jika kita membuat buku elektronik. Namun, tentunya format buku digital harus semenarik mungkin, sehingga memungkinkan untuk didistribusikan atau dijual.
  • Menghemat biaya pencetakan
    Pembuatan buku cetak cukup mahal karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda dengan kasus pembuatan e-book, biayanya sangat sedikit dan bahkan bisa gratis.
  • Mempermudah proses penyebaran informasi
    Pendistribusian buku elektronik sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga dari perangkat elektronik lainnya, seperti flashdisk dan harddisk.
  • Mempermudah proses belajar mengajar
    Dengan ebook, proses belajar mengajar akan lebih mudah. Guru dapat membuat materi perkuliahan dalam bentuk e-book kemudian mengirimkannya kepada mahasiswanya. Dari sudut pandang mahasiswa tentunya akan sangat mudah karena mereka dapat mempelajari materi berupa e-book dimanapun dan kapanpun.
  • Melindungi penyebaran informasi
    Saat kita membuat buku digital, kita dapat memberikan perlindungan terhadap isi ebook tersebut. Caranya adalah dengan memberikan password khusus, sehingga hanya sedikit orang yang bisa membukanya. Selain itu, buku elektronik tidak mudah rusak seperti buku cetak. Ini adalah keuntungan bagi pengguna e-book.

Fungsi eBook

Fungsi e-book secara umum adalah sebagai alat pembacaan informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna buku digital adalah mereka yang memiliki literasi teknologi dan cenderung membeli e-book sebagai sarana pembelajaran. Berikut ini adalah fungsi buku elektronik bagi pengguna dan juga untuk provider:

  • Sebagai Media Belajar
    Saat ini banyak sekali orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu, informasi dan tutorial di bidang tertentu. Topik bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah tentang bisnis online, informasi kesehatan, tutorial blogging, panduan pemrograman, tutorial komputer dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, namun saat ini tidak hanya seputar teknologi saja.
  • Sebagai Sarana Informasi
    Saat ini, banyak pebisnis menawarkan buku digital gratis kepada pelanggan potensial mereka. Dengan memasukkan email, calon pelanggan dapat mengunduh ebook yang berisi informasi atau tutorial yang mereka butuhkan. Proses pembuatan dan pendistribusian buku elektronik ini sangat mudah karena bersifat digital. Oleh karena itu, e-book sangat cocok digunakan sebagai sarana informasi.

Baca Juga: Komponen Komputer dan Pengertian Komputer

Format eBook Yang Umum Digunakan

Ada berbagai macam format ebook yang umum digunakan, tergantung pada aplikasi pembuatnya, dan aplikasi pembacanya (reader). Berikut ini adalah beberapa format buku digital yang umum digunakan, diantaranya:

  • PDF (Portable Document Format)
  • ePUB (Electronic Publishing)
  • KF8 (Amazon Kindle Fire Format)
  • PDB (Palm File Database)
  • MOBI (MobiPocket Format)
  • AZW (Amazon World)

Aplikasi dan Software eBook

Selain format, buku digital juga harus dapat dibuka di perangkat komputer atau smartphone. Berikut ini adalah aplikasi e-book reader yang umum digunakan, diantaranya:

  • Adobe Acrobat PDF
  • Google Doc
  • Google PDF Review
  • WPS Office
  • Microsoft Office
  • Foxit Reader
  • ePub Reader
  • Amazon Kindle Apps

Kelebihan dan Kekurangan eBook

Penggunaan e-book cukup populer di masyarakat Indonesia karena dianggap murah dan mudah didapat. Namun, selain memiliki kelebihan, buku digital juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Berikut kelebihan dan kekurangan buku elektronik, yaitu:

Kelebihan

  1. Lebih ringkas (kompak)

    Buku elektronik atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas daripada buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka e-book kapanpun dan dimanapun
  2. Lebih awet

    Karena bersifat digital, tentunya e-book lebih awet dan tidak mudah rusak seperti buku cetak.
  3. Lebih murah

    Proses pembuatan buku digital sangat mudah dan murah, sehingga harganya biasanya lebih murah daripada buku cetak.
  4. Ramah lingkungan

    eBook tidak membutuhkan tinta dan kertas, sehingga lebih ramah lingkungan (go green) daripada buku cetak yang memerlukan kertas dan tinta untuk dicetak.

Kekurangan

  1. Tidak dapat dipegang

    Pada kenyataannya, kebanyakan orang lebih memilih sesuatu yang ringkas. Namun, ada orang yang lebih suka menggenggam buku daripada smartphone, dan ini bukan sensasi yang tidak didapatkan dari ebook
  2. Ukuran huruf lebih kecil

    Secara umum, ukuran font ebook biasanya lebih kecil daripada di buku cetak, terutama ketika dibuka melalui ponsel pintar.
  3. Membuat kualitas mata berkurang

    Saat membaca buku elektronik, cahaya dari ponsel atau perangkat genggam lainnya akan cepat melelahkan mata kita. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya berkurangnya kemampuan mata.

Kesimpulan

eBook menjadi solusi agar penggunaan pohon dapat dikurangi secara signifikan. Dengan tingginya pengguna smartphone saat ini, tentunya ikut mendukung tingginya pengguna ebook secara eksponensial.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *