Apa Itu Google Trends? dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Bisnis Anda?

Apa Itu Google Trends? dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Bisnis Anda?

Google Trends adalah alat riset yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk melihat popularitas kata kunci pencarian Google tertentu selama periode waktu dan geografi tertentu.

Saat Anda menggunakan Google Trends untuk meneliti keyword penelusuran, Anda akan melihat popularitas kata kunci tersebut dari waktu ke waktu. Tetapi kekuatan sebenarnya dari Google Trends berasal dari membandingkan keyword pencarian sehingga Anda dapat melihat popularitasnya relatif satu sama lain.

Bagaimana Tren Kata Kunci Google Bekerja?

Saat pertama kali mengunjungi Google Trends, Anda akan melihat bahwa halaman utama dipenuhi dengan kata kunci yang sedang tren di Google di belahan dunia. Area yang paling menarik dari halaman ini adalah bagian Tren terbaru.

Saat ada kejadian global besar, Google terkadang membuat bagian atau halaman tertentu yang menjelajahi semua tren penelusuran terkini seputar topik tersebut.

Untuk mulai menggali istilah pencarian tertentu yang Anda minati, Anda harus mengetikkan istilah tersebut di bidang yang bertuliskan Masukkan istilah pencarian atau topik dan tekan Enter.

Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana minat terhadap istilah penelusuran tersebut (relatif terhadap istilah itu sendiri) telah menjadi tren selama 12 bulan terakhir.

Halaman ini memberi tahu Anda semua informasi berikut tentang istilah penelusuran apa pun yang menjadi kueri Anda.

  • Minat selama 12 bulan terakhir
  • Minat menurut subkawasan Anda di dunia
  • Topik dan kueri penelusuran populer lainnya yang terkait dengan kueri Anda

Anda dapat menyesuaikan subkawasan untuk ditampilkan menurut metro atau kota dan Anda dapat mengurutkan semua daftar menurut apakah tren naik atau turun.

Baca Juga: 6 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Saat Work From Home #WFH

Apa Itu Tren Penelusuran Google?

C:\Users\Fancy\Pictures\Apa itu Google Trend - Halaman.jpg

Penting untuk dipahami saat Anda melihat grafik tren di Google Trends, Anda tidak melihat angka penelusuran yang sebenarnya.

Angka di sebelah kiri bagan adalah dari 0 hingga 100. Ini menunjukkan tingkat minat hanya untuk istilah penelusuran tersebut, selama periode waktu di bagan.

  • 0 mewakili tidak ada bunga relatif terhadap bunga tertinggi dalam jangka waktu tersebut.
  • 100 mewakili tingkat minat tertinggi dalam jangka waktu tersebut selama jangka waktu tersebut.

Untuk satu istilah, ini mungkin tidak terlalu berguna. Namun apa yang dapat ditunjukkan oleh pandangan ini kepada Anda adalah apakah ada lonjakan musiman tahunan sepanjang tahun.

Jika Anda ingin melihat apakah tren musiman berulang setiap tahun, ubah dropdown 12 Bulan Terakhir menjadi 5 tahun terakhir, atau dari awal saat data tren tersebut pertama kali dimulai.

Saat Anda melihat lonjakan minat yang merata dari tahun ke tahun, itu menunjukkan lonjakan minat musiman.

Baca Juga: Platform Facebook Shops Merupakan Ladang Emas Untuk Bisnis eCommerce Anda

Membandingkan Istilah Menggunakan Data Penelusuran Google

C:\Users\Fancy\Pictures\Cara Kerja Google Trend.jpg

Anda dapat memperoleh nilai lebih signifikan dari penggunaan Google Trends dengan membandingkan istilah penelusuran serupa.

Misalnya, jika Anda telah menelusuri “aplikasi android terbaik”, dan Anda penasaran apakah istilah tersebut lebih atau kurang populer daripada “aplikasi ios terbaik”, Google Trends dapat membantu.

Untuk menambahkan istilah pencarian, pilih Bandingkan di bagian atas jendela Jelajahi dan ketik istilah pencarian kedua.

Tampilan ini merupakan indikasi yang sangat berguna tentang seberapa populer beberapa istilah penelusuran dibandingkan istilah penelusuran lainnya relatif terhadap satu sama lain. Dengan menggunakan istilah penelusuran lain sebagai dasar, pendekatan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi istilah penelusuran yang sangat populer di seluruh internet dengan lebih baik.

Ini terutama benar jika Anda sudah mengetahui istilah pencarian yang ada dan sangat populer. Anda dapat menggunakan istilah pencarian populer tersebut sebagai dasar perbandingan.

Baca Juga: 10 Platform Blogging Terbaik 2021 – Saatnya Dapatkan Cuan Dari Ngeblog

Cara Efektif Menggunakan Google Trends Untuk Bisnis Anda

Ketika Anda mengidentifikasi istilah pencarian yang sangat populer, atau tren musiman, bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan lalu lintas di situs web Anda, atau menarik lebih banyak pengunjung ke bisnis online Anda?

Anda dapat menggunakan informasi yang Anda pelajari dari Google Trends untuk situs atau bisnis Anda sendiri dengan cara berikut.

  • Jika perbandingan beberapa istilah menunjukkan bahwa satu istilah sangat populer, fokuskan artikel blog atau situs web Anda pada topik itu.
  • Jika suatu topik memiliki minat penelusuran musiman, fokuslah pada penerbitan artikel Anda di awal musim tersebut.
  • Jika Anda menjual produk secara online, atur waktu upaya penjualan Anda berdasarkan minat musiman pada produk tersebut.
  • Jika Anda menjalankan bisnis lokal seperti bisnis layanan rumput, tingkatkan upaya periklanan lokal Anda di awal musim saat penelusuran terkait layanan rumput adalah yang tertinggi.
  • Bisnis lokal harus menggunakan filter geografis di Google Trends untuk mengidentifikasi tren komunitas lokal mereka daripada harus mengeceknya secara keseluruhan.

Pastikan Anda benar-benar memahami cara menggunakan semua fitur yang tersedia di Google Trends.

Google Trends adalah alat yang ampuh untuk mengidentifikasi tren minat publik tidak hanya di seluruh internet, tetapi juga di komunitas lokal Anda. Informasi ini sangat berguna bagi siapa saja yang menjalankan situs web atau blog, atau bahkan pemilik usaha kecil.

1 Shares:
Leave a Reply