Apa itu Hardware? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Apa itu Hardware Pengertian dan Jenis-Jenisnya
photo by unsplash/alienwaregaming

Perangkat komputer terdiri dari hardware dan software. Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas pengertian software secara lengkap. Nah, kali ini kotakpintar.com akan mebahas secara lengkap mengenai hardware komputer. Mulai dari, apa itu hardware? apa pengertian hardware? Dan, apa saja fungsi dan jenis-jenis hardware komputer? Mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Pengertian Hardware Adalah

Pengertian hardware (perangkat keras) adalah segala perangkat atau komponen komputer yang sifatnya dapat dilihat dengan kasat dan dapat langsung disentuh. Jadi, perangkat keras adalah komponen yang memiliki bentuk nyata.

Perangkat keras atau hardware berfungsi untuk mendukung semua proses komputerisasi dan bekerja sesuai dengan perintah yang telah ditentukan oleh pengguna (user). Dengan komponen perangkat keras, Anda dapat membuat bentuk output dari setiap proses.

Seperti yang kita ketahui, komputer memiliki berbagai komponen yang bekerja bersama untuk mengolah data mentah menjadi informasi baru yang mudah dipahami manusia. Jika komponen tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka proses pemrosesan informasi dan data pada komputer tidak akan berjalan dengan benar.

Baca Juga: Pengertian Internet, Sejarah, dan Manfaatnya Bagi Manusia

Definisi Hardware Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang komputasi telah menjelaskan definisi perangkat keras, diantaranya adalah:

1. Raya Fahreza

Pengertian perangkat keras adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi piranti lunak (software).

2. Sunarto S. Kom

Pengertian hardware adalah perangkat yang sesuai dengan EDPS (Sistem Pemrosesan Data Elektronik) yang dapat disentuh dan dirasakan.

3. Wijaya Ariyana & Deni Arifianto

Pengertian perangkat keras (hardware) adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik, dapat disentuh, dan dapat dilihat dengan kasat mata.

4. Rainer

Hardware adalah perangkat di komputer fisik, seperti processor, monitor, keyboard, mouse dan printer. Perangkat keras berfungsi untuk menerima data / informasi, memproses dan menampilkan data mentah dalam informasi baru yang bermanfaat.

5. James O’Brien

Arti hardware adalah semua peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lainnya. Hardware merupakan media komunikasi yang menghubungkan banyak jaringan dan memproses paket data untuk membuat pengiriman data lebih efektif.

6. Ali Zaki

Pengertian hardware adalah bagian fisik dari sebuah komputer, termasuk sirkuit digital dalam perangkat komputasi.

7. Joko Untoro

Definisi hardware adalah perangkat fisik dalam bentuk komputer dan semua instrumen pendukungnya.

8. R. Wilman & Ryan

Definisi hardware adalah serangkaian perangkat elektronik yang terhubung ke ponsel yang bekerja terkait dengan perangkat yang menjadi satu bagian dan tidak dapat dipisahkan.

Fungsi Hardware

Seperti yang telah dijelaskan diatas, hardware adalah komponen dalam komputer yang dapat dilihat dengan kasat mata dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Setiap perangkat keras komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Secara umum, ada 4 (empat) fungsi utama perangkat keras, yaitu sebagai berikut:

1. Menerima Input

Perangkat keras (hardware) tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input dari pengguna. Entri data kemudian diproses menjadi informasi baru.

2. Pemrosesan Data / Informasi

Setelah menerima masukan atau input dari user, beberapa komputer memiliki fungsi khusus untuk memproses atau mengolah input menjadi informasi baru.

3. Memberikan Output

Setelah diproses, piranti keras (hardware) tertentu akan memberikan keluaran atau output kepada pengguna. Setiap output yang dilihat oleh pengguna akan ditampilkan melalui perangkat keras khusus.

4. Menyimpan Data dan Informasi

Output yang dihasilkan komputer dapat disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder di komputer. Perangkat keras untuk menyimpan data tidak hanya dipasang di dalam komputer (internal), tetapi juga dipasang di luar (external).

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Topologi Jaringan Komputer dan Macam-Macamnya

Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsi

Berikut ini jenis-jenis hardware komputer berdasarkan fungsi, beserta contohnya:

1. Input Device (Perangkat Masukan)

Perangkat masukan (input devices) adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke komputer. Data dan informasi dapat berupa teks, gambar, audio dan video. Beberapa contoh perangkat input (input device), yaitu:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Mikrofon
  • Scanner
  • Webcam
  • dan lainnya

2. Process Device (Perangkat Pemrosesan)

Perangkat pemrosesan (process devices) adalah perangkat komputasi yang beroperasi untuk memproses atau mengolah berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke komputer. Piranti pengolah juga dapat disebut ‘otak’ komputer karena perangkat inilah yang dapat memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Beberapa contoh process devices (perangkat pengolah), yaitu:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • RAM (Random Access Memory)
  • VGA (Video Graphics Adapter)
  • Power Supply
  • dll.

3. Output Device (Perangkat Keluaran)

Perangkat keluaran (output device) adalah perangkat pada komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data pada komputer yang kemudian disebarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer. Contohnya, informasi atau data yang dikeluarkan berbentuk gambar, teks, video dan audio. Berikut ini beberapa hardware output devices, yaitu:

  • Monitor
  • Printer
  • Proyektor
  • Speaker
  • dan lainnya

4. Storage Unit (Perangkat Penyimpanan)

Perangkat penyimpanan (storage unit) adalah perangkat keras yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Contoh unit penyimpanan (storage unit) adalah hard drive, harddisk, ssd yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data di komputer. Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan di komputer, tetapi juga dapat dilakukan di luar komputer dengan hard drive eksternal.

5. Peripheral (Perangkat Tambahan)

Periferal adalah perangkat keras yang digunakan untuk membantu komputer menjalankan perintah dari user atau pengguna. Modem merupakan salah satu contoh hardware komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan Internet.

Contoh Perangkat Keras (Hardware) Komputer

Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat keras pada komputer, yaitu:

1. Hardware Input (Input Devices)

  • Keyboard
    Perangkat ini digunakan untuk membantu pengguna memasukkan huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan ada beberapa huruf, angka dan simbol.
  • Mouse
    Perangkat mouse berfungsi untuk memindahkan kursor pada layar komputer dan membuat mudah pengguna untuk memilih menu di komputer.
  • Scanner
    Fungsi perangkat keras ini adalah untuk mengubah dokumen yang dicetak menjadi salinan elektronik. Perangkat keras ini sangat penting untuk pengarsipan dokumen yang telah disegel dan ditandatangani.

2. Hardware Process Devices

  • CPU
    Perangkat ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja di komputer, dari instruksi, hingga pemrosesan output.
  • VGA
    Hardware Ini adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah atau memproses data grafik dan hasil dari proses ditampilkan pada layar monitor komputer.
  • RAM (Random Access Memory)
    Piranti ini adalah perangkat keras di komputer yang benar-benar menentukan kecepatan akses ke komputer.

3. Hardware Output Devices

  • Monitor
    Monitor adalah komponen utama yang harus dimiliki oleh semua piranti komputer untuk melakukan berbagai pekerjaan yang terkait dengan data dan dokumen.
  • Printer
    Printer berfungsi untuk mencetak semua jenis dokumen yang diperlukan.
  • Proyektor
    Proyektor digunakan untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar. Dengan menggunakan proyektor, banyak presentasi dapat disampaikan lebih jelas.

4. Hardware Storage Devices

  • Harddisk
    Hardisk berfungsi untuk menyimpan data atau informasi di komputer dengan kapasitas besar. Selain diletakkan dalam komputer, hard drive saat ini juga portabel, atau sering disebut hard drive eksternal.
  • Flashdisk
    Flashdisk berfungsi sebagai alat untuk menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lain. Perangkat flashdisk umumnya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain.
  • Optical Drive
    Media penyimpanan data yang bisa ditulis / dibaca dengan sinar laser. Media penyimpanan data optical disk, seperti Compact Disk (CD), Digital Versatile Disk (DVD), dan Bluray.

5. Hardware Peripheral

  • Modem
    Modem merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sebaliknya. Perangkat modem dapat menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Baca Juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Kesimpulan

Ada 3 komponen utama dari komputer, yaitu hardware, software, dan brainware. Ketiga unsur tersebut yang dapat mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Serta dari ketiga komponen tersebut dapat menciptakan AI (artificial intelligence) yang mampu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *