Apa itu Iklan Banner? Fungsi dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Apa itu Iklan Banner? Fungsi dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Iklan banner mengacu pada penggunaan tampilan grafik persegi panjang yang membentang di bagian atas, bawah, atau sisi situs web atau properti media online. Jenis iklan banner horizontal disebut leaderboard, sedangkan banner vertikal disebut pencakar langit dan ditempatkan di sidebar halaman web. Iklan spanduk lebih berbasis gambar daripada berbasis teks dan merupakan bentuk iklan online yang populer.

Adapun tujuan dari iklan banner adalah untuk mempromosikan merek dan/atau untuk mendapatkan pengunjung dari situs web host untuk mengunjungi situs web pengiklan.

Dasar-Dasar Iklan Banner

Iklan di internet telah merubah ketidakpastian menjadi platform utama untuk pemasaran sebagian besar perusahaan. Di AS sendiri, pertumbuhan iklan digital terus tumbuh dua digit pada basis pendapatan tahunan, dengan pendapatan 2019 melebihi $124,6 miliar.

Iklan banner, juga disebut iklan tampilan (display ads), terdiri dari gambar atau media statis atau animasi dan biasanya ditempatkan di area dengan visibilitas tinggi di situs web dengan lalu lintas tinggi. Iklan banner dibuat menarik karena dapat membantu menciptakan kesadaran merek (brand awareness), menghasilkan prospek, dan menargetkan ulang audiens (seperti memberi pengunjung kesempatan untuk mendaftar ke newsletter atau uji coba gratis sebelum mereka membeli).

Baca Juga: Pengertian Break Even Point (BEP) dan Cara Menghitungnya Dalam Bisnis

Fungsi iklan banner sama seperti seperti iklan tradisional; namun, metode yang digunakan pengiklan untuk membayar host dapat sangat berbeda dari penjualan ruang iklan tradisional. Penyedia iklan dibayar untuk iklan banner melalui salah satu dari tiga metode:

  • Biaya per tayangan (pembayaran untuk setiap pengunjung situs web yang melihat iklan);
  • Biaya per klik (pembayaran untuk setiap pengunjung situs web yang mengklik iklan dan mengunjungi situs web pengiklan); atau
  • Biaya per tindakan (pembayaran untuk setiap pengunjung situs web yang mengeklik iklan, mengunjungi situs web pengiklan, dan menyelesaikan tugas, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian).

Iklan banner tradisional seperti contoh di atas telah berkembang ke bentuk lain, seperti Iklan Facebook dan Iklan Sponsor Instagram. Facebook menyumbang sekitar 42% dari pengeluaran iklan bergambar online di AS pada tahun 2019. Tren dalam iklan online telah melihat pengeluaran iklan bergambar digital (termasuk iklan spanduk, video, media kaya, dan sponsor) melampaui iklan berbasis pencarian pada tahun 2016 dan terus tumbuh. pada 2019, 31% dari seluruh pengeluaran iklan secara online pergi ke banner advertising.

Poin Penting Dari Iklan Banner

  1. Banner iklan mengacu pada penggunaan tampilan grafis persegi panjang yang membentang di bagian atas, bawah, atau sisi dari situs web atau properti media online.
  2. Iklan banner adalah bentuk pertama dari iklan khusus internet, muncul pada tahun 1994.
  3. Saat ini, iklan spanduk, dan hampir semua iklan online, saat ini menggunakan teknologi penawaran waktu nyata yang dikenal sebagai penawaran terprogram, yang memungkinkan perusahaan yang disetujui menawar ruang iklan selama waktu yang diperlukan untuk memuat iklan spanduk.

Teknologi Dalam Iklan Banner Digital

Jaringan iklan bertanggung jawab untuk mencocokkan pengiklan dengan situs web yang ingin menjual iklan. Mereka melacak ruang iklan apa yang tersedia dan mencocokkannya dengan permintaan pengiklan.

Baca Juga: Cara Ampuh Lejitkan Penjualan Toko Olshop Kamu

Teknologi yang memungkinkan jaringan iklan melakukan ini adalah server iklan pusat, yang memilih iklan tertentu yang disesuaikan dengan pengunjung situs web berdasarkan kata kunci dari penelusuran pengunjung dan perilaku melihat situs web atau berdasarkan konteks keseluruhan konten situs web host.

Iklan banner, dan hampir semua iklan online, saat ini menggunakan teknologi penawaran waktu nyata yang dikenal sebagai penawaran terprogram, yang memungkinkan perusahaan yang disetujui untuk menawar ruang iklan selama waktu yang diperlukan untuk memuat iklan spanduk.

Pada tahun 2020 sendiri, tren content marketing berkisar pada personalisasi, atau kemampuan untuk membuat konsumen merasa seolah-olah Anda berbicara langsung kepada mereka. Akibatnya, iklan banner bertarget semakin umum.

sumber: investopedia.com

1 Shares:
Leave a Reply