Apa itu Inovasi? Pengertian, Ciri, Karakteristik, dan Tujuan

Apa itu Inovasi? Pengertian, Ciri, Karakteristik, dan Tujuan
Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Istilah kata inovasi memang sering kita dengar di berbagai media. Inovasi sangat identik dengan sesuatu yang baru, belum pernah ada sebelumnya. Kata ini sering disandingkan dengan teknologi dan bisnis.

Bagi seorang pebisnis, inovasi selalu dibutuhkan dalam kegiatan bisnisnya agar dapat memenangkan persaingan pasar. Lalu, seperti apa sih inovasi itu sebenarnya? Apa pengertian inovasi menurut para ahli? Serta, apa saja ciri dan tujuan utama dari suatu inovasi? Mari kita ulas secara lebih rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Inovasi?

Yang dimaksud dengan inovasi adalah proses dan / atau hasil pengembangan dari penggunaan suatu produk / sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih signifikan. Selain itu, ada juga yang menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan inovasi adalah pembaharuan berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut lebih bermanfaat bagi manusia. Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal ini dapat memfasilitasi produksi hal-hal baru dan berbeda.

Pada prinsipnya, keutamaan suatu inovasi adalah memperbaiki atau menyempurnakan fungsi penggunaan suatu produk atau sumber daya agar masyarakat mendapatkan manfaat yang lebih baik. Inovasi terjadi di berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari dunia teknologi, bisnis, pendidikan, komunikasi, dan lainnya.

Proses inovasi itu sendiri terjadi secara terus menerus dan berkelanjutan dalam kehidupan manusia karena keinginan untuk melakukan sesuatu hal dengan lebih mudah dan cepat. Contoh inovasi seperti, perkembangan ponsel yang berubah dan menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu. Jika dulu ponsel menggunakan kabel, kini bisa dibawa kemana-mana dengan fitur dan kegunaan yang sudah sangat lengkap.

Baca Juga: Pengertian Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Ciri, dan Karakteristik

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti inovasi, kita bisa mengacu pada pendapat para ahli. Berikut pengertian inovasi menurut para pakar:

1. UU No. 19 Tahun 2002

Yang dimaksud dengan inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan dan / atau rekayasa yang dilakukan untuk pengembangan aplikasi praktis dari nilai-nilai baru dan konteks keilmuan, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam produk dan proses produksi.

2. Everett M. Rogers

Pengertian inovasi adalah gagasan, Ide, objek dan praktek yang didasarkan pada seseorang atau kelompok tertentu dan diterima sebagai sesuatu yang baru yang harus diterapkan atau diaplikasikan serta diadopsi.

3. Van de Ven, Andrew H.

Yang dimaksud dengan inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu yang dilakukan oleh berbagai aktivitas transaksional dalam struktur organisasi tertentu.

4. Kuniyoshi Urabe

Definisi inovasi adalah segala sesuatu yang terjadi melalui proses yang panjang dan kumulatif, yang meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari menemukan ide hingga menerapkannya di pasar.

Ciri dan Karakteristik Suatu Inovasi

Tidak semua ide dan gagasan dapat diklasifikasikan sebagai inovasi. Ciri dan karakteristik dari suatu inovasi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ciri khas, yaitu suatu gagasan dapat digolongkan sebagai inovasi jika mempunyai ciri atau keunikan tertentu.
  • Sesuatu ide yang baru, yaitu ide yang belum pernah dipublikasikan atau diungkapkan oleh orang lain.
  • Dieksekusi secara terencana, yakni suatu ide dapat diklasifikasikan sebagai inovasi jika dilakukan dengan sengaja dan terencana dalam perkembangannya.
  • Memiliki tujuan, masih berhubungan pada ciri sebelumnya, inovasi merupakan ide yang sengaja dieksekusi dan direncanakan untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: Apa itu Modernisasi? Arti, Ciri, Karakteristik, Dampak, dan Bentuk Modernisasi

Tujuan Utama Inovasi

Inovasi dilakukan karena ada tujuan tertentu yang ingin kita capai sebagai manusia. Tujuan inovasi adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas

Secara umum tujuan dari inovasi di berbagai bidang adalah untuk meningkatkan kualitas dan nilai dari sesuatu yang sudah ada, baik berupa produk maupun jasa. Dengan inovasi-inovasi terkini, diharapkan produk-produk tersebut memiliki manfaat dan keunggulan yang lebih bernilai dari yang sebelumnya.

2. Mengurangi biaya

Inovasi juga bertujuan untuk membantu mengurangi biaya, terutama biaya tenaga kerja. Misalnya banyak mesin atau peralatan yang diciptakan saat ini yang dapat menggantikan tenaga manusia dalam proses produksi. Dengan adanya mesin dan peralatan tersebut maka biaya tenaga kerja produksi akan berkurang. Selain itu, penggunaan mesin dan peralatan dalam proses produksi barang / jasa tertentu menghasilkan kinerja yang lebih baik.

3. Menciptakan pasar baru

Dengan produk yang lebih bernilai sebagai hasil inovasi, pasar baru akan tercipta di masyarakat.

4. Memperluas cakupan produk

Contohnya bisa kita lihat pada bisnis e-Commerce seperti saat ini. Pengusaha memperluas jangkauan produk mereka melalui penggunaan Internet yang dapat diakses oleh lebih banyak pelanggan potensial.

5. Perubahan produk barang dan jasa

Inovasi juga bertujuan untuk menggantikan produk atau jasa yang dianggap kurang efektif / efisien. Salah satunya contohnya kita bisa melihat inovasi yang terjadi pada mesin sepeda motor yang kini lebih irit bahan bakar, bahkan saat ini sudah banyak kendaraan bermotor yang menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya.

6. Mengurangi konsumsi energi

Manusia selalu ingin menghemat konsumsi energi, sehingga banyak inovasi yang dilakukan oleh manusia. Salah satunya dengan adanya sumber energi terbarukan yang memanfaatkan alam, seperti energi matahari, angin dan air, sebagai sumber listrik.

Kesimpulan

Sebagai manusia yang selalu ingin berkembang di berbagai lini bidang, dibutuhkan proses-proses inovasi agar tujuan tersebut dapat terwujudkan. Selain itu, dengan adanya inovasi banyak permasalah sosial dan ekonomi dapat diselesaikan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *