Apa itu Komprehensif? Arti, Tujuan, dan Contoh Penggunaan Kata

Apa itu Komprehensif - Arti, Tujuan, dan Contoh Penggunaan Kata
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Istilah kata komprehensif umum digunakan oleh kalangan akademisi dan praktisi. Kata ini sangat erat kaitannya dengan penelitian, laporan, statistik, dan karya ilmiah lainnya. Di dunia ekonomi bisnis penggunaan kata komprehensif juga sering digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang bersifat menyeluruh.

Nah, lalu apa sih yang dimaksud dengan komprehensif sebenarnya? Apa pengertian komprehensi itu? Dan, bagaimana cara menggunakan dan menempatkan kata komprehensif secara benar dan tepat? Untuk lebih memahaminya, mari kita ulas secara detail.

Pengertian Kata Komprehensif

Secara umum pengertian komprehensif adalah segala sesuatu yang bersifat luas dan lengkap yang mencakup beberapa aspek atau cakupan yang luas. Ada juga yang menjelaskan bahwa arti komprehensif adalah sesuatu yang memiliki pandangan yang luas terhadap sesuatu subjek dan melihatnya dari berbagai aspek, sehingga dapat memahami suatu masalah secara utuh dan diselesaikan dengan cara yang tepat..

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi komprehensi adalah:

  • Mampu menangkap (menerima) dengan baik.
  • Luas dan lengkap (dalam hal cakupan atau isi/konten).
  • Memiliki dan menunjukkan pandangan dan wawasan yang luas.

Istilah kata “komprehensif” itu sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu “comprehensive” yang berarti lengkap, menyeluruh, ekstensif, luas, teliti dan mencakup banyak hal. Pada prinsipnya, istilah ini digunakan untuk mengungkapkan kondisi dimana sesuatu dapat menjelaskan deskripsi yang lengkap dan menyeluruh serta memberikan lebih banyak informasi.

Baca Juga: Arti Konsep dan Unsur-Unsur Dalam Konsep

Perbedaan Komprehensif dan Holistik

  • Pengertian komprehensif adalah sesuatu hal yang bersifat lengkap dan luas, yang meliputi seluruh aspek dan ruang lingkup yang luas.
  • Pengertian holistik adalah cara pandang terhadap sesuatu hal yang dilakukan dengan konsep yang menyeluruh dari satu kesatuan yang lebih penting daripada bagian yang membentuknya.

Penggunaan Istilah Kata Komprehensif Yang Benar

Penggunakan kata komprehensi umum ditemui di berbagai bidang kehidupan, misalnya filsafat, akuntansi, kesehatan, sosial, ekonomi, sains, statistik, dll. Makna komprehensif dalam berbagai bidang adalah sebagai berikut:

  • Pengertian komprehensif di bidang kesehatan, yakni penanganan yang dilakukan secara terus menerus terhadap bayi dan ibu sejak bayi dalam kandungan hingga lahir.
  • Definisi komprehensif dalam bidang filsafat, adalah suatu cara berfikir filosofis yang mempelajari segala sesuatu secara menyeluruh sehingga tidak ada bagian yang tertinggal atau keluar darinya.
  • Arti komprehensif di bidang ilmu akuntansi, adalah prinsip membuat akun laba dan rugi untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode akuntansi
  • Arti komprehensif di bidang pelayanan, yaitu pelayanan yang diberikan secara menyeluruh yang mencakup upaya preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif bagi pelanggan atau masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Pengertian Sistem, Jenis-Jenis, Elemen dan Unsur-Unsur di Dalamnya

Contoh Penggunaan Istilah Kata Komprehensif

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata komprehensif:

  • Rumah Sakit Pemda Jakarta menyediakan layanan komprehensif kepada pasien bencana banjir.

    Maksud dari kalimat diatas yaitu bahwa Rumah Sakit Pemda Jakarta memberikan pelayanan yang menyeluruh, dengan upaya preventif, kuratif dan rehabilitatif bagi pasien bencana banjir.
  • Berita komprehensif yang dipublish oleh situs medium.com akhirnya membuat publik memahami masalah kesenjangan sosial secara umum.

    Maksud dari kalimat diatas yaitu pemberitaan tentang suatu fakta yang disajikan secara utuh dan dipelajari dari berbagai aspek untuk menarik suatu kesimpulan.
  • PT. Lentera Biru melaporkan pendapatan komprehensif yang diperoleh pada Q2 tahun 2020.

    Makna lengkap dari ungkapan tersebut adalah laba perusahaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor di luar operasi normal perusahaan, misalnya saja manfaat perubahan nilai tukar mata uang asing.
  • Setiap kampus di Indonesia harus melaksanakan ujian komprehensif untuk semua mahasiswa semester akhir.

    Maksud dari kalimat tersebut adalah ujian yang mencakup semua aspek bidang pengetahuan tertentu. Dengan ujian ini pihak kampus dapat meninjau apakah seorang mahasiswa layak dinyatakan lulus atau tidak.

Kesimpulan

Penggunaan kata komprehensif dapat digunakan di banyak subjek pembahasan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *