Apa itu Manajemen Waktu? Pengertian, Tips, dan Manfaatnya Dalam Karir

Apa itu Manajemen Waktu - Pengertian, Tips, dan Manfaatnya Dalam Karir
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme, kita harus dapat mengelola waktu dengan baik. Manajemen waktu dengan metode yang tepat akan menghasilkan sesuatu yang kita inginkan. Ada banyak program dan aplikasi yang untuk memudahkan kita dalam mengelola waktu secara efektif. Dengan alat bantu aplikasi tersebut kita akan mendapatkan reminder apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu berdasarkan perilaku dan skala prioritasnya.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan manajemen waktu sebenarnya? Apa pengertian manajemen waktu menurut para ahli? Bagaimana cara mengelola waktu yang baik agar meningkatkan kinerja dan karir? Dan, apa saja manfaat dari memenej waktu bagi perkembangan karir kita? Untuk dapat memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen Waktu?

Yang dimaksud dengan manajemen waktu (time management) adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian produktivitas waktu. Waktu merupakan sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar orang atau organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Selain itu, pengertian manajemen adalah metode atau cara menggunakan dan mengatur setiap bagian waktu dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan, disusun dan harus diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Adapun tujuan utama manajemen waktu adalah melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien. Keefektifan dalam suatu pekerjaan dapat ditinjau dari pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditentukan dalam mengelola waktu sebelumnya. Indikator keberhasilannya dilihat dari ketepatan waktu dan hasil yang sesuai standar atau SOP.

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Pengertian Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara rinci mengenai pengertian manajemen waktu sebagai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian produktivitas waktu yang berhubungan dengan pekerjaan. Berikut ini pemaparan para ahli tersebut:

1. Widyastuti

Pengertian manajemen waktu (time management) adalah kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan, dan melaksanakan tanggung jawab individu untuk kepuasan individu tersebut.

2. Atkinson

Manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencana sehingga individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan lebih baik.

3. Orr

Pengertian manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk keuntungan yang maksimal.

4. Hynes

Pengertian manajemen waktu adalah proses personal dengan menggunakan analisis dan perencanaan dalam penggunaan waktu untuk meningkatkan keuntungan dan efisiensi.

5. Davidson

Pengertian manajemen waktu adalah suatu cara untuk memanfaatkan waktu dengan baik dimana seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja dengan lebih cerdas.

6. Forsyth

Pengertian manajemen waktu adalah cara pengendalian waktu untuk menjamin terciptanya efisiensi dan efektivitas, serta produktivitas.

7. Leman

Pengertian manajemen waktu (time management) adalah pemanfaatan dan penggunaan waktu sebaik mungkin, secara optimal dengan merencanakan kegiatan secara terorganisir dan matang. Dengan mengelola waktu dengan baik, waktu dapat direncanakan dan digunakan secara efektif dan efisien, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

8. Frederick Winslow Taylor

Pengertian manajemen waktu adalah proses pencapaian tujuan utama hidup sebagai akibat dari mengesampingkan aktivitas tidak berarti yang seringkali membutuhkan banyak waktu.

9. Akram

Manajemen waktu (time management) adalah penggunaan waktu yang tersedia untuk melakukan hal-hal penting yang dicatat di meja kerja.

Baca Juga: Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Tips dan Trik Manajemen Waktu Untuk Membangun Karir

Dengan mengelola waktu yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan suatu bisnis atau pekerjaan. Berkaitan langsung dengan mengelola waktu, seseorang dapat mengatur dan menjadwalkan setiap kegiatan sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan benar dan tepat waktu.

Cara atau metode seperti ini seringkali dipandang sebelah mata oleh para pengusaha pemula, atau orang yang baru merintis karirnya, walaupun menerapkan sistem manajemen waktu yang baik untuk berbisnis dapat meningkatkan peluang untuk sukses dalam bisnis yang sedang dikembangkan. Nah, berikut beberapa tips mengelola waktu agar mencapai kesuksesan:

1. Buat dan Tentukan Skala Prioritas

Saat memutuskan untuk memulai bisnis, jelas Anda perlu mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang menyita waktu. Bahkan, seringkali pengusaha merasa bahwa 24 jam yang dimiliki tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Oleh karena itu, dengan banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang harus Anda lakukan, Anda harus membuat skala prioritas.

Buatlah daftar pekerjaan yang perlu Anda lakukan, seberapa penting itu, dan kapan itu harus diselesaikan. Anda dapat membuat jenis daftar yang berisi daftar tugas yang harus diselesaikan, dimulai dengan tugas terpenting yang dianggap memiliki waktu tenggang paling banyak.

2. Disiplin Dengan Waktu Yang Telah Ditentukan

Sebagaimana dijelaskan dalam pengertian manajemen waktu (time management) bahwa tujuan utamanya adalah untuk menyelesaikan tujuan sesuai dengan periode waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan diri bekerja dengan disiplin waktu yang tinggi, yaitu tidak menunda pekerjaan.

Jika anda terus memupuk sikap tidak disiplin tersebut, maka hal yang demikian akan menyebabkan pekerjaan semakin menumpuk dan tidak segera diselesaikan. Tentunya itu akan merugikan Anda dan akan menurunkan reputasi bisnis Anda.

3. Fokus Pada Apa Yang Harus Dilakukan

Jika Anda sudah membuat daftar tugas yang harus dikerjakan atau yang kita kenal dengan “to do list”, usahakan selalu fokus pada pekerjaan Anda tersebut. Cobalah untuk melakukan apa yang telah Anda jadwalkan dan jangan mudah tergoda oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Sebagai contoh, bermain game di smartphone Anda, menonton youtube atau netflix di waktu kerja, terlalu lama bersosial media tanpa tujuan yang jelas, atau tertidur saat bekerja. Perilaku yang seperti ini dapat menunda kesuksesan Anda, bahkan jika ditinjau lebih lanjut yang akan Anda hadapi adalah kegagalan yang besar.

4. Kelola Waktu Untuk Jangka Panjang

Pebisnis yang sukses adalah sekelompok orang yang selalu sibuk dengan pekerjaan dan bagi mereka pekerjaan adalah prioritas utama. Ketika Anda memiliki waktu luang karena semua pekerjaan sudah selesai, maka jangan membuang waktu Anda sia-sia.

Jadikan waktu Anda berharga untuk mengembangkan karir, baik dalam pekerjaan dan bisnis. Anda dapat menggunakan waktu luang untuk merencanakan bisnis jangka panjang atau menetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Intinya, sebagaimana dalam pemaparan pengertian manajemen waktu diatas, tujuannya adalah menyelesaikan dan mencapai tujuan bisnis sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga: Arti Attitude dan Peran Attitude Dalam Mengembangkan Karir

Manfaat Manajemen Waktu Dalam Mengembangkan Karir Profesional

Bagi pemula yang baru membangun bisnis, mengelola waktu tidak dapat dikesampingkan dan harus menjadi prioritas utama dalam hal pencapaian tujuan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengelola waktu untuk pribadi dan organisasi:

  1. Membantu orang atau organisasi menentukan skala prioritas. Contohnya, menentukan tingkat urgensi untuk melakukan suatu kegiatan.
  2. Membantu mengurangi kecenderungan untuk menunda pekerjaan yang akan diselesaikan.
  3. Akan membantu mencegah konfrontasi sementara dengan melakukan dua pekerjaan atau lebih dalam satu waktu.
  4. Dapat membantu proses evaluasi pekerjaan individu atau organisasi.
  5. Dalam kehidupan pribadi, manajemen waktu (time management) dapat ditinjau dari penggunaan waktu yang baik untuk bekerja dan juga untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan.
  6. Kemampuan individu untuk mencapai produktivitas dan efisiensi yang tinggi
  7. Memiliki dan meningkatkan reputasi profesional yang lebih baik.
  8. Menghindari tekanan, dan stres akan berkurang.
  9. Membantu meningkatkan peluang sukses
  10. Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan peluang menggapai karir yang lebih baik.

Kesimpulan

Setiap orang ingin meraih kesuksesan secepat mungkin, namun kita sering melupakan proses. Dalam proses ada pelajaran yang paling berharga yaitu kesabaran, kegigihan, dan tekad. Jika kita mampu mengelola waktu (time management) secara efektif maka kesuksesan sedang menanti kita.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *