Apa itu MLM dan Bagaimana Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Aman?

Apa itu MLM dan Bagaimana Cara Memilih Bisnis MLM yang Terpercaya_

Jika kita berbicara membahas bisnis MLM, mungkin sebagian dari Anda akan sinis dan ingin segera mengakhiri pembicaraan tersebut karena menganggap bisnis ini scam. Padahal, bisnis ini sangat berkembang di Indonesia, apalagi di zaman teknologi modern seperti saat ini. Kemajuan teknologi yang semakin modern membuat bisnis berjaringan (network) ini berkembang semakin pesat di Indonesia.

Bisnis MLM (Network Marketing) mulai populer di Indonesia sejak awal tahun 2000-an, sejak saat itu banyak pelaku bisnis yang menjual berbagai jenis produk yang mengadopsi sistem tier (berjenjang) ini di Indonesia. Dari produk obat-obatan, kosmetik, fashion dan produk lainnya.

Lalu, apa sih sebenarnya bisnis MLM dan bagaimana bisnis ini berkembang di Indonesia? Untuk memahami dan mempelajarinya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Baca Juga: Cara Mencari Uang Halal di Internet Itu Mudah, Kamu Siap!

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis MLM Itu?

Bisnis MLM atau singkatan dari multi level marketing adalah strategi pemasaran dimana pemasar atau penjual tidak hanya mendapat kompensasi atas penjualan yang mereka lakukan saja, tetapi juga atas penjualan-penjualan lain yang dihasilkan dari member yang mereka rekrut.

Ada beberapa istilah yang umum digunakan dalam bisnis MLM, diantaranya seperti, penjualan piramida, pemasaran jaringan dan pemasaran berantai. Berdasarkan informasi dari U.S. Federal Trade Commission, banyak perusahaan yang menggunakan sistem MLM yang mengeksploitasi anggotanya untuk mendongkrak penjualan produk dan mendulang keuntungan yang lebih besar.

Biasanya pebisnis MLM menjual produknya langsung ke konsumen. Dan konsumen ini sebagian besar adalah orang yang paling dekat atau memanfaatkan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth marketing).

Dalam bisnis multilevel marketing, ada hal-hal terkait seperti upline dan downline. Oleh karena itu, untuk mengembangkan bisnis ini, kita perlu mengajak orang lain untuk bergabung bersama kita. Semakin besar bentuk jaringan paramida yang kita buat, semakin besar potensi keuntungan yang akan kita dapatkan.

Namun, kita harus hati-hati dalam memilih bisnis ini, karena sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan aneh yang menggunakan istilah bisnis MLM, sistemnya tidak jelas dan itu hanya ingin menipu mitra bisnisnya. Agar Anda tidak tertipu dengan bisnis seperti ini, berikut ini cara memilih bisnis MLM yang baik dan aman.

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

Tips Memilih Bisnis MLM Yang Legit, Terpercaya dan Aman

Agar aktivitas bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang, memilih binis MLM yang terpercaya merupakan suatu keharusan. Berikut ini beberapa tips memilih bisnis MLM yang baik dan aman:

  1. Memilih Bisnis MLM Yang Hanya Terdaftar di APLI

    APLI adalah asosiasi penjual langsung Indonesia. Asosiasi ini merupakan forum seluruh perusahaan MLM di Indonesia. Di Indonesia, untuk penjualan langsung belum ada aturan hukum yang jelas. Karena itu beberapa perusahaan MLM berinisiatif membentuk APLI, maka ada kode etik dalam pengelolaan bisnis ini.

    Ini juga bertujuan untuk mengurangi penipuan hingga milyaran rupiah. Perusahaan yang mendaftar APLI harus memenuhi beberapa persyaratan. Oleh karena itu, mendaftar di APLI tidaklah mudah. Perusahaan-perusahaan MLM yang terdaftar di APLI telah dikonfirmasi keamanannya.
  2. Pilih Perusahaan MLM Yang Menawarkan Beragam Produk

    Untuk mudah mendapatkan downline atau member atau orang yang ingin membeli produk Anda, sebaiknya pilihlah perusahaan MLM yang menawarkan beberapa jenis produk. Dengan cara ini Anda dapat menawarkan banyak item, tidak hanya satu atau dua item. Apalagi jika barang yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari. Misalnya berbagai produk kesehatan, produk kecantikan dan produk fashion.

    Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk yang dipasarkan. Pastikan produk yang dijual berkualitas baik. Sebelum bergabung dengan perusahaan, Anda bisa mencoba barang-barang yang mereka jual. Jika menurut Anda itu bagus, bergabunglah dengan bisnis MLM.
  3. Bisnis MLM Harus Berbadan Hukum

    Untuk menjamin keamanan bisnis MLM, pastikan memiliki badan hukum yang jelas. Di Indonesia, perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis harus berbadan hukum. Apalagi jika bisnis yang dijalankan berskala besar.

    Misalnya, perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas (PT) harus memiliki NPWP dan SIUPL. Anda bisa melihatnya di deskripsi perusahaan. Dengan badan hukum yang jelas membuat konsumen yang menggunakan produknya menjadi lebih aman.
  4. Uplines dan Downline Yang Saling Membantu

    Pilih perusahaan MLM, yang mana upline dan downline saling membantu, upline rela mengajarkan sistem yang ada pada perusahaan dan mengajarkan kesuksesan bersama. Ada banyak perusahaan MLM, yang hanya melepaskan member mereka tanpa kejelasan. Akhirnya, anggota baru tidak aktif dan akhirnya keluar. Walaupun hal ini juga akan merugikan upline.

    Jadi pastikan perusahaan MLM tidak hanya menggunakan member untuk menjual produk tanpa memberikan pelatihan apa pun, tanpa mentor, atau diajari strategi pemasaran dan pengetahuan lainnya. Jadi anda perlu memilih perusahaan MLM yang memiliki sistem yang baik dan sukses bersama.
  5. Distributor MLM Memiliki Support Sistem Yang Baik

    Untuk berhasil menjalankan bisnisnya, perusahaan MLM membutuhkan perusahaan distribusi untuk mendistribusikan semua produknya. Ketika sebuah perusahaan MLM memiliki distributor yang baik, tentunya hal tersebut berpengaruh pada kualitas perusahaan itu sendiri. Distributor berfungsi untuk mengantarkan barang ke konsumen.

    Jika ada masalah dengan distributor, barang tidak akan cepat sampai ke anggota MLM dan sistem pemasaran terhenti. Pastikan sistem yang mereka gunakan sudah teruji dan berkualitas, dan tidak ada masalah.
  6. Sistem Yang Adil Untuk Semua Anggota

    MLM memiliki sistem pemasaran yang bertingkat. Jadi ketika downline sukses menjual produk, upline pasti diuntungkan. Anggota yang baru pertama kali bergabung tentunya harus berjuang lebih keras hingga mendapatkan jaringan yang lebih banyak. Ada beberapa jenis mlm yang sistemnya kurang baik, kondisi yang diberikan terlalu berat dan tidak masuk akal.

    Pastikan bisnis MLM yang Anda pilih memiliki sistem yang adil untuk semua anggota. Oleh karena itu, semua anggota harus bekerja sama. Tidak hanya downline, tapi upline harus bekerja untuk menjadi sukses. Upline tidak hanya santai dan mendapatkan keuntungan dari kerja keras downline.
  7. Harga Jual Produk Yang Wajar

    Penetapan harga merupakan tips penting dalam memilih bisnis MLM. Pastikan mereka memiliki harga yang wajar untuk produk tersebut. Sehingga bisa diterima oleh semua orang. Tidak hanya dibeli oleh kelompok tertentu. Ini akan membuat proses pemasaran Anda lebih mudah. Pastikan banyak orang juga mengetahui produknya.

    Intinya, pilihlah perusahaan multilevel marketing yang menyediakan sistem pemasaran yang masuk akal. Hindari memilih perusahaan yang menjanjikan banyak keuntungan dengan mudah tetapi tidak menjual produk apa pun.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Patut Anda Coba

Perusahaan MLM Terbaik Yang Bisa Anda Pilih

Sekarang di Indonesia ada banyak perusahaan MLM baru. Tapi apakah mereka semua menerapkan prinsip bisnis MLM yang baik dan aman kepada membernya? Tentu tidak semuanya. Berikut adalah beberapa perusahaan yang telah menerapkan sistem MLM dalam pemasaran produknya sejak lama dan terus eksis di Indonesia.

  1. ABENetwork

    MLM AbeNetwork (komunitas bisnis ABE) didirikan pada tahun 2008. Hingga saat ini, tetap menjadi salah satu bisnis terpopuler. Selain itu, masyarakat Indonesia juga mencari produk dari bisnis ini yaitu produk jamu untuk kesehatan dan pasangan. Untuk bergabung menjadi member Anda bisa mendaftar dari situs ini www.abenetwork.com.
  2. Oriflame

    Sebenarnya Oriflame adalah perusahaan luar yang menjual berbagai kosmetik dan pemasaran menggunakan sistem MLM. Di Indonesia sendiri terdapat komunitas para pengusaha MLM yang khusus memasarkan produk Oriflame, contohnya dBC Network. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi situs www.dbc-network.com.
  3. K-Link

    MLM K-Link ini didirikan pada tahun 2002. K-Link merupakan bisnis MLM yang memasarkan berbagai jenis produk, mulai dari produk kesehatan hingga produk kecantikan feminin hingga produk perawatan mobil dan rumah. Silahkan kunjungi website resmit www.k-link.co.id untuk informasi lebih selengkapnya.
  4. CNI

    CNI awalnya bernama PT. Sun Chlorella Tama, berganti nama menjadi CNI pada tahun 1992. CNI merupakan salah satu pioneer bisnis MLM asli Indonesia yang masih eksis hingga saat ini. Jenis produk yang dijual adalah suplemen kesehatan. Kunjungi website situs resmi www.cni.co.id untuk menjadi member.
  5. Tupperware

    Perusahaan Tupperware bergerak di bidang penjualan produk plastik rumah tangga. Tupperware hanya menjual produk plastik tahan lama, tidak seperti produk MLM lain yang menjual produk habis pakai, sehingga pembelian berulang akan dilakukan. Untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi situs resmi www.tupperware.co.id.
  6. Sophie Martin

    Bisnis MLM ini telah berdiri sejak tahun 1994. Produk yang dijual cukup beragam dan biasanya berkaitan dengan gaya hidup masyarakat saat ini. Beberapa produknya antara lain kacamata, dompet, jam tangan, jaket, tas, pakaian dan lain-lain. Silahkan kunjungi situs resminya untuk menjadi membernya www.sophiemartinindonesia.com.
  7. Tiens atau Tianshi

    MLM Tiens sebelumnya dikenal dengan nama Tianshi, sebuah bisnis MLM yang menjual produk-produk herbal asal China. Seperti perusahaan MLM lainnya, Tiens banyak mendapatkan sentimen negatif dan sedikit kontroversi di masyarakat. Meski demikian, hingga saat ini Tiens tetap eksis dengan produk herbal-nya. Anda bisa kunjungi website resmi tiens.co.id untuk informasi lebih lanjut.
  8. Amway

    MLM Amway berasal dari Malaysia yang merambah bisnis ke Indonesia pada tahun 1993. Produk-produk yang dijual adalah produk pembersih rumah tangga, produk kecantikan dan kesehatan, nutrisi bahkan produk pengolahan air yang sehat. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi situs resminya di www.amway.my.

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat memacu pertumbuhan bisnis baru dengan sangat cepat. Anda bisa menghasilkan uang dari Internet dengan mudah dan berbiaya murah. Sudah saatnya masyarakat Indonesia beralih ke ekonomi digital yang banyak memberikan kemudahan dan kepraktisan. Selamat Mencoba!

Dan, jika masih ada perusahaan MLM yang belum disebutkan? Silahkan bagikan komentar di bawah ini. Terima Kasih

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *