Apa itu Sampah? Pengertian, Dampak, Jenis, dan Cara Penanganan Sampah

Apa itu Sampah Pengertian, Dampak, Jenis, dan Cara Penanganan Sampah

Sampah merupakan masalah utama manusia jika tidak dikendalikan dengan baik. Ada berbagai macam masalah akan timbul, seperti masalah banjir, buruknya kesehatan suatu masyarakat, polusi tanah, polusi udara, polusi air, dan lainnya. Sisa pembuangan rumah tangga atau industri merupakan penyebab munculnya penyakit-penyakit baru yang belum ada obatnya.

Nah, untuk memahami lebih dalam mengenai, apa itu sampah? Apa pengertian sampah menurut kajian para ahli? Apa saja jenis-jenis sampah? Apa saja dampak sampah? Dan, bagaimana cara menanggulangi dan mengelola sampah secara tepat? Mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Apa itu Sampah?

Yang dimaksud sampah adalah bahan limbah yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik industri maupun rumah tangga. Selain itu, pengertian sampah adalah sesuatu yang tidak diinginkan manusia setelah proses / pemanfaatannya selesai.

Bahan limbah adalah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, atau tumbuhan yang tidak dimanfaatkan. Bentuk residu ini bisa berbentuk padat, gas cair.

Baca Juga: Pengertian Ekologi dan Manfaatnya Bagi Makhluk Hidup

Pengertian Sampah Berdasarkan Kajian Para ahli

Untuk lebih memahami apa itu sampah, kita dapat mengacu pada pendapat dari berbagai ahli tentang pengertian sampah. Berikut pengertian sampah menurut para ahli:

1. Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Definisi sampah adalah produk yang berasal dari aktivitas manusia yang sudah tidak digunakan lagi, tidak dipakai lagi, tidak disukai atau dibuang begitu saja.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Yang dimaksud dengan sampah adalah benda yang dibuang oleh pemiliknya karena tidak lagi digunakan atau diinginkan, misalnya kotoran, kaleng minuman, daun, kertas, dan lain sebagainya.

3. Basriyanta

Sampah adalah bahan yang sudah tidak terpakai lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya, namun sampah masih bisa dimanfaatkan jika di daur ulang menjadi sesuatu yang baru.

4. Tanjung

Yang dimaksud sampah adalah barang yang sudah tidak berguna lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

5. Juli Soemirat

Pengertian sampah adalah barang padat yang dihasilkan dari aktivitas manusia yang sudah tidak diinginkan lagi.

6. Azwar

Pengertian sampah adalah bagian dari sesuatu yang tidak dimanfaatkan, tidak disukai atau dapat dikeluarkan yang biasanya berasal dari kegiatan manusia (termasuk kegiatan industri), tetapi bukan biologis karena kotoran manusia tidak termasuk. .

7. Bahar

Pengertian sampah adalah unsur yang harus memiliki sifat padat yang tidak lagi dimanfaatkan dan dibuang, sehingga komoditas tersebut tidak dapat terurai sempurna oleh alam yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan.

8. Wijaya Jati

Pengertian sampah secara sederhana merupakan konsekuensi sisa dari segala aktivitas manusia.

Baca Juga: Apa itu Sanitasi? Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Manfaat

Jenis Sampah

Setelah memahami penjelasan pengertian sampah diatas, tentunya kita juga harus mengetahui jenisnya. Berbagai jenis sampah dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kelompok. Jenis-jenis sampah tersebut adalah:

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

  1. Limbah manusia
  2. Sampah dari alam
  3. Sampah konsumsi
  4. Sampah industri
  5. Limbah radioaktif atau nuklir
  6. Limbah pertambangan

2. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

  1. Sampah organik (biodegradable)
    Yang dimaksud sampah organik adalah sampah yang dapat membusuk dan mengurai sehingga dapat diolah menjadi kompos. Contohnya sisa makanan, daun kering, sayur mayur dan lain-lain.
  2. Sampah anorganik (undegradable)
    Sampah organik diartikan sebagai sampah yang sulit terurai dan tidak dapat terurai. Namun sampah organik bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Contohnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas dan lain-lain.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuk

Sampah dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan bentuknya, antara lain:

  1. Sampah padat
    Sampah adalah bahan yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). Jenis sampah tersebut antara lain plastik bekas, pecahan kaca, kaleng bekas, sampah dapur dan lain-lain.
  2. Limbah cair
    Limbah cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang di tempat sampah. Misalnya limbah cair dari toilet, cairan dapur, dan laundry.

Pengelolaan Sampah Yang Tepat dan Efektif Dengan Metode 3R

Jika mengacu pada pengertian sampah dan jenisnya, maka perlu dilakukan pengelolaan dan penanganan sampah dengan baik. Berdasarkan pada informasi Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang pada tahun 2008, pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan metode 3R. Berikut penjelasan tentang pengelolaan sampah 3R:

  1. Reuse (Penggunaan Kembali)
    Reuse adalah metode pengelolaan sampah yang secara langsung menggunakan kembali sampah, baik untuk fungsi yang sama maupun untuk fungsi lainnya.
  2. Reduce (Mengurangi)
    Reduce merupakan metode pengelolaan sampah dengan mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan pemborosan.
  3. Recycle (mendaur ulang)
    Recycle metode pengelolaan sampah dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara dan Solusi Pencegahan

Dampak Sampah Bagi Kehidupan Masyarakat

Secara umum sampah berdampak buruk bagi masyarakat. Menurut kajian Gelbert (1996), ada tiga dampak sampah bagi manusia dan lingkungan:

1. Dampak sampah bagi kesehatan

Penanganan sampah yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat sekitar. Limbah ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, seperti:

  1. Penyakit diare, tifus, kolera.
  2. Penyakit cacingan
  3. Penyakit jamur

2. Dampak limbah terhadap lingkungan

Selain berdampak negatif bagi kesehatan manusia, penanganan yang tidak tepat juga berdampak buruk bagi lingkungan. Sampah yang menumpuk di saluran air seringkali menyebabkan aliran air tidak berjalan lancar dan dapat menyebabkan banjir. Selain itu, limbah cair di sekitar saluran air akan berbau tidak sedap.

3. Dampak sampah terhadap perekonomian

Penanganan sampah yang tidak tepat juga berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi. Beberapa di antaranya seperti:

  1. Meningkatnya biaya kesehatan akibat penyakit
  2. Kondisi lingkungan yang tidak bersih akibat penanganan limbah yang tidak tepat. Hal tersebut pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat secara luas.

Kesimpulan

Dari pemaparan lengkap mengenai pengertian sampah, dapat disimpulkan jika dikelola dengan baik limbah sampah dapat memberikan manfaat lain, seperti inovasi baru suatu produk yang dihasilkan dari limbah, limbah organik yang dapat dijadikan pupuk pertanian, dan lainnya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *