Apa perbedaan Antara Chief of Officer dan Chief of Staf?

Apa perbedaan Antara Chief of Officer dan Chief of Staf?
Photo by mentatdgt from Pexels

Pembahasan ini paling sering muncul dalam percakapan setelah Anda menjelaskan bagaimana Chief of Staf bukanlah asisten eksekutif, melainkan tangan kanan seorang pemimpin, yang sering mengelola proyek, membuat rencana strategis, dan terutama di perusahaan baru atau organisasi kecil lainnya, mengawasi banyak aspek operasional bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, manajemen risiko, dll.

Melihat perbedaan yang tumpang tindih dalam peran COO (Chief of Officer) dan COS (Chief of Staf) yang menjadi Sorotan. Ada beberapa perbedaan utama diantara keduanya, yaitu:

1. Loyalitas

Loyalitas seorang Chief of Staf selalu kepada pemimpinnya, berbeda dengan organisasi secara keseluruhan. Bukan berarti keduanya tidak loyal kepada pimpinan. Tetapi fokus Chief of Officer (COO) paling sering adalah pada kesehatan organisasi secara keseluruhan, sedangkan fokus Chief of Staf (COS) adalah mendukung CEO untuk menjadi pemimpin terbaik bagi organisasi.

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan antara Biaya dan Beban Dalam Akuntansi Bisnis

2. Cara Kerja

Seorang kepala staf (COS) mendukung seorang CEO secara langsung dengan cara yang tidak dilakukan oleh seorang COO. Hal-hal seperti menguraikan prioritas pribadi CEO dan memastikan waktu mereka selaras dengan itu, menyusun komunikasi untuk CEO, dan mendukung hubungannya dengan bawahan langsung. Sementara area lain dari pekerjaan mereka tumpang tindih, Anda biasanya tidak akan melihat COO bekerja dengan CEO dengan cara ini.

3. Ruang Lingkup

Seorang kepala staf senang keluar dari pusat perhatian. Kepala staf terbaik adalah pemimpin yang melayani, yang fokus pertama dan terutama untuk melayani CEO, dan mengangkat mereka menjadi pemimpin terbaik yang mereka bisa. Mereka berkembang bekerja di belakang layar, memastikan sorotan tepat pada pemimpin mereka. Ini bukan untuk mengatakan bahwa seorang kepala staf tidak dapat atau tidak tertarik untuk berkembang menjadi peran kepemimpinan yang lebih publik kedepannya, tetapi dalam peran tersebut, mereka seringkali kurang menghadap ke luar daripada seorang COO.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan UMR dengan Gaji Pokok Yang Perlu Diketahui?

Dalam organisasi yang lebih kecil, seorang Chief of Staf (COS) terkadang terlihat seperti COO, mengingat tugas operasional yang tumpang tindih. Namun seiring pertumbuhan organisasi, sangat sering kita melihat perusahaan menggunakan kepala staf di samping peran lain seperti COO dan asisten eksekutif untuk memastikan operasi yang ketat di seluruh kantor CEO dan organisasi yang lebih luas. Jika Anda mempertimbangkan peran mana yang tepat untuk tim Anda, kami harap uraian ini adalah cara yang membantu untuk memikirkan perbedaannya.

1 Shares:
Leave a Reply