Aplikasi Keren Untuk Membuat Website Terbaik Yang Wajib Dicoba

Aplikasi Keren Untuk Membuat Website Terbaik Yang Wajib Dicoba
Photo by Le Buzz on Unsplash

Website saat ini telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya yaitu untuk bisnis. Terlebih ada banyak penawaran hosting murah bulanan yang saat ini tersedia. Hal tersebut tentu membawa udara segar bagi para pelaku usaha yang ingin membuat dan memilikinya.

Namun, tidak sedikit dari pengguna internet yang masih kesulitan menemukan aplikasi yang paling tepat untuk membuat website. Banyaknya pengembang aplikasi yang saat ini berlomba-lomba memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Dengan adanya berbagai jenis aplikasi untuk membuat website akan membuat para pelaku bisnis memiliki banyak opsi dalam memaksimalkan peluang usaha.

9 Daftar Aplikasi Membuat Website Terbaik

Seiring banyaknya penawaran hosting murah, aplikasi untuk membuat website pun tersedia cukup beragam. Bagi yang bingung memilih aplikasi yang cocok, berikut kami rekomendasikan beberapa aplikasi terbaik kepada Anda:

1. Platform WordPress

Hingga saat ini, WordPress masih menjadi platform terpopuler untuk membuat website. Tersedia di banyak layanan hosting murah. WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sejatinya bukanlah aplikasi. Platform ini merupakan file dan berbentuk website dengan layanan instan.

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan berbayar untuk para developer. Salah satu keunggulannya adalah, sangat mudah sekali digunakan. Nantinya, Anda tinggal mengkombinasikannya dengan plugin builder, seperti Divi, Guttenberg, maupun Elementor.

Anda juga bisa mengoptimalkan WordPress dengan cara beli hosting dan domain di penyedia web hosting. Ada banyak sekali pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mencobanya sebelum membeli, Anda bisa memanfaatkan trial 30 hari yang ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan.

2. Aplikasi PageBreeze

Aplikasi pembuat website yang satu ini tergolong sangat sederhana. Interface-nya sangat mudah digunakan. Kelebihannya ini, memungkinkannya untuk digunakan oleh para web developer pemula.

PageBreeze juga menyediakan sebuah fitur pengedit yang dapat memudahkan Anda. Salah satunya yaitu fitur untuk mengedit sekaligus melihat hasil kerjaan yang sedang Anda proses.

Selain itu, ada banyak fitur-fitur unggulan lainnya yang ditawarkan. Adapun fitur-fiturnya seperti template website gratis, mode pratinjau, daftar sumber kode warna, fitur membuat form, dan masih banyak lainnya.

3. Aplikasi InVision Studio

Aplikasi ini, merupakan salah satu pembuat website yang menawarkan banyak sekali fitur. Cocok sekali untuk kebutuhan kerja para web developer maupun programmer profesional. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki interface dengan tampilan yang interaktif dan menarik.

InVision Studio, juga bisa Anda gunakan untuk menciptakan Prototyping, mengonversi website jadul menjadi lebih modern dan responsif, dan masih banyak kelebihan lainnya. Anda juga bisa menggunakan dengan sistem desain untuk menyelaraskan tampilan website.

Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan tools yang responsif. Dibekali juga dengan sebuah layout engine yang dapat secara otomatis menyesuaikan tampilan desain web baik untuk tablet, maupun desktop. Fitur-fitur ini, terbukti mampu menghemat waktu saat pembuatan web.

4. Aplikasi Adobe Dreamweaver

Sudah cukup lama Adobe Dreamweaver menjadi salah satu aplikasi pembuat web yang paling direkomendasikan. Aplikasi ini, mampu membantu para pembuat website untuk merancang, mengedit, hingga menerbitkan website.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini, yaitu terletak pada fiturnya yang sangat lengkap. Cocok untuk para pemula, maupun para profesional yang bergelut dalam bidang web developer.

Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi yang fleksibel. Karena, bahasa pemrogramannya cukup lengkap mulai dari PHP, CSS, HTML, JSP, XML, JavaScript, dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengatur tata letak dan juga desain template khusus WordPress, Joomla, dan Drupal.

5. Aplikasi Bluefish Editor

Bagi Anda yang baru terjun di dunia web developer, pasti cukup awam dengan nama yang satu ini. Pasalnya, Bluefish Editor merupakan aplikasi pembuat website yang jarang dipakai. Aplikasi ini kalah pamor dengan brand-brand lain yang lebih powerfull.

Namun, meskipun jarang dipakai dan kalah populer, aplikasi ini bisa dikatakan cukup bagus. Pasalnya, Bluefish Editor memiliki beberapa fitur yang cukup unggul untuk membuat website.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki keunggulan pada fitur autocomplete, mampu berjalan cross platform, dan juga memiliki resource yang ringan.

6. Aplikasi Sketch

Berbeda dari Bluefish Editor, aplikasi Sketch merupakan platform website yang banyak digunakan. Aplikasi ini berbasis vektor yang canggih. Selain itu, sangat powerfull untuk membuat sebuah prototype dan juga interface secara kolaboratif.

Sketch merupakan platform yang dirancang khusus untuk membuat aplikasi dan website. Itulah kenapa, fitur-fiturnya tidak akan merusak interface. Sketch juga merupakan aplikasi yang cepat, efisien, dan memiliki fitur yang lengkap.

Bahkan, aplikasi ini bisa disejajarkan dengan Photoshop yang juga bisa digunakan untuk membuat desain web. Pasalnya, Sketch jauh lebih ringan dibandingkan dengan Photoshop. Selain itu, fiturnya pun user friendly sehingga cocok juga untuk para pemula.

7. Aplikasi Bootstrap

Bagi Anda yang sudah terjun di dunia web developer, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Bootstrap adalah aplikasi web yang sangat populer. Aplikasi ini, pertama kali diluncurkan pada bulan November tahun 2019.

Bootstrap dapat memudahkan kita saat menentukan jumlah kolom pada breakpoint. Itulah kenapa, membuat website menggunakan aplikasi yang satu ini jauh lebih efisien.

Selain itu, baru-baru ini, Bootstrap telah meluncurkan sebuah Icon Library baru. Fitur tersebut bersifat open source yang diberi nama Bootstrap Icons. Fitur tersebut dirancang agar aplikasi dapat sinkron dengan berbagai komponen Bootstrap yang lain.

8. Aplikasi Affinity Photo

Fungsi dari Affinity Photo hampir sama dengan Photoshop. Namun, aplikasi ini sering digunakan untuk mendesain interface pada sebuah website. Karena aplikasinya khusus untuk interface website, maka sangat ringan sekali digunakan pada PC dengan spek standar.

Affinity Photo sangat cocok sekali untuk PC yang terasa berat saat menggunakan Photoshop. Karena, kinerja aplikasi yang satu ini tergolong sangat ringan sekali. Bahkan, saat ini tersedia juga versi Ipad untuk memudahkan proses kerja Anda.

9. Notepad ++

Saat ini, aplikasi Notepad ++ hadir dengan penampilan yang jauh lebih sempurna. Penampilannya tampak bersih dan juga sederhana. Aplikasinya tampak sederhana dan tidak ramai meskipun memiliki banyak sekali fitur di dalamnya.

Kini, Notepad ++ hadir dengan menyederhanakan interface yang dimilikinya. Saat ini, aplikasi tersebut hadir dengan pengelompokan fungsi-fungsi yang ada di dalam sebuah menu. Bahkan, beberapa menu diantaranya bisa diakses melalui menu yang berada pada bagian atas.

Aplikasi ini hadir dengan banyak sekali fitur menarik. Adapun fitur-fiturnya yaitu:

  • Code folding: Fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menutup beberapa area kode agar bisa fokus pada area lainnya yang sedang diproses.
  • Auto-completion: Fitur yang dapat memudahkan Anda untuk memasukkan kode agar lebih akurat dan cepat.
  • Syntax highlighting: Fitur yang bisa membuat penggunanya agar bisa lebih mudah saat membaca maupun memahami kode yang telah diproses.

Final Thought

Bagi Anda yang sudah beli hosting, atau baru merencanakannya, Anda bisa memilih salah satu aplikasi di atas untuk membangun web. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Untuk pemula, pilihlah aplikasi yang user friendly dan mudah dipelajari.

Demikian informasi seputar berbagai aplikasi pembuat web terbaik saat ini. Tertarik untuk membuat website? Yuk, beli hosting sekarang juga. Setelah itu, pilih aplikasi yang cocok di atas untuk membangun website impian Anda. Selamat mencoba.

1 Shares:
Leave a Reply