Apa Arti Aqidah? Tujuan, Ruang Lingkup, dan Bentuk-Bentuk Aqidah

Apa Arti Aqidah? Tujuan, Ruang Lingkup, dan Bentuk-Bentuk Aqidah
Photo by Pok Rie from Pexels

Mayoritas dari umat Islam tentu sudah tidak asing dengan kata aqidah. Istilah kata ini sering muncul dalam materi pembelajaran agama Islam. Namun, tidak sedikit dari orang yang memahami secara benar apa arti aqidah itu.

Aqidah dapat diartikan sebagai sebuah ikatan atau kepercayaan yang kuat dalam diri seseorang terhadap apa yang diimaninya. Di dalam agama Islam, akidah ini meliputi keimanan kepada Allah subhanahu wa ta’ala beserta sifat-sifatNya.

Secara etimologi, arti aqidah adalah ikatan atau keyakinan. Sedangkan secara istilah, aqidah didefinisikan sebagai sebuah keimanan yang kuat dan mengakar terhadap suatu dzat tanpa adanya keraguan sedikitpun di dalamnya.

Jadi pada prinsipnya, akidah islam meliputi semua rukun iman yaitu iman kepada Allah, Malaikat, Kitab-Kitab, Rasul, Hari Kiamat, serta iman kepada Qada dan Qadar. Semua hal tersebut menjadi dasar dalam agama Islam.

Ruang Lingkup Aqidah

Menurut para ulama yang faqih, hal-hal yang termasuk kedalam ruang lingkup akidah yaitu sebagai berikut:

  1. Ilahiyat, yaitu pembahasan yang berkenaan dengan ketuhanan, khususnya membahas sifat-sifat Allah.
  2. Nubuwwat, yaitu pembahasan yang berkaitan dengan para utusan Allah seperti nabi dan rasul.
  3. Ruhaniyat, yaitu pembahasan yang berkaitan dengan makhluk ghaib seperti malaikat, jin, dan iblis.
  4. Sam’iyyat, yaitu pembahasan yang berkaitan dengan alam ghaib seperti surga, neraka, alam kubur, dan lain-lain.

Tujuan Dari Mempelajari Aqidah

Bagi umat muslim, mempelajari akidah merupakan suatu kewajiban. Ada beberapa tujuan mempelajari aqidah, yaitu sebagai berikut :

Akan meningkatkan keimanan terhadap Allah

Umat muslim yang faham mengenai aqidah dapat dengan mudah mengikhlaskan ibadahnya semata-mata hanya untuk Allah. Ini merupakan bentuk keimanan mereka yang diwujudkan dalam bentuk ibadah tanpa ada keraguan di dalamnya.

Dapat menenangkan jiwa

Dengan memiliki ilmu dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Ini dikarenakan meyakini bahwa semuanya sudah diatur oleh Allah. Umat Islam juga akan percaya bahwa segala rencana Allah jauh lebih baik dan indah sehingga jangan khawatir dengan apa yang akan terjadi.

Akan meningkatkan amal baik

Tujuan utama belajar aqidah yaitu untuk menghindarkan diri dari perbuatan sesat dan tercela. Oleh karenanya, mereka yang memahami dengan baik apa itu arti aqidah akan sentiasa melakukan amalan baik. Umat Islam akan selalu ingat bahwasannya semua perbuatan dosa akan mendapat balasan yang setimpal.

Menegakkan agama Allah

Umat Islam yang belajar aqidah dengan benar tidak akan pernah ragu untuk berbuat baik. Pada dasarnya, dengan akidah yang baik akan membuat orang tahu bahwasannya yang perlu dicapai tidak semata-mata kebahagiaan di dunia namun juga kehidupan akhirat.

Keistimewaan Aqidah Islam

Aqidah Islam memiliki berbagai keistimewaan, seperti:

Sumber pengambilan murni

Aqidah Islam berlandaskan pada Al Qur’an, As Sunnah serta ijma’ Salafush shalih. Oleh karena itu, akidah tidak ada campur tangan serta hawa nafsu, akal atau asumsi belaka manusia.

Aqidah tentang perkara ghaib

Segala perkara ghaib merupakan sesuatu yang tidak bisa dijangkau oleh indera manusia. Nah, akidah Islam merupakan bentuk penyerahan diri dan kepasrahan terhadap segala hal yang tidak dapat dilogikakan.

Jelas, mudah, dan terang

Akidah Islam tersebut memuat semua hal secara jelas tanpa ada penyimpangan apapun. Selain itu, dalil-dalil dan maknanya juga mudah untuk dipahami oleh semua penganutnya.

Bebas dari kerancuan dan kekaburan

Seperti dijelaskan di atas, sumber utama akidah islam yaitu Al-Quran. Bahkan dalil-dalil didalamnya juga sangat jelas. Jadil, penafsirannya terbebas dari unsur kekaburan.

Bentuk-Bentuk Akidah Islam

Dalam menjalani segala aktivitas sehari-hari, muslimin sudah seharusnya berpegang pada akidah Islam. Berikut ini bentuk-bentuk akidah Islam :

  1. Beriman tanpa ada keraguan kepada Allah Taala dan segala sifat-sifatnya dengan meyakini sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Al-Quran dan As-Sunnah (hadits).
  2. Melaksanakan semua rukun iman sesuai dengan ajaran Islam.
  3. Saling menghormati dan menyayangi sesama anggota keluarga sesuai yang diajarkan oleh nabi.
  4. Tidak menerima fatwa, kecuali yang bersumber Al-Quran dan Sunnah Rasulullah yang thabit (kokoh).

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan singkat tentang arti aqidah. Dengan memahaminya kaum muslimin dapat meningkatkan keimanannya.

Sumber: maxmanroe.com

1 Shares:
Leave a Reply