Arti Attitude dan Peran Attitude Dalam Mengembangkan Karir

Arti Attitude dan Peran Attitude Dalam Mengambangkan Karir

Setiap aktivitas dan interaksi manusia sesama individu atau komunitas dibutuhkan attitude yang baik. Manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat (zoon politicon) harus dapat menyesuaikan attitudenya dalam berbagai situasi dan kondisi. Sebagai manusia kita tidak dapat meraih apa yang diinginkannya sendirian. Dibutuhkan kebijaksanaan dalam menjalin interaksi sesama makhluk sosial (homosocialis).

Lalu, apa arti attitude sebenarnya? Apa saja ciri dan karakteristik attitude itu? Dan, bagaimana peran attitude dalam lingkungan kerja? Serta, bagaimana peran pikiran dalam mempengaruhi attitude kita? Untuk memahaminya lebih detail, mari kita ulas secara rinci.

Apa Arti Attitude?

Secara umum, arti attitude adalah sikap, tingkah laku, atau perilaku seseorang dalam berhubungan dengan orang lain disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap itu. Ada juga yang memaparkan bahwa pengertian attitude adalah sikap pada aspek afektif yang menentukan seseorang dalam bertindak, karena dengan kehendak atau kemauan untuk bertindak inilah yang menentukan bahwa seseorang bertindak sesuai dengan karakter sikap yang dimilikinya.

Attitude acapkali dikaitkan dengan kesiapan mental yang mempengaruhi individu dan juga menentukan aktivitas individu yang bersangkutan untuk menanggapi objek atau situasi yang memiliki makna baginya. Selain itu, attitude selalu berkaitan dengan suatu objek dan sikap terhadap objek yang disertai dengan perasaan positif dan negatif.

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Ciri dan Karakteristik Attitude

Merujuk pada pemaparan arti attitude sebelumnya, attitude seseorang memiliki beberapa karakteristik. Adapun Ciri dan karakteristik attitude adalah sebagai berikut:

  • Attitude bukan merupakan sikap yang dilakukan sejak seseorang dilahirkan, tetapi dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan individu dalam hubungannya dengan orang lain.
  • Attitude bukan sikap permanen, tetapi bisa berubah. Seseorang dapat mempelajari perilaku atau tingkah laku sehingga sikap dapat berubah jika ada kondisi dan syarat tertentu yang memfasilitasi perubahan sikap pada individu.
  • Attitude tidak berdiri sendiri, tetapi selalu mengandung hubungan tertentu tentang suatu objek.
  • Objek attitude merupakan hal tertentu, tetapi bisa juga merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut. Dengan kata lain, attitude dapat dikaitkan dengan satu objek, tetapi juga dapat dikaitkan dengan beberapa objek sekaligus.
  • Attitude memiliki aspek motivasi dan aspek perasaan.

Peran Attitude Dalam Lingkungan Kerja

Attitude merupakan bagian penting dari kehidupan, terutama yang berkaitan dengan kehidupan dan lingkungan pekerjaan yang mengelilinginya. Penilaian terhadap attitude individu adalah hasil dari sikap atau respon mereka terhadap lingkungan mereka. Attitude itu terkait dengan sikap atau perilaku seseorang yang bekerja secara sadar. Berikut ini beberapa peran attitude dalam lingkungan kerja, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Pengertian Motivasi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi

1. Attitude Dapat Mengalahkan Hardskill

Keterampilan merupakan sesuatu yang dapat dipelajari, tetapi attitude tersebut sangat sulit untuk diubah. Meski bukan bawaan, tetapi seseorang dengan sifat atau kepribadian tertentu cukup sulit untuk mengalami perubahan signifikan. Seseorang dengan attitude yang baik biasanya memiliki kemampuan yang baik untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Dalam dunia kerja, tentu saja perusahaan cenderung menemukan karyawan atau pegawai yang memiliki kepribadian yang terbuka dan rendah hati, karena mereka perlu dipersiapkan dan mampu ditempatkan dimana saja.

2. Attitude Membuat Pekerja Lebih Kompak

Attitude dapat menjadi bagian dari sikap mempertahankan rasa saling menghormati sehingga dalam hal ini produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan secara optimal. Ketika perusahaan menuntut para karyawan agar dapat menjalin komunikasi yang baik, seperti misalnya, dalam mengajukan klaim atau saran terkait dengan kesulitan yang dialami oleh antar divisi dalam perusahaan.

3. Attitude Memudahkan Mengatasi Permasalahan

Di lingkungan kerja, tentu saja sikap saling menghargai sangat penting. Memiliki attitude yang baik, maka kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman. Tidak hanya untuk hubungan karyawan dengan atasan, tetapi dengan karyawan lain. Sehingga segala macam masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Kesimpulan

Attitude dapat dibentuk tergantung pada lingkungan seperti apa kita tinggal dan kondisi apa yang sedang seseorang alami. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam membentuk attitude anaknya, karena jika salah maka akan sulit untuk mengubah sikap yang telah terbentuk tersebut.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *