Arti Cinta dan Cara Mencintai Yang Benar

Arti Cinta dan Cara Mencintai Yang Benar
photo by pexels/oleg-magni

Apakah kamu pernah jatuh cinta? Pasti pernah lah ya. Namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan cinta? Para ahli banyak yang berpendapat arti cinta sulit untuk dipaparkan secara tuntas karena cinta merupakan sesuautu hal yang berkaitan erat dengan emosi manusia bukan logika. Maka, definisi cinta sering dihubungkan dengan konsep cinta sesuai dengan keadaan emosi seseorang.

Secara harfiah, arti cinta adalah sebuah emosi atau perasaan positif yang muncul dari dalam diri seseorang kepada orang lain atau objek lain. Ada juga yang berpendapat bahwa definisi cinta adalah sebuah aktivitas manusia terhadap objek lain disekitarnya, yang diwujudkan dalam bentuk perhatian, kasih sayang, pengorbanan diri, empati, dan membantu untuk memenuhi permintaan-permintaan objek tersebut.

Arti Cinta Menurut Kajian Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan arti cinta berdasarkan dari hasil kajian yang mendalam, diantaranya yaitu:

1. Quraish Shihab

Arti cinta adalah “kecenderungan hati dan perasaan manusia kepada sesuatu hal karena adanya manfaat dan kenikmatan yang diperoleh dari yang dicintainya.”

2. Musfir bin Said Az Zahrani

Pengertian cinta yaitu “sebuah emosi terpenting yang ada dalam kehidupan manusia dan menjadi faktor utama untuk menyatakan perasaan manusia, serta faktor pembentukan kasih sayang antar sesama.”

3. Jalalluddin Rumi

Definisi cinta adalah “sumber dari segala macam dan inti dari segala wujud bentuk kehidupan yang ada di dunia karena kehidupan muncul karena kekuatan yang bernama cinta.”

Baca Juga: Puisi Untuk Ibu Yang Penuh Cinta dan Kasih Sayang

4. Erich Fromm

Arti cinta yaitu “perasaan simpati yang muncul atau timbul dari dalam diri manusia yang melibat emosi yang mendalam.”

5. Scoot Peck

Definisi cinta adalah “keinginan yang timbul dari diri manusia untuk mengembangkan diri dengan memelihara dan menumbuhkan spiritual sendiri.”

6. Abdullah Nashih Ulwan

Cinta adalah “suatu bentuk perasaan jiwa dan gejolak hati seorang manusia yang mendorongnya untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, kasih sayang, dan kelembutan.”

Jenis-Jenis Cinta

Ditinjau dari sisi psikologis seseorang didapatkan 8 (delapan) jenis cinta yang muncul dari diri manusia, diantaranya sebagai berikut:

  • Cinta Eros, yaitu perasaan cinta yang didasari pada hawa nafsu. Ciri-ciri cinta eros, adanya ketertarikan fisik dan rasa ingin memiliki.
  • Cinta Ludus, yaitu perasaan cinta kepada orang lain tapi bersifat hanya untuk main-main tanpa ada komitmen. Ciri-ciri cinta ludus, orang yang mengalami cinta ludus sering menunjukan sifat kekanak-kanakan dan sering memberikan rayuan gombal.
  • Cinta Philia, yaitu perasaan cinta yang muncul pada hubungan persahabatan antar sesama manusia.
  • Cinta Storge, yaitu perasaan cinta terhadap keluarga dan kerabat terdekat. Contohnya, cinta ibu kepada anak-anaknya.
  • Cinta Mania, yaitu rasa cinta yang berlebihan sehingga menimbulkan sikap posesif.
  • Cinta Philautia, yaitu rasa cinta terhadap diri sendiri yang mengarah pada narsisme.
  • Cinta Agape, yaitu perasaan cinta terhadap Tuhan, alam, dan segala isinya yang bersifat spiritual dan altruistik.
  • Cinta Pragma, yaitu perasaan cinta yang penuh dengan kedewasaan dan kebijaksanaan yang berorientasi pada cinta yang serius dan komitmen ke arah pernikahan.

Baca Juga: Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk Kreativitas

Ciri-Ciri Jatuh Cinta Secara Umum

Mengacu pada arti dan jenis-jenis cinta diatas, maka dapat disimpulkan ada beberapa ciri atau karakteristik cinta, yaitu:

  • Ada perasaan bahagia yang didapatkan dari seseorang yang mencintai dan yang dicintai.
  • Ada kekaguman dan ketertarikan secara emosional terhadap objek yang dicintai.
  • Ada kebaikan yang muncul tanpa adanya paksaan untuk objek yang dicintai.
  • Ada pengorbanan yang rela dilakukan demi kebaikan dan membahagiakan objek yang dicintai.
  • Ada welas kasih terhadap seseorang yang dicintainya.

Kesimpulan

Perasaan cinta yang muncul dalam diri seseorang merupakan sesuatu yang sulit didefinisikan. Setiap orang pasti atau akan mengalami yang namanya jatuh cinta, baik itu cinta kepada pasangan, orang tua, anak, hewan atau yang lainnya. Di dalam percintaan kita selalu dituntut untuk dapat bersikap adil, keterbukaan, sayang, baik, lemah lembut, dan sikap lainnya. Dengan rasa cinta antar sesama maka akan terciptanya kehidupan bermasayarakat yang baik.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *