Arti COD, Tips-Tips Bertransaksi Dengan COD, Kelebihan dan Kekurangan COD

Arti COD, Tips-Tips Bertransaksi Dengan COD, Kelebihan dan Kekurangan COD
photo by pexels/gustavo-fring

Tingginya minat belanja online yang akhir-akhir ini terjadi pada masyarakat di Indonesia, mengharus marketplace atau penyedia layanan logistic membuat sistem dan cara pembayaran baru yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Munculnya metode pembayaran COD tentunya membuat penjual dan pembeli lebih mudah dan aman dalam melakukan jual beli secara online. Namun, apa itu arti COD sebenarnya? Mari kita bahasa secara lengkap.

COD adalah singkatan dari Cash On Delivery, arti COD adalah salah satu metode pembayaran dalam bertransaksi online terutama pada sektor jual-beli dimana konsumen membayar sejumlah uang kepada penjual ketika barang yang dipesan telah tiba di lokasi yang telah ditentukan atau rumah pembeli. Jadi, penjual dan pembeli bertemu secara langsung di lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi atau pembayaran secara tunai, namun dapat juga menggunakan sistem layanan pengiriman barang yang terintegrasi.

TIps-Tips Melakukan Transaksi Menggunakan Metode COD

Umumnya praktik COD ini terjadi pada transaksi atau jual-beli online. Cara ini memberikan keuntungan tersendiri bagi kedua belah pihak baik penjual atau pembeli. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan saat menggunakan cara COD.

Baca Juga: Daftar Kode Bank di Indonesia

1. Tips COD Untuk Pembeli atau Konsumen

  • Periksa kembali barang yang dipesan sebelum melakukan pembayaran, cek kondisi barang, sesuai atau tidak dengan apa yang kamu pesan.
  • Membayar sesuai dengan kesepakatan.
  • Tentukan lokasi dan alamat yang mudah ditemukan, seperti kantor, rumah, atau lainnya.
  • Jika, kamu melakukan pembelian dengan cara COD bukan dari marketplace yang terpercaya, ajak orang terdekat untuk menemani kamu saat bertransaksi.

2. Tips COD Untuk Penjual atau Seller

  • Kemas barang dengan baik dan rapi.
  • Siapkan uang pecahan untuk mengantisipasi kembalian uang.
  • Datang lebih awal.
  • Memberikan penjelasan singkat mengenai barang yang kamu jual.
  • Pastikan bertemu ditempat yang ramai dan aman.
  • Pastikan menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan.
  • Pastikan uang diberi adalah uang asli.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembayaran COD

Sama seperti metode pembayaran lainnya metode Cash On Delivery juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berdasarkan arti COD diatas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan metode pembayaran COD, berikut diantaranya:

KelebihanKekurangan
Bagi pembeli. Pembeli dapat memeriksa kondisi barang secara langsung sehingga terhindar dari segala praktik penipuan.COD dapat merugikan penjual ketika transaksi dibatalkan oleh pembeli.
Bagi penjual. Cara ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan, karena memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.Jangkauan COD masih terbatas pada kota-kota besar saja.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Sangat Menguntungkan

Kesimpulan

Perkembangan dunia teknologi informasi yang sangat pesat mengubah cara hidup kita, termasuk dalam melakukan aktivitas jual-beli. Metode pembayaran COD merupakan salah satu inovasi yang memudahkan kita dalam bertransaksi secara online. e-Commerce besar dan kecil sudah banyak yang menggunakan layanan COD dengan mengintegrasikan sistemnya dengan layanan pengiriman barang untuk mengakomodir semua kebutuhan pelanggan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *