Mengenal Endorse atau Endorsement Dalam Pemasaran Digital

Mengenal Endorse atau Endorsement Dalam Pemasaran Digital
photo by unsplash/jakobowens1

Pemasaran digital yang kini kian marak dikalangan masyarakat, ada dikenal dengan istilah pemasaran baru yaitu endorse atau endorsement. Umumnya, aktivitas endorsement ini ditemukan di media sosial seperti instagram, tiktok, dan juga youtube. Lalu, apa yang dimaksud dengan endorse? Apa arti endorsement atau endorse? Dan, apa kelebihan dan kekurangan dari endorsement ini? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara tuntas.

Apa itu Endorse atau Endorsement?

Istilah kata endorse sangat berkaitan erat dengan dunia pemasaran. Banyak yang mengatakan bahwa memasarkan produk dengan cara endorsement dari publik figur atau influencer akan berdampak positif pada penjualan dan citra produk yang dipasarkan.

Secara umum, arti endorse adalah bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan oleh seseorang kepada suatu produk atau merek (brand), dimana dukungan tersebut dibuat oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau figur publik, misalnya, seorang artis, musisi, seniman, influencer, atau lainnya.

Dengan kata lain, pengertian endorsement adalah salah satu jenis promosi yang memanfaatkan kepopuleran seorang selebriti atau profesional untuk mengatakan hal-hal baik tentang merek, produk, atau layanan. Dari sisi pemilik produk atau pemilik merek, Anda tentu akan mendapat manfaat dari menggunakan nama orang terkenal untuk mempromosikan produk / merek Anda.

Baca Juga: Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Pengertian Endorse Dalam Pemasaran Digital

Sebenarnya ada sejumlah definisi endorse lainnya, tergantung pada bidang apa yang kita diskusikan. Kata endorse itu sendiri cukup sering digunakan dalam bidang bisnis, asuransi, dan pemasaran. Namun, arti endorse yang dibahas disini yaitu yang terkait dengan pemasaran, terutama pemasaran online.

Anda, yang aktif menggunakan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, TikTok dan Twitter, akan sering menemukan kata Endorsement. Bahkan hari ini ada banyak artis Instagram (selebgram) yang dibayar sangat mahal untuk meng-endorse suatu produk.

Jika orang-orang terkenal meng-endorse atau memberikan dukungan positif untuk suatu produk, itu akan berdampak pada lebih banyak orang yang membeli produk tersebut karena mereka mempercayai selebriti. Atau setidaknya itu akan membuat merek atau produk lebih terkenal dari sebelumnya.

Di Indonesia, kegiatan endorsement bukan lagi hal baru. Banyak pemilik toko online memanfaatkan ketenaran artis untuk mempromosikan produk / merek mereka dengan cara promosi endorse. Jika Anda cukup memperhatikan, praktik promosi seperti ini sangat mudah ditemukan di media sosial, terutama di Instagram, TikTok, dan Youtube.

Raisa adalah contoh seorang artis endorse yang mempromosikan produk tertentu di akun Instagram-nya.

Jumlah followers (pengikut) sejati artis di jejaring sosial adalah faktor penentu keberhasilan promosi endorsement. Semakin banyak pengikut (followers), semakin besar kemungkinan endorse akan berhasil, selama pengikut adalah akun asli, bukan akun palsu.

Keuntungan dari Promosi Endorse

Setelah kita mengetahui apa arti endorse, tentu saja kita juga perlu tahu apa kelebihan promosi dengan cara ini. Merujuk daripada pengertian endorsement di atas, berikut ini adalah sederet kelebihan dari promosi endorsement:

1. Kegiatan promosi yang sangat efektif

Seperti disebutkan diatas, influencer atau orang terkenal umumnya memiliki pengikut yang selalu memperhatikan kegiatan mereka. Tidak hanya kegiatan yang dianggap sesuai dengan profesi, tetapi hal-hal pribadi yang diunggah di jejaring sosial juga menjadi konsumsi publik.

Setiap kali artis memposting sesuatu ke akun media sosial mereka, misalnya Instagram atau TikTok, pengikut mereka pasti akan melihat posting tersebut. Dan ketika Anda mempromosikan produk tertentu dengan cara endorse, maka dapat dipastikan bahwa produk yang dipromosikan akan ikut terkenal.

Akun Instagram pemilik produk umumnya akan populer karena setiap postingan endorse, di bagian keterangan (caption), artis akan menandai akun Instagram penjual dan juga tagar (hashtag) yang terkait dengan produk.

Contohnya sebagai berikut:

2. Meningkatkan penjualan dan jumlah pengikut

Tokoh publik tentu memiliki banyak penggemar (fans) yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan oleh artis tersebut. Ketika seorang influencer memposting produk kecantikan yang mereka gunakan, pasti banyak pengikut yang juga ingin menggunakan produk tersebut dan penjualan produk tersebut akan laris manis.

Oleh karena itu, tidak mengherankan mengapa ada begitu banyak toko online yang menggunakan layanan promosi selebriti karena telah terbukti meningkatkan penjualan produk yang dipasarkan. Selain itu, akun media sosial toko online juga akan dibanjiri dengan pengikut dan pelanggan tetap potensial.

Di sisi artis (endorser), mereka juga mendapat keuntungan finansial dari kegiatan endorse yang mereka lakukan. Selain menerima pembayaran jasa endorsement, artis ini juga mendapatkan produk berkualitas gratis.

Contohnya sebagai berikut:

3. Penghematan biaya pemasaran

Tidak hanya efektif, tetapi juga akan membuat proses pemasaran lebih efisien. Penghematan yang dirujuk di sini bukan hanya jumlah uang yang Anda habiskan, tetapi lebih dari dampak pemasaran yang dilakukan. Bayangkan berapa banyak uang yang akan digelontorkan ketika Anda mempromosikan produk melalui iklan televisi, iklan radio.

Penerapan promosi endorse cukup mudah, Anda hanya perlu mengirim produk ke artis dan mentransfer biaya endorsement sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Tapi tentu saja Anda juga harus bisa memilih artis yang kredibel untuk mempromosikan produk yang akan di endorse.

Misalnya, produk Anda adalah produk kecantikan, akan sangat tepat jika dipromosikan oleh seorang arti atau influencer yang wajahnya cantik. Atau, misalnya, menjual produk bayi, lalu memilih artis yang sering memposting aktivitas bersama bayi atau anak mereka.

Contohnya sebagai berikut:

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Strategi promosi endorsement juga dapat memperluas saluran pemasaran Anda. Informasi terkait produk yang diendorse akan tersebar luas lebih cepat dan mencapai segala lapisan bisnis. Cara endorsement lebih bersifat rekomendasi atas suatu produk sehingga kelihatan lebih nyata dan bukan rekayasa sebagai visualisasi pada iklan konvensional.

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

Kekurangan Endorsement

Selain kelebihan, berikut ini kekurangan dari strategi promosi endorse, yaitu

1. Citra Artis Endorse Akan Mempengaruhi Citra Produk

Salah satu kekurangan dari strategi promosi endorsement adalah ketika Anda salah memilih influencer yang hendak meng-endorse produk anda maka citra artis tersebut akan mempengaruhi citra produk Anda. Sebagai contoh, misalnya saja sang artis memiliki latar belakang kriminal jadi hal tersebut akan membuat reputasinya dinilai negatif, maka suka tidak suka produk Anda juga kena imbasnya.

2. Setiap Artis Memiliki Rate Sendiri

Setiap artis memiliki ratenya masing-masing, ada yang menetapkan harga endorsement dengan harga yang terjangkau, tapi ada juga yang memiliki harga tinggi hingga puluhan hingga ratusan juta. Jumlah followers dan citra artis tersebut umumnya akan mempengaruhi harga jasa endorse.

3. Iklan Tak Bertahan Lama

Banyaknya permintaan endorsement membuat para influencer menerapkan kebijakan sendiri untuk durasi iklan endorsement yang akan ditampilkan. Ini artinya iklan terkait produk Anda akan dihapus oleh sang influencer ketika durasi promosi telah habis masa berlakunya. Untuk durasi tergantung kebijakan setiap artis.

Baca Juga: Apa itu e-Commerce? Potensinya Bagi Pertumbungan Ekonomi Digital Indonesia

Kesimpulan

Ada banyak metode promosi yang efektif untuk memasarkan produk Anda, salah satunya dengan cara endorse para influencer di media sosial. Cara ini sangat efektif, namun Anda harus mempertimbangkan biaya yang akan Anda keluarkan untuk promosi endorsement tersebut.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *