Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita
image by lilpickmeup.com

Istilah kata integritas sering kita dengar dengan hal yang berkaitan dengan sikap profesionalisme dalam bekerja. Umumnya istilah ini ditujukan kepada orang-orang yang telah memiliki jabatan atau pekerjaan. Namun, apa yang dimaksud dengan integritas? Dan, apa manfaat yang akan kita terima jika kita memiliki integritas yang tinggi? Mari kita bahas secara lebih rinci.

Secara etimologis, istilah kata “integritas” itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu “integer” yang memiliki beberapa arti:

  • Mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan satu kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan dan potensi yang memancarkan kejujuran dan kewibawaan.
  • Keteguhan sikap dalam mempertahankan prinsip-prinsip yang dipegang dan melekat pada diri seseorang dalam bentuk nilai-nilai moral.

Arti integritas adalah prinsip-prinsip moral dan kualitas kejujuran yang dimiliki oleh seseorang yang dilakukan dan ditunjukan secara konsisten dalam kehidupannya secara keseluruhan. Tetapi, ada yang berpendapat bahwa , pengertian integritas adalah suatu kepribadian yang ada dalam diri seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan dan perbuatan, dan sesuai dengan nilai-nilai serta kode etik.

Seseorang dianggap berintegritas tinggi ketika ia memiliki kepribadian dan karakter berikut ini:

  • Memiliki komitmen kuat
  • Jujur
  • Dapat dipercaya
  • Setia
  • Bertanggung jawab
  • Menepati ucapannya
  • Menghargai waktu
  • Memegang teguh prinsip dan nilai-nilai hidup

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Arti Integritas Menurut Kajian Para Ahli

Para ahli telah memaparkan secara lengkap dan jelas mengenai arti integritas, diantaranya yaitu:

1. Henry Cloud

Arti integritas adalah sesuatu sikap dalam diri yang berhubungan dengan kefektifan dan keutuhan seseorang sebagai manusia dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya.

2. Ippho Santosa

Arti integritas adalah suatu keadaan dimana menyatunya pikiran, perkataan, serta perbuatan sehingga melahirkan kepercayaan dan reputasi.

3. Andrias Harefa

Arti integritas adalah suatu kunci sukses kehidupan yang dapat diamati secara langsung, yaitu menunjukkan kejujuran, memiliki komitmen, dan bertindak secara konsisten.

Manfaat Integritas Secara Umum

Dari pemaparan definisi integritas diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kepribadian yang memiliki integritas akan sangat bermanfaat bagi kita. Lalu, apa sih manfaat integritas bagi seseorang untuk meniti karirnya?

  • Manfaat Secara Fisik
    Seseorang yang memiliki integritas akan selalu merasakan manfaat pada fisiknya. Misalnya, akan merasa lebih sehat dan semangat dalam melakukan segala aktivitasnya.
  • Manfaat Secara Intelektual
    Pribadi yang berintegritas biasa mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya, karena mereka percaya bahwa dirinya mampu melaksanakannya.
  • Manfaat Secara Emosional
    Orang yang memiliki integritas dalam dirinya juga memiliki motivasi, empati, simpati, sadar diri, solidaritas tinggi, dan emosi yang stabil.
  • Manfaat Secara Spiritual
    Dengan adanya integritas dalam diri seseorang akan menjadikannya lebih bijaksana dalam memaknai segala pengalaman hidupnya.
  • Manfaat Secara Sosial
    Individu yang memiliki integritas yang tinggi dalam dirinya akan membuatnya lebih mudah dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain dan membangun kerjasama di dalam masyarakat.

Fungsi Integritas

Selain banyak manfaat yang akan dirasakan langsung oleh diri kita, berikut ini beberapa fungsi integritas yang akan menempa kita menjadi pribadi yang lebih profesional.

1. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif integritas mencakup kecerdasan moral dan wawasan diri. Dan wawasan diri itu meliputi pengetahuan diri serta refleksi diri. Jadi dapat disimpulkan bahwa, fungsi kognitif integritas adalah untuk memelihara moral dan nilai seseorang serta mendorong orang tersebut untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi.

2. Fungsi Afektif

Sedangkan fungsi afektif integritas mencakup hati nurani dan harga diri. Sehingga integritas tersebut berfungsi untuk menjaga hati nurani manusia dan sikapnya antar sesama.

Baca Juga: Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk Kreativitas

Pentingnya Integritas Bagi Setiap Orang

“Dengarkan dengan rasa ingin tahu, Berbicaralah dengan jujur dan bertindak dengan integritas.” (Roy T Bennett)

Dari quotes di atas menjelaskan bahwa integritas adalah suatu hal terpenting dalam kehidupan seseorang dalam bertindak. Berikut ini adalah pemaparan singkat mengapa integritas sangat penting kita dalam menjalani kehidupan:

  • Integritas adalah salah satu kunci kesuksesan dalam meraih semua impian kita, karena salah satu ciri orang yang berintegritas tinggi adalah konsisten dan pantang menyerah.
  • Integritas akan menunjukan kualitas pemimpin dan yang dipimpin.
  • Integritas akan menentukan layak tidaknya seseorang untuk dapat dipercaya oleh orang lain.
  • Integritas akan menghasilkan kepercayaan, reputasi dan prestasi.

Kesimpulan

Dengan menempa diri menjadi pribadi yang berintegritas tinggi akan membuat kita menjadi individu yang sukses. Di dunia kerja integritas adalah segalanya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *