Arti Kata Konvensional

Pengertian Kata Konvensional

Istilah kata konvensional sering terdengar untuk keadaan-keadaan yang umum atau berjalan pada mainstreamnya. Kata banyak dipakai dalam bisnis, namun juga umum ditemukan pemakaiannya dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Lalu, apa yang dimaksud dengan konvensional? Apa arti konvensional? Dan, apa saja contoh-contoh penggunaan istilah kata konvensional ini? Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas secara rinci.

Arti Konvensional Adalah

Secara etimologis, kata konvensional berasal dari kata “konvensi” yang berarti kesepakatan atau permufakatan yang dibuat oleh beberapa orang, baik dalam organisasi, wilayah atau negara. Jadi istilah konvensional adalah hal-hal yang dilakukan atau diterapkan berdasarkan kesepakatan umum.

Merujuk dari pendapat para ahli, pengertian konvensional adalah segala sesuatu yang ada di alam yang bersifat mengikuti kebiasaan yang biasa digunakan atau berdasarkan kesepakatan banyak orang. Misalnya prevalensi, kebiasaan, kelaziman atau kebiasaan suatu tempat.

Ada juga yang menjelaskan bahwa, arti kata konvensional sering didefinisikan sebagai sesuatu yang ketinggalan zaman (lama/kuno) atau bentuk tradisional yang tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Namun pada kenyataannya sangat berbeda, karena pada prinsipnya kata konvensional terkait erat dengan suatu perjanjian atau kesepakatan.

Definisi konvensional menurut KBBI adalah berdasarkan pada konvensi umum (perjanjian) (seperti kelaziman, kebiasaan, adat); Tradisional.

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Contoh Penggunaan Istilah Konvensional

Istilah kata konvensional cukup sering digunakan dalam tatanan bahasa sehari-hari. Dan istilah kata ini selalu merujuk pada sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan.

1. Konvensional Dalam Masyarakat Umum

Contoh konvensional atau kebiasaan di masyarakat umum adalah hubungan antara pria dan wanita. Biasanya seorang pria yang melamar atau mendekati seorang wanita, bukan sebaliknya. Wanita pada umumnya tidak ingin mengambil langkah agresif untuk mendekati atau melamar pria terlebih dahulu karena dianggap tidak wajar atau lazim.

Namun, kebiasaan itu sudah banyak berubah sekarang. Dalam hal hubungan pria dan wanita, sekarang ada cukup banyak wanita yang cenderung lebih agresif dan mengambil inisiatif untuk lebih dekat dengan pria.

Juga dalam hal persamaan hak untuk pria dan wanita. Jika dulu laki-laki dianggap lebih berhak atas karir dan pekerjaan bergengsi, sekarang itu telah berubah. Saat ini, banyak wanita menjadi pemimpin perusahaan (CEO) atau orang-orang yang memiliki pengaruh besar.

2. Konvensional Dalam Dunia Bisnis 

Contoh penggunaan istilah konvensional selanjutnya juga sering dijumpai di dunia bisnis. Misalnya, perusahaan konvensional pada umumnya harus memiliki tempat usaha fisik, menjual produk, dll. Saat ini, perusahaan tidak harus memiliki tempat usaha, dan mereka tidak harus memiliki aset sendiri.

Contoh lain adalah penggunaan istilah Bank di Indonesia, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank konvensional adalah bank yang menerapkan sistem sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Sentral (Bank Indonesia). Sementara bank syariah memiliki prinsip operasi yang berbeda dari bank konvensional. Semua bank Islam menerapkan hukum Islam dalam pelaksanaan operasi mereka.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Pengertian Etika, Karakteristik dan Jenis-Jenis Etika

3. Konvensional Dalam Bidang Pendidikan

Yang dimaksud dengan pembelajaran konvensional adalah proses belajar mengajar yang berlangsung secara tradisional, yaitu melalui ceramah, kuliah, diskusi, debat, pertanyaan dan jawaban, dan tugas.

4. Konvensional di Bidang Militer dan Persenjataan

Definisi dari senjata konvensional adalah semua senjata yang paling populer dan umum digunakan. Beberapa dari persenjataan itu adalah bom, tank, pistol, peluru, rudal, kapal induk, pesawat tempur, ranjau darat, senapan dan lainnya.

5. Konvensional Dalam Bidang Bioteknologi

Pengertian tentang bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme untuk menciptakan produk dan layanan. Misalnya, bakteri dan jamur yang menghasilkan enzim tertentu dalam metabolisme Anda untuk menghasilkan produk tertentu.

Baca Juga: Pengertian Kewajiban Asasi Manusia, Contoh-Contohnya

Kesimpulan

Penggunaan istilah kata konvensional selalu merujuk pada apa yang telah umum digunakan. Jadi, lawan kata (antonim) dari konvensional adalah modern, khusus, aneh, abnormal.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *