fbpx
Arti Kata Ekspektasi

Arti Kata Ekspektasi

Arti kata ekspektasi secara umum adalah sebuah keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa yang akan datang sesuai dengan keinginan. Ada juga yang mendefinisikan ekspektasi merupakan suatu harapan besar akan sesuatu yang dianggap akan memberi dampak yang lebih baik.

Kata ekspektasi sendiri adalah kata serapan dari bahasa inggris yaitu expectation, yang kata dasarnya adalah expect yang memiliki arti harapan, sangkaan, atau dugaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekspektasi bermakna sebagai suatu keyakinan kuat akan sesuatu hal “baik atau buruk” yang akan terjadi di masa depan.

Pada dasarnya sebuah ekspektasi berkaitan erat akan besar atau kecilnya upaya yang telah dilakukan seseorang. Jadi semakin besar sebuah upaya maka ekspektasinya akan menghasilkan sesuatu yang besar atau berhasil.

Bacaan Lain: Sekumpulan Kata-Kata Bijak dan Motivasi Terlengkap

Arti Kata Ekspektasi Menurut Para Ahli Bahasa

Para ahli tata bahasa telah menjelaskan arti kata ekspektasi, berikut ini penjelasannya:

Sutisna (2001)

Sutisna mendefinisikan ekspektasi adalah suatu kepercayaan/keyakinan seseorang sebelumnya mengenai beberapa hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.

Bacaan Lain: Pengertian Urbanisasi, Faktor dan Dampaknya

Boeree (2005)

Boeree menjelaskan bahwa arti kata ekspektasi adalah suatu harapan kesenangan yang tidak konstan, yang muncul dari sebuah gagasan mengenai suatu hal di masa depan.

Anderson & Chambers (1985)

Anderson & Chambers menjelaskan pengertian ekspektasi adalah sebagai segala sesuatu yang diyakini oleh pelanggan tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk/pelayanan tertentu.

Fleming & Levie (1981)

Fleming & Levie menjelaskan bahwa makna ekspektasi adalah segenap harapan, keinginan, serta cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin dicapai dengan perilaku dan tindakan yang konkrit.

Bacaan Lain: Pengertian SOP (Standard Operating Procedure)

Contoh Penggunaan Kata Ekspektasi

Setiap manusia selalu memiliki ekspektasi akan sesuatu hal yang diikuti dengan sebuah tindakan yang nyata. Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata ekspektasi yang sering kita dengar sehari-hari:

Ekspektasi di Dunia Karir atau Pekerjaan

Secara umum setiap perusahaan dan karyawan memiliki ekspektasi atau harapan di dunia karir dan bisnis, namun sering sekali tidak sesuai dengan realitanya.

Perusahaan selalu berekspektasi memiliki karyawan yang kompeten, loyal, berintegritas tinggi, dan berkontribusi besar terhadap perusahaan dengan upah yang murah. Sebaliknya, karyawan selalu berekspektasi memiliki gaji besar, jabatan tinggi, dan mendapatkan fasilitas mewah dengan pekerjaan yang mudah.

Sebagai contoh nyata:

Sebuah perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia membuka sebuah lowongan pekerjaan pada posisi manajer regional dengan kualifikasi tinggi. Dengan gaji/upah Rp. 8.000.000 per bulan, perusahaan berekspektasi calon manajer dapat membawahi sejumlah divisi.

Banyak pelamar yang menginginkan posisi tersebut yang ternyata memilik ekspektasi akan mendapat gaji Rp. 13.000.000 per bulan. Terlebih lagi dengan kualifikasi dan tanggungjawab yang cukup tinggi.

Agar mendapatkan manajer yang sesuai dengan kebutuhan, maka perusahaan memiliki 2 opsi, pertama menurunkan ekspektasinya atau menaikkan gaji/upah sesuai harapan pelamar kerja.

Bacaan Lain: Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Ekspektasi Dalam Hubungan Asmara

Setiap individu pasti memiliki harapan yang baik terhadap pasangannya. Berikut ini contohnya:

Seorang pria dewasa sedang mendekati gadis pujaannya dengan berbagai upaya. Menurut pria itu, caranya sudah tepat dan akan membuat si gadis itu catuh cinta padanya.

Namun, pada kenyataanya si gadis malah merasa terganggu dan mencoba menghindarinya. Dan sang pria pun kehilangan gadis pujaannya.

Bacaan Lain: Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Ekspektasi Pada Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi sebuah ekspektasi harus didasari oleh sebuah data agar dapat menentukan strategi dan kebijakan yang tepat. Adapun ekspektasi di bidang ekonomi dapat berupa, inflasi, pertumbuhan ekonomi, neraca perdagang, jumlah pengangguran, dan lainnya.

Sebagai contoh:

Para pakar ekonom memiliki ekspektasi akan pertumbuhan Indonesia pada tahun 2020 akan melemah di angka 5% karena neraca perdagangan yang defisit. Pada kenyataannya ekspektasi tersebut salah karena ada penyebab lain yang mempengaruhinya yaitu pandemi covid19 yang melanda dunia

Naah, seperti itulah penjelasan mengenai arti kata ekspektasi beserta contonya. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *