Arti Konsep dan Unsur-Unsur Dalam Konsep

Arti Konsep dan Unsur-Unsur Dalam Konsep
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Pasti kita sering mendengar istilah kata konsep, entah itu di media elektronik, media online, di jalan, kantor, dan lainnya. Istilah ini memang sangat identik dengan sesuatu hal yang akan diwujudkan, umumnya yang berkaitan sama bisnis atau proyek. Sebenarnya istilah kata konsep ini sama artinya dengan gagasan. Namun, apakah pernyataan tersebut sepenuhnya benar! atau konsep memiliki arti lainnya yang lebih tepat.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan konsep sebenarnya? Apa pengertian konsep menurut para ahli? Apa saja fungsi-fungsi konsep? Apa ciri dan karakteristik konsep? Serta, apa saja unsur-unsur dalam konsep? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Konsep?

Apa sebenarnya konsep itu? Secara etimologis, kata “konsep” berasal dari bahasa Latin yaitu “conceptum”, yang berarti sesuatu yang dapat dipahami. Dari istilah bahasa, maka definisi konsep adalah rangkaian pernyataan, gagasan / ide yang saling berkaitan tentang peristiwa / kejadian yang berbeda dan menjadi dasar / pedoman untuk melakukan penelitian.

Namun, secara keilmuan pengertian konsep adalah representasi abstrak dan umum dari sesuatu yang dimaksudkan untuk menjelaskan suatu objek, ide atau peristiwa.

Dikutip dari wikipedia Indonesia, konsep atau anggitan adalah entitas mental abstrak dan universal yang mengacu pada kategori atau kelas dari suatu entitas, peristiwa atau hubungan. Istilah konsep itu sendiri berasal dari bahasa latin “conceptus” yang artinya sesuatu yang dipahami.

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Pengertian Konsep Menurut Kajian Para Ahli

Untuk memudahkan memahami apa arti konsep tersebut, kita dapat merujuk pada pendapat dari para ahli yang berbeda. Berikut pengertian konsep menurut para ahli:

1. Aristoteles (The Classical Theory of Concepts)

Arti konsep adalah unsur terpenting dalam pembentukan ilmu pengetahuan dan filsafat pemikiran manusia.

2. Woodruff

Pengertian konsep menurut Woodruff dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  • Konsep dapat diartikan sebagai suatu ide / gagasan yang relatif sempurna dan bermakna.
  • Konsep adalah pemahaman tentang suatu objek.
  • Konsep merupakan produk subjektif yang muncul dari cara seseorang memahami objek atau benda melalui pengalaman (setelah melakukan pengamatan terhadap benda / objek).

3. Bahri

Konsep adalah satu kesatuan makna yang merepresentasikan sejumlah benda yang memiliki ciri yang sama. Konsep itu sendiri juga dapat disimbolkan dalam bentuk kata (lambang bahasa).

4. Singarimbun dan Effendi

Arti konsep adalah suatu generalisasi dari kelompok fenomena tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mendeskripsikan fenomena yang sama. Konsep adalah pemahaman terpadu dari persoalan atau masalah yang dirumuskan.

5. Sujadi

Pengertian konsep adalah gagasan abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan dan biasanya diungkapkan dengan istilah atau rangkaian kata (simbol bahasa)

Fungsi-Fungsi Konsep

Secara garis besar suatu konsep mempunyai fungsi untuk memberikan gambaran atau penjelasan yang besar terhadap sesuatu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari konsep tersebut:

1. Fungsi Kognitif

Dalam konteks ini, kognitif adalah kemampuan manusia untuk berpikir secara optimal sepanjang hidupnya. Maka dengan membuat konsep dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang.

2. Fungsi Evaluatif

Dalam konseptualisasi terdapat proses evaluasi, yaitu proses yang dilakukan oleh orang-orang untuk menentukan nilai suatu benda.

3. Fungsi Operasional

Dalam proses implementasi membutuhkan landasan yang kokoh. Dengan konsep, maka proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Fungsi Komunikasi

Sebagaimana dijelaskan di atas, dalam konsep terdapat proses komunikasi yang didalamnya terdapat pernyataan, penjelasan, ide, gagasan tentang suatu objek atau peristiwa.

Baca Juga: Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Unsur-Unsur Di Dalam Konsep

Saat membuat konsep, konsep mengandung berbagai elemen. Berikut ini adalah unsur-unsur konsep:

  • Nama, yang mewakili satu kata untuk menggambarkan suatu ide atau gagasan.
  • Contoh, saat menyampaikan ide, ada beberapa contoh analisis yang membandingkan contoh positif dan negatif beserta karakteristiknya.
  • Karakteristik pokok atau utama, yang digunakan untuk membuat dan mendefinisikan contoh dalam kategori konsep atau non-konsep.
  • Rentang karakteristik, yaitu merupakan konsep yang berkaitan dengan konsep lain dan memiliki sekumpulan karakteristik yang membatasi konsep, antara lain: 1. Superordinate (konsep yang terkait dengan konsep yang lebih luas); 2. Koordinat (konsep yang setara dan satu sama lain saling terkait); 3. Subordinat (subkategori atau bagian kecil dari suatu konsep).

Ciri dan Karakteristik Konsep

Setiap konsep memiliki karakteristik yang membuatnya dapat dikenali. Berikut ciri-ciri konsep:

  • Konsep mempunyai karakter abstrak yaitu gambaran mental dari objek, aktivitas dan peristiwa.
  • Secara umum, konsep adalah kumpulan objek yang berbeda dengan ciri dan kualitas tertentu.
  • Konsep bersifat pribadi, sehingga pemahaman seseorang tentang sesuatu mungkin berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • Konsep dapat diidentifikasi melalui proses pembelajaran dan pengalaman seseorang.

Kesimpulan

Dalam merancang sesuatu dibutuhkan konsep-konsep yang matang, dimana hal tersebut bertujuan untuk memberikan efektivitas dan efisiensi dalam prosesnya. Dan, untuk memudahkan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *