fbpx
Arti Lambang Pancasila

Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pancasila Negara Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah seharusnya kita memahami arti lambang pancasila secara lengkap dan jelas. Di setiap jenjang pendidikan harus mempelajari pancasila dari pendidikan SD hingga ke perguruan tinggi mata pelajaran ini pasti selalu ada. Untuk memahaminya secara menyeluruh ada baiknya kita memahami definisi pancasila terlebih dahulu.

Pancasila yang secara sepakat kita akui sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terdapat 5 (lima) sila yang menjadi dasar kehidupan bernegara dan berbangsa. Ideologi tersebut tergambar pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Pancasila itu sendiri berada/terletak pada dada burung garuda yang berbentuk perisai, yang masing-masing sila digambarkan dengan lambang:

  • Bintang
  • Rantai
  • Pohon Beringin
  • Kepala Banteng
  • Padi dan Kapas

Untuk lebih memahaminya mari kupas satu persatu arti lambang pancasila tersebut.

Bacaan Lain: Pengertian Ekonomi Makro Menurut Para Ahli

Arti Lambang Pancasila

Secara etimologi “Pancasila” berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari 2 kata yaitu “panca” yang artinya “lima” yang artinya “dasar”. Jadi, secara harfiah “Pancasila” berarti “Lima Dasar”. Setiap sila memiliki lambang dan arti yang berbeda-beda, berikut penjelasannya:

1. Arti Simbol Pancasila, Sila Pertama (Lambang Bintang)

Sila pertama dalam pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Adapun simbol yang digunakan pada sila pertama ini adalah lambang “Bintang” dengan lima sudut.

Lambang bintang pada sila pertama ini bermakna sebagai sebuah cahaya yaitu cahaya rohani yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia. Selain itu lambang “Bintang” juga diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi :

  1. Dasar Negara yang lima yaitu Pembukaan UUD Tahun 1945 alinea ke 4;
  2. Sifat Negara yang lima yaitu Pembukaan UUD Tahun 1945 alinea ke 2; dan
  3. Tujuan Negara yang lima yaitu Pembukaan UUD Tahun 1945 alinea ke 4.

Warna hitam yang melatar belakangi lambang “Bintang” tersebut bermakna warna alam dan juga dimaknai sebagai berkat rahmat Allah merupakan sumber segala yang ada di dunia ini. Nah seperti itulah penjelasan arti lambang pertama pancasila.

Bacaan Lain: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

2. Arti Simbol Pancasila, Sila Kedua (Lambang Rantai Emas)

Sila kedua dalam pancasila berbunyi “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Simbol yang digunakan pada sila kedua ini adalah lambang “Mata Rantai Emas” yang berbentuk lingkaran dan persegi yang saling berhubungan sehingga membentuk lingkaran.

Lambang rantai emas ini bermakna:

  1. Mata rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki
  2. Mata rantai yang berbentuk lingkaran melambangkan perempuan
  3. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan setiap manusia, dimana laki-laki dan wanita saling membutuhkan sehingga harus bersatu untuk menjadi kuat seperti rantai.

Jadi lambang sila kedua ini bermakna hubungan antar individu dalam masyarakat Indonesia diberlakukan secara adil dan beradab sehingga masyarakat dapat tumbuh menjadi kuat dan bersatu.

3. Arti Simbol Pancasila, Sila Ketiga (Lambang Pohon Beringin)

Sila ketiga dalam pancasila berbunyi “Persatuan Indonesia”. Simbol yang dipakai pada sila ketiga ini adalah lambang “Pohon Beringin” yang berakar dan sulur.

Adapun arti simbol Pohon Beringin ini adalah Pancasila merupakan tempat berlindung/berteduh bagi seluruh Rakyat Indonesia supaya tetap merasa aman dan nyaman walaupun Indonesia terdapat banyak perbedaan suku bangsa. Sedangkan makna “Sulur dan Akar” adalah lambang dari keberagaman suku bangsa di Indonesia. Jadi, dapat disimpulkan arti simbol sila ketiga adalah keanekaragaman suku bangsa di Indonesia yang bersatu dan berlindung di bawah Pancasila.

4. Arti Simbol Pancasila, Sila Keempat (Lambang Kepala Banteng)

Sila keempat dalam pancasila berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Simbol yang digunakan pada sila keempat ini adalah lambang “Kepala Banteng”.

Hewan banteng adalah hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul dengan sesamanya sehingga membuat kelompok banteng menjadi kuat dan dapat terhindar dari serangan hewan pemangsa.

Lambang “Kepala Banteng” tersebut bermakna bahwa masyarakat/rakyat Indonesia adalah makhluk sosial yang suka berkumpul dan bermusyawarah dalam pengambilan keputusan. Jadi, setiap keputusan diambil melalui jalan musyawarah dan mufakat bersama-sama.

Bacaan Lain: Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

5. Arti Simbol Pancasila, Sila Kelima (Lambang Padi dan Kapas)

Sila kelima dalam pancasila berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Simbol yang digunakan pada sila kelima ini adalah lambang “Padi dan Kapas”.

Lambang “Padi dan Kapas” ini memiliki makna sebagai kebutuhan dasar semua manusia untuk bertahan hidup yaitu kebutuhan pangan dan sandang. Kebutuhan tersebut yang dapat terpenuhi dengan baik dan adil adalah syarat utama agar sebuah negara dapat mewujudkan kemakmuran bagi seluruh rakyatnya. Hal inilah yang menjadi cita-cita tersirat pada sila kelima tersebut.

Kesimpulan

Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dan sebagai pelindung rakyatnya harus kita pahami secara menyeluruh untuk meningkatkan rasa nasionalisme kita. Dengan mengerti setiap arti lambang pancasila tersebut diharapkan kamu dapat mengimplementasikannya di kehidupan bermasyarakat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kamu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *