Menu

Arti Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Literasi-Menurut-Para-Ahli

Arti Literasi

Literasi, secara etimologis berasal dari bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah orang yang belajar. Jadi, arti literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.

Secara umum, literasi dapat diartikan sebagai “suatu kemampuan individu untuk menggunakan keterampilan dan potensi dalam memahami dan mengolah informasi (Baca: Pengertian Informasi) saat melakukan aktivitas membaca dan menulis”. Dapat disimpulkan bahwa literasi adalah kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, dan memecahkan permasalahan kehidupannya sehari-hari.

Baca Juga: Pengertian Organisasi

Arti Literasi Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan arti literasi, berikut ini pengertian literasi menurut para ahli:

1. Alberta

Alberta mengemukakan bahwa literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

2. Jack Goody

Jack Goody menjelaskan bahwa literasi adalah suatu kemampuan seseorang dalam membaca dan juga menulis.

3. Elizabeth Sulzby (1986)

Elizabeth Sulzby mendefinisikan literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi (berbicara, membaca, menulis dan menyimak) dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Manajemen Risiko

4. Merriam-webster.com

Merriam-webster.com menjelaskan literasi adalah suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

5. Harvey J. Graff (2006)

Harvey J. Graff mengartikan literasi adalah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca

6. UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)

UNESCO mendefinisikan literasi adalah seperangkat keterampilan nyata, terutama keterampilan dalam membaca dan menulis, yang terlepas dari konteks yang mana ketrampilan itu diperoleh serta siapa yang memperolehnya.

Baca Juga: Pengertian Efisiensi

Jenis-Jenis Literasi

Walaupun penggunaan kata literasi sudah banyak, tetapi pada dasarnya kata tersebut tetap merujuk pada kemampuan dasar seseorang atau individu dalam hal membaca dan menulis. Mengacu pada arti literasi menurut para ahli diatas, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis literasi:

1. Literasi Dasar

Kemampuan dasar manusia dalam membaca, menulis, mendengarkan, serta berhitung. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kemampuan seseorang atau individu dalam membaca, menulis, berkomunikasi, dan berhitung.

2. Literasi Teknologi

Kemampuan dalam mengetahui dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi (misalnya hardware dan software/aplikasi), mengerti cara menggunakan internet, serta memahami etika dalam menggunakan teknologi.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Literasi

3. Literasi Visual

Pemahaman atas kemampuan dalam menginterpretasi dan memberi makna dari suatu informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual hadir dari pemikiran bahwa suatu gambar bisa ‘dibaca’ serta artinya dapat dikomunikasikan dari proses membaca.

4. Literasi Perpustakaan

Kemampuan dalam memahami serta membedakan karya tulis berbentuk fiksi dan non-fiksi, memahami cara menggunakan katalog dan indeks, serta kemampuan memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis dan penelitian.

5. Literasi Media

Kemampuan dalam mengetahui serta memahami berbagai bentuk media (media cetak, media elektronik, dan lain-lain), dan memahami cara penggunaan setiap media tersebut.

Dengan memahami arti literasi menurut para ahli dan juga jenis-jenis literasi, dapat menambah kemampuan kamu dalam memahami sesuatu objek tulisan atau visual. Semoga bermanfaat.

Arti Literasi Menurut Para Ahli