10 Binatang Paling Cerdas Yang Wajib Kamu Ketahui

10 Binatang Paling Cerdas Yang Wajib Kamu Ketahui
image by pexels.com

Kecerdasan hewan sulit untuk didefinisikan karena “kecerdasan” memiliki berbagai bentuk. Pemahaman bahasa, kesadaran diri, kolaborasi, kasih sayang, pemecahan masalah, dan kemampuan matematika adalah contoh dari berbagai bentuk kecerdasan.

Sementara kecerdasan mudah terlihat pada primata lain, ada beberapa hewan lain yang mungkin lebih pintar dari yang Anda yakini. Berikut adalah beberapa yang binatang cerdas yang perlu kita ketahui.

1. Gagak

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-tom-swinnen-946344.jpg

Keluarga burung Corvid secara keseluruhan sangat cerdas. Magpies, jay, dan gagak terdiri dari kelompok. Burung ini adalah satu-satunya vertebrata selain primata yang membuat alatnya sendiri.

Gagak mampu mengenali wajah manusia, bertukar pikiran rumit dengan gagak lain, dan merenungkan masa depan. Banyak ahli membuat perbandingan antara IQ gagak dan anak manusia berusia tujuh tahun.

2. Simpanse

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-francesco-ungaro-1238352.jpg

Karena simpanse adalah sepupu hewan terdekat kita, tidak mengherankan jika mereka menunjukkan kecerdasan yang sebanding dengan manusia.

Simpanse membuat tombak dan senjata lainnya, menunjukkan spektrum emosi, dan mampu mengenali diri sendiri di cermin. Simpanse dapat memperoleh kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang melalui bahasa isyarat.

3. Gajah

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-rachel-claire-4577141.jpg

Gajah adalah satu-satunya hewan darat yang memiliki otak paling besar. Korteks otak gajah memiliki jumlah neuron yang sama dengan korteks otak manusia.

Gajah memiliki ingatan yang luar biasa, menunjukkan kerja sama, dan menunjukkan kesadaran diri. Mereka, seperti primata dan burung, berpartisipasi dalam perilaku bermain.

4. Gorila

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-chris-carter-913652.jpg

Gorila, seperti halnya manusia dan simpanse, adalah primata. Koko, sang gorila, menjadi terkenal dengan menguasai bahasa isyarat dan merawat kucing peliharaan.

Gorila mampu membuat frase mereka sendiri untuk berkomunikasi dengan orang-orang dan memahami penggunaan simbol untuk mewakili item dan ide-ide yang lebih canggih.

5. Lumba – Lumba

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-pixabay-162079.jpg

Lumba-lumba dan paus setara dengan burung dan primata dalam hal kecerdasan. Lumba-lumba dan paus, seperti primata, adalah mamalia.

Otak lumba-lumba sangat besar dibandingkan dengan ukuran fisiknya. Korteks otak manusia sangat rumit, tetapi otak lumba-lumba mengandung lebih banyak lipatan!

Lumba-lumba dan kerabatnya adalah satu-satunya makhluk laut yang telah lulus uji cermin kesadaran diri.

6. Babi

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-mali-maeder-110820.jpg

Babi mampu memecahkan labirin, memahami dan menampilkan emosi, dan memahami bahasa simbolik. Anak babi memahami konsep refleksi lebih awal dari manusia.

Anak babi berusia enam minggu dapat menentukan lokasi makanan ketika mereka melihatnya di cermin. Sebagai perbandingan, dibutuhkan waktu berbulan-bulan bagi bayi manusia untuk memahami konsep refleksi.

Babi juga dapat memahami representasi abstrak dan menggunakan kemampuan ini untuk bermain video game dengan menggunakan joystick.

7. Gurita

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-pia-3046629.jpg

Sementara kecerdasan paling sering dikaitkan dengan vertebrata, invertebrata tertentu sangat cerdas. Meskipun otak gurita adalah yang terbesar dari semua hewan, tiga perlima dari neuronnya terletak di lengannya.

Gurita adalah satu-satunya spesies invertebrata yang menggunakan alat. Otto, seekor gurita, dikenal sering melemparkan kerikil dan memercikkan air ke lampu di atas akuariumnya yang kuat untuk mempersingkatnya.

8. Burung Beo

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-tim-wells-4657306.jpg

Burung beo dikatakan sama cerdasnya dengan manusia muda. Burung-burung ini mampu memecahkan masalah dan memahami pengertian sebab dan akibat.

The African Grey adalah Einstein dari dunia burung beo, seekor burung yang terkenal karena ingatannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk menghitung.

Burung beo abu-abu Afrika mampu mempelajari banyak kata manusia dan menggunakannya secara kontekstual untuk berkomunikasi dengan manusia.

9. Anjing

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-julissa-helmuth-3726314.jpg

Teman terdekat Manusia Berkomunikasi dengan orang-orang melalui kecerdasannya. Anjing memiliki kecerdasan emosional, empati, dan pemahaman bahasa simbolik. Menurut Stanley Coren, seorang spesialis kecerdasan anjing, tipikal anjing memahami sekitar 165 kata manusia.

Namun, mereka bisa belajar lebih banyak. Chaser, seekor border collie, menunjukkan pemahaman 1022 kata. The Behavioral Processes Journal merilis pemeriksaan leksikonnya dalam edisi Februari 2011.

10. Raccoon

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-pixabay-54602.jpg

The Crow and the Pitcher, kisah Aesop, mungkin pernah ditulis tentang rakun. Rakun diberi sebotol air berisi marshmallow dan batu oleh para peneliti di Pusat Margasatwa Nasional USDA dan Universitas Wyoming.

Rakun harus menaikkan ketinggian air untuk mengakses marshmallow. Setengah dari rakun menemukan cara mendapatkan hadiah menggunakan batu. Yang lain baru saja menemukan metode untuk menjatuhkan pelempar.

Rakun juga terkenal karena kemampuannya untuk mengambil kunci dan dapat menyimpan informasi tentang solusi untuk masalah selama tiga tahun.

11. Hewan Cerdas Lainnya

C:\Users\Fancy\Downloads\pexels-genaro-servín-763197.jpg

Memang, daftar 10 makhluk hanya mencakup sepotong kecerdasan hewan. Tikus, tupai, kucing, berang-berang, merpati, bahkan ayam adalah beberapa makhluk yang cukup cerdas.

Organisme pembentuk koloni seperti lebah dan semut menunjukkan kecerdasan yang unik. Sementara serangga individu mungkin tidak mencapai hal-hal besar, serangga berkolaborasi untuk memecahkan tantangan dengan cara yang melampaui kecerdasan vertebrata.

Sumber: thoughtco.com

1 Shares:
Leave a Reply