4 min read

6 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Views Video YouTube Kamu

6 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Views Video YouTube Kamu
Photo by Jesus Loves Austin / Unsplash

Apakah kamu menggunakan YouTube untuk mempromosikan bisnis, situs web/blog, atau hanya untuk meningkatkan profil pribadi kamu? YouTube adalah platform promosi hebat dengan basis pengguna besar lebih dari 1 miliar pelanggan. Dan mereka menonton miliaran video setiap hari tentang berbagaimacam suggestion yang dapat kamu nikmat.

Jadi, jika kamu menggunakan YouTube untuk mempromosikan bisnis kamu, atau berpikir untuk mencoba jejaring sosial populer, kamu berada di tempat yang tepat. Dalam posting ini, akan dijelaskan 6 tips dan trik YouTube terbaik yang akan membantu kamu mengembangkan channel kamu.

1. Engage dan Socialize

Pada akhirnya, YouTube adalah jaringan sosial. Dengan fokus pada “sosial” yang berarti untuk mengembangkan saluran Anda, kamu perlu melibatkan penggemar dan subcriber kamu. Dan menanggapi komentar yang kamu dapatkan.

Kamu dapat menggunakan video dan deskripsi video kamu untuk mengajukan pertanyaan kepada penonton. Dan untuk memberi mereka alasan untuk ingin terlibat dengan konten kamu.

Dan ketika mereka merespons, kamu dapat menggunakan alat manajemen media sosial seperti Agorapulse untuk membantu kamu mengelola semua komentar kamu dengan lebih mudah dan cepat.

Idealnya, seperti halnya jejaring sosial lainnya, kamu harus berusaha untuk menanggapi komentar sesegera mungkin, karena ini adalah cara terbaik untuk memulai percakapan. Plus, jika kamu mendapatkan komentar negatif, kamu tidak ingin komentar tersebut dibiarkan terlalu lama, untuk dilihat orang lain.

Pastikan untuk memoderasi komentar kamu terlebih dahulu dan melihat semuanya di satu tempat. Serta tanggapi mereka dari dalam dasbor yang sama untuk mempermudahnya. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan konten kreator YouTube lainnya untuk dapat memantau nama kamu di seluruh video dan komentar.

2. Manfaatkan Tab Saluran Komunitas Untuk Meningkatkan Engagement

Cara lain untuk meningkatkan keterlibatan YouTube kamu, yang berdampak langsung pada kesuksesan channel kamu adalah dengan memanfaatkan tab Komunitas.

Kamu dapat menemukannya di halaman saluran Anda:

  • Di sini, kamu dapat memposting konten seperti yang kamu lakukan di Facebook atau Twitter, misalnya, untuk melibatkan penonton kamu (baik subscriber maupun non-subscriber).
  • Gunakan kesempatan untuk memposting semua jenis konten yang menarik. Seperti gambar di balik layar dari pengalaman pembuatan film terbaru Anda. Atau mungkin GIF yang mempromosikan video kamu yang akan datang.

Pastikan juga untuk memberi tahu audiens tentang tab Komunitas Anda. kamu dapat memposting video tentang itu di mana kamu berbicara tentang tab komunitas baru kamu dan memberi tahu orang-orang untuk memeriksanya. Jangan lupa sebutkan di deskripsi video juga. Dan kamu juga dapat mempromosikannya di saluran digital kamu yang lain.

3. Buat Thumbnail Semenarik dan Sekreatif Mungkin

Membuat thumbnail membutuhkan waktu beberapa menit (bahkan detik setelah kamu menyiapkan template!) untuk dibuat. Dan mereka dapat membuat perbedaan besar bagi kesuksesan kamu di YouTube.

Itu karena thumbnail acak yang kamu dapatkan membosankan, terkadang tidak menarik, dan jarang menarik perhatian. Namun gambar mini yang penuh warna dan dirancang dengan baik akan menarik perhatian orang dan akan membantu video kamu menonjol dalam daftar:

  • Selain itu video, seperti yang saya sebutkan sebelumnya,itu sangat mudah dibuat. kamu hanya memerlukan alat gratis seperti Canva atau Crello; pilih Thumbnail YouTube dari daftar format untuk memulai:
  • Anda akan menemukan banyak pilihan template dan gaya yang berbeda untuk membantu kamu memulai. Yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan thumbnail sesuai keinginan Anda.
  • Pastikan itu sesuai dengan branding kamu dalam hal warna yang digunakan dan coba gunakan elemen dan warna desain yang menarik. Dan, tentu saja, jangan lupa untuk menyertakan beberapa teks yang memberi tahu pemirsa tentang video tersebut.

4. Buat Jadwal Posting, dan Lakukan Secara Konsisten

Sangat sulit untuk mengembangkan saluran jika kamu tidak memposting konten baru secara konsisten, dan sering. Kamu tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak orang dengan semakin banyak video yang kamu miliki, tetapi pelanggan kamu akan tahu persis kapan harus menunggu video baru dari Anda.

Luangkan waktu untuk menyusun jadwal sebelumnya:

  • Tetapkan hari dalam seminggu (sebaiknya, beberapa hari dalam seminggu) dan waktu yang tepat untuk mengunggah video kamu setiap hari
  • Rencanakan strategi konten yang beragam dengan berbagai jenis video: caranya ke video, video animasi, video listicle, dan sebagainya.

Memproduksi konten sebanyak ini secara terus-menerus bisa memakan waktu yang lama. Tetapi kamu dapat menggunakan alat pemasaran video untuk membantu, alih-alih merekam dan mengedit semuanya sendiri.

Misalnya, alat seperti Slidely dan Wave memiliki perpustakaan besar dari jutaan klip video stok. Yang dapat kamu gunakan untuk mengedit bersama video aksi langsung yang menarik. Anda juga dapat menambahkan teks dan elemen desain lainnya, menambahkan musik dan sulih suara, serta menandai video kamu dengan air.

Atau, jika kamu ingin mendiversifikasi konten video kamu dengan format lain, kamu dapat menggunakan alat seperti Vyond dan Powtoon untuk membuat video animasi. Dan tidak, kamu tidak perlu tahu apa-apa tentang animasi atau pengeditan video untuk membuat animasi kamu sendiri.

5. Optimalkan Video Kamu Dengan SEO YouTube

Google mungkin menjadi raja dalam hal mesin pencari, tetapi YouTube ada setelahnya. Bagaimanapun, ini adalah situs web terpopuler kedua di dunia pada Mei 2018, dengan ratusan juta orang menggunakannya setiap hari. Dan mereka secara aktif mencari video sehingga kamu perlu memastikan bahwa mereka juga dapat menemukan video Anda.

Ada beberapa elemen penting yang menjadi faktor pengoptimalan video YouTube. Beberapa yang paling penting adalah kata kunci dan tag yang kamu gunakan. Sama seperti yang kamu lakukan dengan posting blog, gunakan kata kunci yang relevan dalam judul dan deskripsi video kamu dan tambahkan tag yang relevan ke setiap video yang kamu posting.

Untuk membantu, kamu dapat menggunakan alat seperti TubeBuddy, yang merupakan ekstensi peramban bersertifikasi YouTube dengan beberapa fitur berguna, termasuk fitur SEO video. Ini dapat membantu Anda:

  • Cari tahu kata kunci dan tag apa yang berhasil digunakan pesaing kamu di video mereka (atau video YouTube apa pun).
  • Dapatkan saran tag saat kamu mengetikkan deskripsi dan judul video.
  • Lacak peringkat video Anda.
  • Temukan tag yang paling sering digunakan untuk topik/ceruk apa pun.

Elemen lain yang diperhitungkan dalam peringkat kamu dan akan membantu meningkatkan SEO kamu adalah keterlibatan dan jumlah pelanggan. Itulah mengapa sangat penting untuk mendorong pemirsa agar terlibat dengan kamu dan memberikan komentar, serta berlangganan saluran Anda.

Dalam hal jumlah pelanggan, YouTube tidak hanya peduli berapa banyak pelanggan yang kamu miliki. Lagi pula, itu berarti kamu hanya akan melihat hasil dari saluran terbesar. YouTube juga melihat berapa banyak pelanggan yang kamu dapatkan setelah melihat salah satu video Anda.

YouTube menggunakan statistik ini pelanggan dan keterlibatan untuk mengukur kualitas video dan saluran Anda. Jika video kamu membuat orang ingin membagikannya, meninggalkan komentar, dan/atau berlangganan saluran Anda, itu berarti video kamu cukup bagus untuk muncul lebih tinggi di hasil pencarian orang.

6. Gunakan Jasa Pasarview.com Untuk Meningkatkan Jumlah Tayangan Channel Kamu

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan layanan view . Pasarview.com memiliki cara kerja yang relatif mudah dalam meningkatkan jumlah tanyangan video di channel youtube kamu.

  • Kamu melakukan deposit sebesar Rp. 100000, diawal pendaftaran.
  • Selanjutnya membuat kampanye iklan video dengan memasukan URL video youtube kamu.
  • Kemudian tim pasarview.com akan mereview konten video kamu sebelum dipublish.
  • Sebagai advertiser, kamu harus memperhatikan pemilihan durasi iklan yang akan dipasang.
  • Setelah iklan video youtube kamu disetujui, maka selanjutnya URL video kamu akan secara otomatis masuk kedalam sistem marketplace.
  • Selesai, tayangan video youtube kamu akan secara otomatis meningkat sesuai dengan budget iklan yang dimiliki.