Cara Ampuh Lejitkan Penjualan Toko Olshop Kamu

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Toko Olshop Kamu

Apakah tahun ini adalah tahun peluncuran toko eCommerce Anda? Sektor eCommerce berkembang dari tahun ke tahun. Pada 2020 saja, telah diproyeksikan bahwa penjualan eCommerce akan mencapai 2/3 dari total ritel di seluruh dunia, sementara perkiraan menunjukkan bahwa penjualan eCommerce global akan mencapai 4,48 triliun dolar AS pada tahun 2021.

Berapapun angka pastinya, pertumbuhannya sangat pesat. Dan dengan pertumbuhan yang begitu cepat, muncul kebutuhan akan perubahan pesat dari para pedagang, untuk mengikuti perubahan dari teknologi yang mempercepat pertumbuhan tersebut dan mengubah kebiasaan belanja pelanggan.

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini ada di mana-mana, sementara seluler berubah dan mengembangkan eCommerce dengan cara yang tak terbayangkan. Jika Anda ingin mengikuti pertumbuhan eCommerce di tahun ini, sudah tidak cukup lagi hanya memposting gambar produk yang cantik dan berharap akan muncul di pencarian google, dengan teknik SEO yang minimal.

Agar dapat terus bersaing dengan platform marketplace seperti tokopedia, shopee, lazada, dll, sekaranglah waktunya untuk beradaptasi dengan tren baru sehingga toko online Anda tidak ketinggalan.

Mari kita lihat cara tingkatkan penjualan toko online kamu di tahun ini.

Instagram Shopping

Instagram shopping yang menerapkan pendekatan native content merupakan kunci keberhasilan berjualan di media sosial. Para pelanggan atau calon pembeli tidak harus meninggalkan platform sosial media yang saat ini mereka gunakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Cara ini telah terbukti sukses besar di kalangan konsumen. Ini masalah kenyamanan, orang-orang tidak ingin lagi meninggalkan platform yang mereka gunakan kecuali mereka benar-benar harus melakukannya. Dan jika mereka sedang tidak ingin membeli, mereka hampir tidak akan meninggalkan Instagram. Jadi mengapa tidak memberi mereka opsi untuk membeli lewat aplikasi saja?

Jika kamu menjual barang di Tokopedia atau Shopee, platform ini memberikan kesempatan merchant untuk menjalankan kampanye iklan native. Iklan native ini sangat kontekstual, yang berarti iklan tersebut hanya akan muncul di halaman produk terkait, sehingga meningkatkan peluang konversi dan penjualan Anda.

Pada platform seperti Facebook dan Instagram, kuncinya adalah mendapatkan umpan pelanggan dengan sesuatu yang mereka inginkan. Saat ini, orang-orang umumnya telah menggunakan media sosial untuk berbelanja, itulah sebabnya sangat untuk meyakinkan mereka untuk mengunjungi toko Anda.

Jaga Konsistensi Merek Anda

Brand positioning sangat penting untuk menjaga brand engagement. Hal baik adalah membentuk, memposisikan, dan mempertahankan merek tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bagi merchant yang menjual di marketplace. Umumnya pelanggan mencari merek secara langsung di kotak pencarian. Jika Anda tidak memiliki merek yang dapat dikenali dan dipercaya maka hal ini sulit untuk membangun hubungan dengan konsumen.

Ciptakanlah merek dengan nilai-nilai yang sesuai dengan target konsumen Anda. Dengan citra yang baik dan terpercaya maka hal tersebut dapat mengikat konsumen dengan produk yang kamu tawarkan.

Gunakan Teknologi Chatbots

Chatbots memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Terutama jika saat ini pelanggan Anda sudah ribuan, maka chatbot meningkatkan pengalaman pelanggan karena mereka tersedia 24/7 untuk melayani pelanggan. Walaupun saat malam hari pelanggan ingin membeli, chatbot membuat semuanya berjalan dan memastikan bahwa pelayanan selalu ‘aktif’.

Ini penting karena sekarang miliaran dari kita menggunakan Whatsapp, Facebook Messenger, Telegram untuk mengirim miliaran pesan setiap bulan. Jadi pelanggan dapat terhubung dengan penjual di mana pun mereka berada, di perangkat apa pun, dan kapan pun.

Fasilitas chatbots dapat membuat pelanggan Anda senang. Chatbot adalah sejenis Artificial Intelligence (AI) yang mampu menanggapi pelanggan Anda dengan cepat, dan dengan jawaban yang memuaskan dan terperinci yang meredakan kekhawatiran mereka dan menyelesaikan masalah mereka. Sama seperti halnya chatbot tanya veronika asisten virtual besutan telkomsel.

Jika Anda tidak dapat terus mengikuti layanan pelanggan (dan layanan pelanggan sekarang harus menjadi prioritas Anda), terapkan chatbots untuk melakukannya.

Ingatlah, bahwa keterlibatan pengguna adalah kunci sukses tingkatkan penjualan.

Utamakan Pengguna Smartphone

Pemilik situs online shop harus membuat tampilan websitenya responsive. Diperkirakan 10 miliar lebih perangkat seluler yang terhubung dengan internet saat ini.

Bagi Anda menjual B2C secara menggunakan platform web seperti woocommerce atau shopify, Anda harus menempatkan seluler di garis depan pikiran Anda. Bukan hanya memiliki situs web yang ramah seluler lagi. Pembayaran seluler akan disederhanakan dengan teknologi pengenalan wajah dan sidik jari. Lalu ada pembayaran sekali klik (One Click Payment), yang selanjutnya akan mendorong pembeli untuk meninggalkan desktop.

Perusahaan-perusahaan seperti Starbucks sudah memiliki aplikasi Pemesanan dan pembayaran mobile, dan ini terbukti menjadi trend dengan konsumen yang menyukai kenyamanan dan kecepatan.

Mengoptimalkan Penelusuran Suara di Google

Penelusuran suara mungkin masih belum populer bagi masyarakat Indonesia. Namun,
para analis berpendapat bahwa pencarian suara mungkin akan mematikan pemasaran pencarian berbasis layar, dan bukan rahasia lagi bahwa pencarian suara semakin baik dari waktu ke waktu

Statistik membuktikan bahwa penjualan Amazon Alexa meningkat, Google telah bermitra dengan raksasa ritel Walmart dalam pencarian berbasis suara, sementara 40% milenial sudah menggunakan pencarian suara untuk melakukan pembelian online.

Tapi bagaimana toko online Anda bisa beradaptasi dengan pencarian suara? Ini tergantung pada strategi SEO yang Anda terapkan. Strategi SEO yang efektif adalah yang membuat toko Anda terlihat di Google. Sekarang pencarian suara sedang meningkat, Anda perlu menyesuaikan strategi sehingga 40% milenial tersebut dapat menemukan toko dan produk Anda di hasil pencarian.

Hal utama yang harus dilakukan adalah menargetkan kata kunci pertanyaan. Saat seseorang menggunakan penelusuran suara, biasanya pertanyaan yang diajukan, seperti “di mana saya bisa menemukan jaket kulit pria di dekat saya?”

Metode ini cukup ampuh agar toko online kamu ada di pencarian pertama Google.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ingin meningkatkan penjualan berarti harus mengikuti perubahan teknologi. Cara kita berbelanja sangat berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu, dan dalam 2 atau 3 tahun dari sekarang ini bisa menjadi lebih keren lagi.

sumber: medium.com/@floship

1 Shares:
Leave a Reply