Cara Ampuh Mencukur Bulu Ketiak Tanpa Takut Kulit Jadi Gelap

Cara Ampuh Mencukur Bulu Ketiak Tanpa Ada Efek Hitam
Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Kamu pasti sedang mencari-cari tips ampuh mencukur bulu ketiak tanpa harus khawatir terjadi penggelapan di area ketiak. Mencukur adalah cara tercepat untuk membuat ketiak bersih, halus, dan lembut. Tapi beberapa kasus, ternyata dapat menggelapkan arena ketiak kamu. Jadi, mari pelajari cara mencukur ketiak dengan cara yang tepat

Mencukur ketiak dapat membantu menghilangkan bau badan dan ketiak terlihat lebih menarik. Ini adalah salah satu proses terpenting dalam menghilangkan bulu atau rambut. Kamu pun semakin merasa percaya diri saat mengenakan baju tanpa lengan.

Kamu bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Namun ada beberapa kesalahan selama mencukur yang dapat menggelapkan ketiak. Nah, untuk mencegahnya kamu dapat melakukan beberapa hal untuk mencukur bulu ketiak tanpa takut menghitam.

Tips Mencukur Bulu Ketiak Dengan Benar

Daftar Isi

Jika kamu mengikuti tips dibawah ini, maka kamu pasti tidak akan mengalami masalah tersebut.

1. Gunakan pisau cukur yang tajam dan berkualitas

Tip pertama dan terpenting adalah kamu harus memilih pisau cukur yang tajam dan berkualitas. Pisau cukur yang tajam dapat menghilangkan rambut pada cukuran pertama. Saat kamu mencukur ketiak, jika kamu menggeser pisau cukur beberapa kali, maka hal tersebut dapat membuat ketiak menjadi gelap.

Pisau cukur yang tajam akan menghilangkan rambut dengan cepat dan kamu tidak perlu mencukurnya berulang-ulang. Tindakan menggosok pisau cukur dapat melukai kulit ketiak kamu dan ketika kulit tersebut sembuh, maka warnanya akan menjadi gelap.

Ini juga menyebabkan benjolan dan bekas luka akibat pisau cukur yang tidak tajam. Jadi, lebih baik menggunakan pisau cukur bermerek yang memiliki mata pisau berkualitas tinggi. Akan lebih baik memilih pisau cukur bermata 3 atau lebih

2. Pakailah krim dan gel cukur yang berkualitas

Rutinitas sebelum bercukur juga sangat penting. Sebelum bercukur, kamu harus melembabkan kulit bagian ketiak terlebih dahulu. Gel cukur atau krim cukur yang berkualitas akan membuat rambut menjadi lembut dan mendinginkan kulit ketiak kamu. Sehingga saat kamu menggeser pisau cukur, maka kulit tidak akan iritasi akibat pisau cukur tersebut. Ini juga akan mencegah luka atau bercak.

Sebenarnya kulit ketiak itu sangat lembut dan sensitif. Itu sebabnya mudah sekali iritasi. Jika kamu tidak mengikuti tip mencukur yang benar selama bercukur, maka kamu mungkin harus menghadapi beberapa masalah seperti luka yang tidak diinginkan, benjolan karena pisau cukur, rambut yang tumbuh ke dalam, dll. Itulah sebabnya pencukuran yang tepat adalah bagian terpenting dari proses mencukur ketiak untuk menghindari efek gelap.

3. Kulit ketiak harus dilembutkan dan dibersihkan sebelum bercukur

Untuk mempermudah proses mencukur, kamu perlu mengingat bahwa kulit yang lembut dan terkelupas lebih baik daripada kulit kering. Cara paling efektif untuk melembutkan kulit sebelum bercukur adalah dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan kulit tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan handuk basah untuk membersihkannya. Saat kulit lembut, kamu bisa mendapatkan hasil cukur yang lebih mulus dan membantu mengangkat sel kulit mati. Ini membuka pori-pori dan kamu bisa bercukur lebih cepat tanpa takut terjadi iritasi kulit.

4. Mencukur ke arah yang benar

Kamu harus ingat bahwa mencukur ke arah yang benar pada bulu ketiak membantu mencegah benjolan akibat gesekan pisau cukur. Jika kamu ingin mencukur lebih dalam maka kamu bisa mencukur berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut, namun hal tersebut akan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan akan ada benjolan akibat pisau cukur.

Namun, jika kulit kamu sangat sensitif, jangan menggeser pisau cukur lebih dari dua kali. Benjolan akibat gesekan pisau cukur juga merupakan penyebab utama ketiak menggelap. Jadi, pastikan untuk mencukur hanya melawan pertumbuhan rambut kamu.

5. Gunakan pelembab atau gel setelah bercukur

Sangat penting untuk melembabkan ketiak setelah bercukur, karena setelah bercukur, kulit ketiak akan menjadi kering. Ini dapat menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih gelap dari yang sebelumnya. Pelembab yang tepat dapat membuat ketiak lebih lembut dan lembab.

6. Tips menggunakan pisau cukur dengan benar

  • Bilas pisau cukur dengan air hangat sebelum digunakan.
  • Kamu harus mengganti silet setelah digunakan 3 – 4 kali.
  • Bilas pisau cukur dengan benar setelah digunakan.
  • Simpan pisau cukur dengan benar dengan menjaganya tetap kering. Karena kelembaban akan menyebabkan karat.
  • Jangan berbagi pisau cukur dengan orang lain, karena dapat meningkatkan kemungkinan infeksi atau penyebaran penyakit.
  • Karat dan berbagi alat cukur dapat meningkat terinfeksi tetanus.

Penyebab Lain Kulit Ketiak Bisa Gelap

Kamu dapat menggunakan krim pencerah kulit untuk memperbaiki corak ketiak yang menggelap. Tetapi kamu harus mengikuti tips mencukur dengan benar agar terhindar dari area gelap di kulit ketiak

1. Apakah mencukur ketiak dapat membuat kulit gelap?

Seperti yang mungkin kita ketahui, saat kita mencukur ketiak, itu menjadi sedikit merah dan meradang. Jika kamu mencoba memakai aftershave di atasnya, rasanya seperti terbakar.

Ini berarti mencukur lapisan atas kulit bersama dengan rambut. Seperti pada luka lainnya, kulit akan memperbaiki selnya sendiri dan lapisan paling atas akan menjadi lebih gelap daripada bagian lainnya.

2. Mengapa ketiak kamu bisa berwarna gelap?

Selain mencukur, ketiak gelap sering terjadi akibat kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans (AN). Itu cenderung menggelapkan lipatan di sekitar tubuh kamu. Ini sering terjadi pada orang yang obesitas, jadi terdapat banyak lipatan di tubuhnya. 

3. Bagaimana cara mencukur bulu ketiak dengan bersih?

  • Gunakan gel atau busa cukur, dan eksfoliasi ketiak dengan benar.
  • Cukur searah rambut, bukan berlawanan dengan arah rambut.
  • Gunakan pisau bermata tiga atau lebih, pisau cukur berkualitas dapat menghindari pengulangan, karena pengulangan mencukur adalah penyebab utama ketiak menjadi gelap.

Jika kamu harus mencukur ketiak secara rutin (terkadang sebagai persyaratan pekerjaan), maka kamu harus mempertimbangkan untuk beralih ke waxing. Ini memang sedikit menyakitkan tapi bisa dilakukan sekali atau dua kali sebulan. Waxing tidak akan menggelapkan area ketiak.

4. Apakah mencukur dapat menggelapkan area kulit kemaluan?

Mencukur secara rutin dengan pisau cukur cenderung dapat menggelapkan area kemaluan karena respons kulit terhadap lecet dan luka. Ini umumnya dikenal sebagai hiperpigmentasi. Untuk menghindarinya, kamu harus mengikuti prosedur yang tepat seperti yang dibahas di atas.

5. Bagaimana cara menghilangkan kulit ketiak gelap dalam semalam?

Kita memiliki kecenderungan mencari cara cepat untuk memperbaiki keadaan dalam semalam dan begitu pula menghilangkan kulit ketiak gelap dalam waktu semalam. Namun, hanya ada satu cara untuk membuat ketiak kamu lebih cerah, yaitu dengan memutihkan kulit tersebut.

Harap diingat bahwa jika kulit kamu sensitif maka itu bukanlah cara terbaik. Namun, jika kmu ingin menjaga kulit ketiak tetap cerah, maka kamu harus mengikuti perawatan kulit yang tepat.

6. Mana yang lebih baik waxing atau mencukur bulu ketiak?

Tergantung dari apa yang kamu inginkan. Waxing memang menyakitkan, tetapi akan membuat kulit ketiak lebih bersih selama hampir 1 bulan. Rambut yang baru tumbuh akan lebih lemah dan kurang lebat dari yang sebelumnya. Rambut yang tumbuh tersebut juga tidak akan terlalu menusuk dibandingkan dengan rambut yang dicukur.

Mencukur ketiak dengan pisau cukur akan membuka kulit dari benjolan pisau cukur, rambut baru yang menusuk, pencukuran biasa dan kulit ketiak yang menghitam (karena pencukuran biasa). Jadi, bisa dikatakan bahwa waxing bulu ketiak lebih baik daripada mencukurnya.

7. Bagaimana pasta gigi dapat menghilangkan kulit ketiak yang gelap?

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, pasta gigi mengandung unsur (bahan kimia) tidak hanya untuk melawan kuman dan bau mulut (yang disebabkan oleh kuman dan bakteri), tetapi juga memiliki sifat pemutih yang ringan agar lebih putih.

Bahan bleaching yang digunakan tidak terlalu keras karena seringkali kita cenderung menelan sedikit, terutama ketika anak-anak. Ternyata, bahan fluoride dalam pasta gigi dapat mengiritasi kulit ketiak, jadi jika kamu memiliki kulit sensitif maka ini mungkin bukan metode terbaik untuk menghilangkan kulit ketiak yang gelap. Kamu dapat mencoba pengobatan rumahan lainnya.

8. Bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur atau waxing?

Jika kamu tidak ingin menahan sakitnya waxing bulu ketiak atau sakit kepala karena harus mencukurnya setiap 3 hari, maka ada dua cara untuk untuk memecahkan masalah tersebut:

  • Menghilangkan bulu ketiak dengan laser.
  • Menggunakan krim penghilang bulu atau krim penghilang rambut.

Penghilangan bulu dengan laser memang lebih mahal daripada krim penghilang bulu, tetapi ini adalah metode penghilangan rambut secara permanen. Krim penghilang rambut akan menghilangkan bulu ketiak kamu tanpa rasa sakit tetapi tidak menghilangkannya sepenuhnya, sebagian rambut akan selalu tidak tersentuh.

Ini juga bukan solusi permanen dan kamu akan mengulangi secara rutin. Beberapa orang juga menemukan penggunaan krim penghilang rambut namun malah membuatnya iritasi dan beberapa ada yang terjadi kemerahan dan ruam. Pastikan untuk memilih metode yang cocok untuk kulit kamu.

1 Shares:
Leave a Reply