Cara Menabung Masa Kini di Tabungan Emas Online ala Milenial

Cara Menabung Masa Kini di Tabungan Emas Online
photo by unsplash/sharonmccutcheon

Menabung emas online merupakan salah satu cara “kekinian” dalam berinvestasi demi masa depanmu. Untuk waktu yang cukup lama emas memang terkesan sebagai investasi yang “mengerikan” karena harga per gramnya relatif mahal sehingga sulit dijangkau. Ini membuat para pengecer yang bermodal rendah keburu takut dan minder. Padahal, tabungan emas amat sangat menjanjikan mengingat bahwa tren harga emas yang stabil dan bahkan terus mengalami kenaikan dalam jangka panjang.

Untungnya, seiring dengan kemajuan teknologi keuangan digital (fintech), saat ini kita sudah bisa membeli dan menabung emas dengan modal kecil. Membeli dan menabung emas sudah seperti judul lagu Oasis “Little by little,” sedikit demi sedikit. Dan sedikit yang saya maksud bukan lagi dalam ukuran 1 atau 1/2 gram, akan tetapi 0,01 gram atau sekitar Rp. 5000. Beli emas sudah seperti beli cemilan di warung.

Lalu, apa sesungguhnya menabung emas online itu? Apa saja keuntungan yang akan kita dapat? Dan bagaimana cara melakukannya?

Apa itu tabungan emas online?

Tabungan emas online adalah layanan penitipan saldo emas secara digital melalui jaringan internet. Bila membeli secara offline (cara konvensional) kamu akan memperoleh emas fisik, secara online kamu akan memiliki emas dalam bentuk saldo yang jumlah dan nominalnya bisa kamu lihat secara real time. Nantinya, ketika saldo emasmu sudah mencapai jumlah tertentu (biasanya minimal 1 gr), kamu bisa memilih untuk mencetaknya secara fisik.

Karena yang diperjualbelikan bukan emas dalam bentuk fisik, kamu bisa membeli emas dalam jumlah yang amat kecil. Kamu bisa membeli emas mulai dari Rp. 5000.

Dengan menabung emas secara online, kamu tidak hanya bisa membeli emas, melainkan juga bisa menjualnya kapanpun dan dimanapun. Bayangkan ketika harga emas naik dan kamu menekan tombol “jual” saat itu juga. Kamu dapat cuan besar. Gak perlu repot-report ke toko emas untuk menjualnya.

Ringkasnya, dengan tabungan emas online kamu bisa membeli emas secara eceran, instan, sedikit demi sedikit jadi “bukit.” Emas yang kamu beli melalui penyedia layanan melalui aplikasi atau marketplace tertentu. Pembayarannya juga mudah, bisa dilakukan dengan transfer bank atau dompet digital (digital wallet). Simple kan!

Manfaat tabungan emas online

Semua penjelasan tadi terdengar sangat menjanjikan, ya? Tapi, apa sesungguhnya keuntungan menabung emas online? Dilansir dari Duwitmu.com, berikut ini 5 (lima) keuntungan menabung emas online.

Harga emas relatif stabil

Harga emas relatif stabil dan bahkan cenderung meningkat. Kenapa? Emas umumnya dipandang sebagai komoditas yang kebal dan tahan terhadap inflasi. Nilai emas lebih ajek (tetap) bila dibandingkan dengan nilai mata uang (kurensi) atau komoditas lain. Karena itu emas kerap dipakai sebagai penjamin mata uang tertentu.

Stabilitas harga dan keajekan nilai emas menjadikannya salah satu pilihan investasi teraman. Kamu bisa membeli emas dengan harga murah saat ini dan menjualnya berkali lipat di masa depan. Hold atau tahan, kata orang-orang. Simpan selama mungkin karena harganya cenderung akan terus naik.

Mudah dicairkan

Mencairkan tabungan emas online tidaklah sulit. Ada 2 (dua) cara, pertama, kamu bisa mencairkan tabungan dengan menjual saldo emas tabunganmu secara langsung lewat aplikasi. Dan yang kedua, bila saldo yang kamu miliki sudah mencapai jumlah tertentu (minimal 1 gram), kamu bisa mencetak tabungan emas secara fisik dengan tambahan fee cetak. Di beberapa penyedia layanan, kamu bisa mencetak tabungan emas menjadi perhiasan.

Aman

Ini merupakan bagian yang amat penting. Kamu harus menentukan penyedia layanan tabungan emas online yang bisa dipercaya atau kredibel. Ada banyak penyedia layanan di luar sana. Mencobanya satu-satu tentu bukan hal yang bijak. Tapi, kamu perlu memilih penyedia layanan yang sudah memiliki track record yang positif seperti Pegadaian. Pegadaian merupakan BUMN yang terdaftar sebagai lembaga hukum, terpercaya dan berpengalaman selama puluhan tahun.

Terjangkau

Lewat Pegadaian, kamu bisa membeli emas dalam satuan kecil mulai dari 0,01 gr. Dengan demikian, kamu bisa menabung emas dengan lebih mudah dan fleksibel. Ada uang Rp. 5000 saja? Kamu bisa beli emas. Ada sisa kembalian jajan Chatime Rp. 15000? Bisa kamu pakai beli emas. Dan saat saldo emasmu sudah cukup, kamu bisa mencetak jadi emas fisik.

Praktis dan Mudah

Ingat lirik lagu Koesplus ini “Buat apa susah, susah itu tak ada gunanya?” Saat ini, saat kemajuan teknologi dapat membantu segala urusan hidup kita, termasuk untuk membuka tabungan emas secara online, susah itu makin gak ada gunanya. Berkat kecanggihan ponsel (smartphone) yang sangat luar biasa, kamu bisa membuka tabungan emas secara online, dimanapun dan kapanpun.

Atau, jika kamu masih gagap dengan perkembangan teknologi ini, kamu bisa mengunjungi outlet Pegadaian untuk menimba ilmu, informasi atau minta diajari sama mbak-mbak CSnya. Buka tabungan emas online dengan bantuan agen resmi Pegadaian, lalu top up saldo awal sesuai kemampuan dan keinginan kamu. Congratulation, kamu punya tabungan emas.

Cara mudah membuka tabungan emas online

Sebagai contoh, kita akan menggunakan layanan tabungan emas online dari Pegadaian. Seperti ditulis di atas, Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang sudah punya pengalaman panjang dalam bisnis jual-beli emas. Selain itu, cara membuka tabungan emas online di Pegadaian juga terbilang sangat mudah. Jadi amat pas menggambarkan sangat gampangnya membuka tabungan emas secara online. Berikut cara praktis bagi kamu yang ingin membuka tabungan emas.

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital melalui Google Play Store pada smartphone android kamu.
  2. Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai, lalu buka aplikasinya.
  3. Isi lengkap data identitas pribadi pada kolom-kolom yang tersedia sesuai perintah.
  4. Isilah unit pegadaian sesuai dengan wilayah kantor cabang di dekat tempat domisili tinggal kamu.
  5. Lakukan pembayaran untuk biaya pembukaan tabungan online.
  6. Lakukan konfirmasi pembayaran untuk mengaktifkan tabungan emas, bisa dengan mendatangi kantor terdekat atau menghubungi contact person (CP). Biasanya waktu tunggu pengaktifan yaitu 7 hari kerja.
  7. Ambil buku tabungan dari unit kantor cabang yang kamu pilih saat pengaktifan berjalan lancar.

Final Thought

Emas bukan lagi aset yang terlalu sulit untuk dimiliki. Hanya dengan menyisihkan uang Rp. 5000 saja, kamu sudah bisa membeli emas secara online. Enak, bukan?

Sekian pembahasan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sekarang, saya mau beli emas dulu. Ada sisa uang kembalian beli Siomay Mas Joko. Siomay enak banget, apalagi emasnya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *