Cara Mencari Uang Halal di Internet Itu Mudah, Kamu Siap!

Cara Mencari Uang Halal di Internet Itu Mudah, Kamu Siap!
Photo by Anna Shvets from Pexels

Mungkin saat ini Anda sedang mencari-cari, bagaimana cara mencari uang yang halal melalui internet? Topik ini paling banyak dicari oleh pengguna Google belakangan ini. Sebenarnya ada beragam cara mencari uang halal di internet, tapi kebanyakan kita lebih suka cara cepat dan instan menghasilkan uang dari pada cara yang benar.

Memang, kalau ditanya langsung semua orang lebih suka cara cepat mendapatkan uang daripada menjalankannya dengan cara yang benar. Namun kenyataannya, metode cepat ini biasanya tidak akan bertahan lama. Istilahnya, mudah datang, mudah pergi!

Faktanya, ada banyak sekali konten di Internet yang membahas topik ini. Beberapa konten memberikan informasi yang akurat, tetapi tidak sedikit juga yang berisi informasi yang abu-abu atau tidak jelas.

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa cara mencari uang halal di internet yang bisa menjadi bisnis online jangka panjang yang kamu jalankan. Jika kita berbicara tentang uang halal, artinya uang yang dihasilkan melalui bisnis internet berasal dari cara yang legal dan tidak melanggar aturan. Right!

Mencari Uang Halal Dari Internet Dengan Bisnis Dropship

Yang pertama dan yang paling mudah adalah menjalankan bisnis dropship online, istilah kerennya dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan bisnis yang memungkinkan kita berjualan secara online tanpa harus menyetok barang. Kamu bisa bermitra dengan produsen atau pemasok (supplier) yang menawarkan program bisnis dropshipping kepada publik.

Biasanya harga produk dari supplier ke dropship relatif lebih murah. Dengan begitu, dropshippers bisa menaikkan harga sehingga kamu bisa mendapatkan margin keuntungan dari hasil penjualan tanpa ada keluar modal besar. Kamu bisa menjual produk-produk dropship di sosial media, marketplace, atau di website store kamu sendiri.

Memang, ada beberapa pedagang dropshippers yang menipu pelanggannya. Mereka menerima uang dari pembeli tetapi tidak menindaklanjuti pembayaran tersebut kepada produsen. Namun, karena kamu ingin mencari uang halal dari internet, kamu harus menjauhi praktek penipuan ini.

Menghasilkan Uang Halal Dari Survey Online

Survey online berbayar bukanlah hal baru bagi orang Indonesia. Meskipun menurut saya pribadi menyelesaikan survey online bukanlah kategori bisnis, namun aktivitas tersebut terbukti dapat menguntungkan banyak orang.

Cara kerjanya cukup sederhana. Kamu mendaftar di situs survey online berbayar dan kemudian menyelesaikan survey yang mereka kirimkan secara berkala. Kamu akan menerima reward untuk setiap survei yang berhasil, umumnya berupa poin yang dapat ditukarkan dengan uang.

Jumlah reward yang diberikan biasanya tidak besar, namun jika mengikuti survey secara rutin, uang yang dihasilkan tentunya bisa bermanfaat bagi kamu. Imbalan berupa poin yang nantinya bisa ditukar menjadi uang tunai dan dikirim ke akun Paypal kamu. Perhatikan juga situs-situs survey online yang sedang ikuti. Pastikan untuk mendaftar di situs survey yang telah terbukti membayar anggotanya.

Menghasilkan Uang Halal dengan Afiliasi Online

Perusahaan afiliasi mirip seperti bisnis dropshipping. Perbedaannya terletak pada proses pemasaran dan caranya berhubungan dengan konsumen. Pada bisnis afiliasi, kamu mendapatkan tautan khusus (link) yang digunakan untuk promosi. Ketika seseorang mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, secara otomatis kamu akan mendapat komisi.

Pelaku bisnis afiliasi juga tidak perlu khawatir menangani pertanyaan dan keluhan konsumen. Berbeda dengan berbisnis dropshipping, yang kamu dituntut harus siap saat calon pembeli menanyakan sesuatu melalui chat, atau whatsapp.

Selain itu, produk-produk yang dijual di industri ini juga sangat beragam, mulai dari produk fisik, produk digital hingga jasa. Untuk memastikan bahwa pebisnis afiliasi bisa mendapatkan komisi, pastikan calon pembeli mengklik tautan khusus milik kamu.

Ada banyak program afiliasi lokal yang bisa kamu coba, seperti accesstrade.co.id, ratakan.com, indoleads.com, dan lainnya.

Mendapatkan Uang Halal Dengan Menjual Jasa

Beragam produk dan jasa yang dicari orang di Internet. Jika kamu memiliki keterampilan di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dengan keterampilan tersebut, kamu dapat menjualnya via online.

Ada beberapa platform freelancer online yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual jasa skill khusus, seperti designer, writer, programmer, painter, singer, virtual assistant, marketing, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan platform tersebut diantaranya freelancer.com, fiverr.com, 99designs.com, dribbble.com, guru.com, topcoder.com, dan lainnya.

Beberapa layanan yang banyak diminati dan selalu laku di Internet adalah:

  • Layanan penulisan artikel, yang sangat cocok untuk kamu yang gemar menulis tentang berbagai topik.
  • Jasa desain grafis, mereka yang memiliki minat dan keahlian dalam desain grafis dapat menghasilkan banyak uang dari internet dengan menjual jasanya.
  • Layanan jasa web developer, jasa ini banyak peminat karena pemasaran melalui website bisa lebih murah dan tidak semua orang memiliki kesempatan untuk membuat website.
  • Jasa app developers, jasa ini banyak dicari oleh kalangan perusahaan yang ingin membuat aplikasi berbasis mobile, dan biasanya biaya yang ditawarkan sangat besar.
  • Jasa pemasaran online, biasanya layanan ini banyak dicari oleh para pebisnis. Berbagai jenis pemasaran online yang banyak digunakan termasuk SEO, Google Adwords, Iklan Facebook, Blogging, dan email marketing.

Mendapatkan Uang Halal Dengan Menjadi Content Creator

Nah, menjadi konten kreator saat ini menjadi profesi yang banyak diidam-idamkan oleh kalangan muda terutama generasi milenial dan generasi Z. Kamu bisa menjadi content creator dan menghasilkan uang halal dari aktivitas tersebut.

Caranya cukup mudah tapi kamu harus konsisten dalam menjalankannya. Adapun caranya sebagai berikut

  • Riset terlebih dahulu, kamu harus riset terlebih dahulu apa yang sedang trend, niche apa yang bisa kamu masuki, yang tentunya kompetisinya tidak terlalu sesak.
  • Rutin mempublish konten, maksimalkan sebaik mungkin platform seperti youtube, instagram, dan tiktok, upload konten asli buatan kamu yang sesuai dengan niche secara rutin bisa dengan 1 hari 2 kali untuk tiktok dan instagram, dan 1 hari sekali untuk konten youtube.
  • Monetize konten kamu, jika engagement sudah cukup maka saatnya kamu menghasilkan uang halal. Kamu bisa mengikuti program youtube publisher dan membuka jasa endorsement di akun sosial media kamu.

Sudah saatnya kita memanfaatkan semaksimal mungkin media internet untuk menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Dengan adaptasi yang cepat kita dapat memenangkan persaingan. Selamat mencoba dan Good Luck!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *