Cara Mendapatkan Rekening Koran Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan lainnya

Cara Mendapatkan Rekening Koran Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan lainnya
image by klikbca.com

Bagi seorang karyawan dan pengusaha rekening korang sangat diperlukan untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga perbankan atau perkreditan. Biasanya, rekening korang digunakan sebagai syarat untuk mengajukan kredit.

Pada dasarnya, pihak auditor bank atau lembaga pemberi pinjaman akan meninjau kemampuan finansial nasabahnya dengan melihat dokumen rekening koran tersebut. Oleh karena itu dokumen ini menjadi syarat yang diberikan oleh pihak bank.

Apa itu Rekening Koran?

Rekening koran bagi masyarakat Indonesia bukanlah hal yang baru. Adapun pengertian rekening koran adalah ringkasan dari keseluruhan proses transaksi keuangan suatu akun rekening. Transaksi dapat berupa rekening pribadi atau rekening perusahaan.

Perkembangan teknologi pun merambah dunia perbankan. Dulunya nasabah membutuhkan rekening koran untuk mengecek transaksi, namun kini tidak lagi. Sati ini, setiap nasabah dapat melihat transaksi keuangan melalui mobile banking. Namun, perkembangan ini tidak serta merta mengubah posisi rekening koran di sistem perbankan.

Di rekening koran, kamu dapat menemukan aliran debit dan kredit, serta riwayat transfer antar rekening. Semua data transaksi biasanya dikirim langsung oleh bank ke pemilik tabungan. Setiap bank memiliki aturan dan regulasinya sendiri tentang masalah ini.

Beberapa bank secara rutin mengirimkan rekening koran setiap bulan atau secara berkala. Nasabah berhak meminta laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Tapi sayangnya tidak semua bank mengirimkan rekening koran tanpa diminta. Anda harus mengajukan rekening koran langsung di cabang bank. Umumnya, beberapa bank akan mengenakan biaya penerbitan rekening koran.

Cara dan Persyaratan Menerbitkan Rekening Koran di Bank

Bagi kamu yang ingin mencetak rekening koran, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu prosedur pengajuannya. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi:

1. Buku tabungan atau buku rekening

Bawa buku tabungan asli kamu ke kantor cabang bank terdekat. Saat bertemu dengan customer service, sampaikan tujuan untuk mencetak rekening koran kamu. Berikan buku tabungan atau rekening kepada staf CS bank untuk diperiksa transaksi keuangannya.

2. Identitas diri

Untuk memvalidasi data kamu, sertakan identitas asli kamu. Sebaiknya untuk membawa KTP atau tanda pengenal lainnya, seperti SIM atau Paspor yang dapat memperkuat data buku rekening bank kamu. CS bank akan memeriksa dan mencocokkan data dan identitas buku tabungan. Jika kedua data tersebut cocok, maka bank akan memproses permintaan untuk menerbitkan rekening koran.

3. Kartu debit

Bank tidak akan memproses aplikasi untuk laporan mutasi bank jika kamu tidak membawa kartu debit. Bawalah kartu debit beserta data lain yang mungkin mempercepat proses pencetakan rekening koran. Kartu debit menunjukkan bahwa validitas kepemilikan rekening pribadi atau bisnis.

4. Biaya cetak

Sebelum mencetak rekening koran, nasabah akan diminta membayar sejumlah dana untuk biaya pencetakan. Sebagaimana disebutkan di atas, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Anda harus membayar biaya pencetakan ke bank, jadi prosesnya jauh lebih cepat.

Biaya Cetak Rekening Koran di Beberapa Bank

Berikut ini biaya yang dikenakan oleh bank untuk mencetak rekening koran:

1. BCA (Bank Central Asia)

Sama seperti bank lainnya, BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia juga menyediakan layanan cetak rekening koran bagi nasabah yang ingin mengetahui informasi rekening tabungannya. Dengan harga yang sama di setiap bank, bank BCA membebankan biaya pencetakan rekening koran sebesar Rp 2.500 per lembar.

2. BNI (Bank Negara Indonesia)

Pihak BNI menyediakan layanan pencetakan rekening koran agar para nasabahnya mengetahui informasi rekening. Para pemegang buku tabungan harus membayar biaya cetak Rp 2.500 – Rp 3.000 per lembar.

3. BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menyediakan layanan cetak rekening koran bagi nasabah yang ingin mengetahui transaksi yang telah terjadi di rekening tersebut. Bank BRI menawarkan harga bagi nasabah yang ingin mencetak rekening koran seharga Rp 2.500 per lembar. Selain itu BRI menawarkan harga cetak rekening koran sebesar Rp 25.000 untuk data transaksi selama 12 bulan (1 tahun).

4. Bank Mandiri

Bank Mandiri juga merupakan bank yang menyediakan layanan cetak rekening koran bagi nasabah. Dengan harga cetak Rp 2.500 per lembar dengan data transaksi 3 bulan terakhir dan Rp 5.000 dengan data transaksi 6 bulan terakhir.

Dari data diatas, hampir semua bank di Indonesia menyediakan jasa pencetakan rekening koran, dengan biaya berkisar Rp 2.500 per lembar.

Fungsi Rekening Koran Bagi Nasabah

Mengacu pada penjelasan diatas, biasanya pembuatan rekening koran untuk alasan atau tujuan tertentu. Beberapa pemegang buku rekening memintanya untuk mempercepat proses administrasi untuk hal-hal lain. Ada beberapa proses administrasi yang mensyaratkan adanya rekening koran, diantaranya:

1. Pembuatan visa

Bagi negara-negara yang tidak membebaskan visa mewajibkan wisatawan untuk memiliki visa kunjungan. Jika kamu berencana untuk datang ke negara tertentu, maka kamu harus mengurus visa. Rekening koran merupakan salah satu dari beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat visa.

Pasalnya, pihak imigrasi ingin memastikan kamu memiliki cukup dana selama berada di negara kunjungan. Rekening adalah bukti transaksi dan pembiayaan paling otentik yang dapat digunakan.

2. Mengajukan pinjaman atau kredit

Mungkin kamu saat ini ingin mengajukan pinjaman ke lembaga bank. Maka kamu perlu menerbitkan rekening koran sesegera mungkin. Bank tidak memproses pengajuan pinjaman jika calon peminjam tidak menyertakan bukti tersebut. Pihak bank dapat memvalidasi apakah keuangan nasabah baik atau tidak.

Selain pengajuan pinjaman uang di bank, jenis pinjaman yang membutuhkan rekening koran adalah KTA, Kartu Kredit, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

3. Audit keuangan

Pada perusahaan, rekening koran digunakan untuk proses audit keuangan perusahaan. Rekening perusahaan berisi informasi keuangan rinci perusahaan tentang pengeluaran dan pendapatan. Ini membuat rekening koran perusahaan menjadi alat audit keuangan perusahaan.

Selain itu, ini juga dapat menjadi bukti sah dan otentik jika sewaktu-waktu perusahaan terlibat sengketa dengan pihak lain terkait mutasi rekening. Misalnya dalam kasus, ketika kamu yakin telah membayar sejumlah dana kepada vendor, tetapi pihak vendor menyatakan bahwa mereka belum menerimanya. Karena itu, rekening koran bisa menjadi bukti otentik.

Kesimpulan

Masih banyak fungsi dan manfaat rekening koran yang lainnya. Bagi kamu yang ingin mencetak rekening koran, pastikan membawa persyaratan dan biaya untuk memprosesnya.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *