Cara Uninstall Aplikasi di Laptop and PC dengan Mudah

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop and PC dengan Mudah
image by lifewire.com

Siapapun pasti sering mengalami laptop dan pc yang mendadak menjadi lemot. Ada dua alasan mengapa kinerja laptop melambat, pertama karena terdapat virus kedua karena terlalu berat dengan aplikasi seperti yang dikutip dari portal teknologi dan bisnis di Tedas.

Jika laptop sudah di scan dengan antivirus ternyata masih saja lemot, artinya terlalu banyak aplikasi yang diinstal membuat kinerja menjadi lambat. Oleh karena itu menghapus aplikasi tentu saja menjadi jalan keluarnya.

Namun bagaimana cara untuk bisa menghapus aplikasi di laptop dan pc? Apakah sama? Untungnya cara uninstall aplikasi di laptop tidak sulit dan baik itu pc dan laptop cara menghapusnya sama. Tergantung dengan Windows apa yang digunakan.

Yuk simak, apa saja cara menghapus aplikasi di laptop dengan mudah yang bisa diikuti.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop pada Windows 10

Windows 10 kini adalah jenis sistem yang saat ini lebih banyak digunakan untuk laptop dan pc keluaran terbaru. Biasanya sistem ini jadi sistem bawaan yang asli ketika kamu membeli laptop baru.

Sedangkan untuk aplikasi tambahan lain seperti Adobe Acrobat, atau aplikasi lainnya bisa diinstal sendiri. Nah aplikasi tambahan inilah yang seringkali membuat hardisk menjadi penuh sehingga laptop menjadi lemot.

Bagi kamu yang menggunakan Windows 10, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi. Masing-masing langkahnya sangat mudah, berikut ini macam-macam caranya.

Menggunakan Menu Start

Cara yang pertama ini adalah melalui start yang juga bisa digunakan pada program Windows 8 dan 7. Karena menu start selalu ada di semua program Windows. Berikut caranya jika kamu menggunakan Windows 10.

  1. Masuk menu Start dengan klik menu di bagian muka. Lokasinya ada di pojok kiri bawah. Bisa juga dengan tekan logo Windows pada keyboard.
  2. Setelah itu akan muncul banyak menu yang isinya adalah aplikasi yang telah terinstal.
  3. Pilih aplikasi yang ada di Windows Store yang hendak dihapus. Kemudian klik kanan pada mouse di aplikasi tersebut hingga muncul menu Uninstall.
  4. Klik menu uninstall tersebut dan aplikasi akan segera terhapus.

Menggunakan Menu Settings

Cara kedua ini adalah dengan masuk ke bagian settings komputer. Melalui settings ada begitu banyak pengaturan yang tersedia, salah satunya adalah cara uninstall aplikasi di laptop. Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti:

  • 1. Klik kanan pada mouse di menu Start. Maka akan muncul banyak pilihan menu Settings. Kemudian pilih menu Apps & Features.

2. Bisa juga klik pada bagian pojok kanan bawah dan pilih menu All Settings dan pilih menu App. Baru pilih menu Apps & Features.

3. Maka kamu akan melihat daftar program yang sudah terinstal di laptop atau komputer. Tinggal pilih aplikasi mana yang hendak dihapus dan klik kanan pada mouse. Pilih menu Uninstall.

Aplikasi akan otomatis langsung terhapus setelah menu Uninstall di klik.

Menggunakan Control Panel

Cara menghapus aplikasi di laptop yang ketiga ini adalah alternatif lainnya yang juga mudah untuk dilakukan. Control panel fungsinya sama seperti settings, ada begitu banyak aplikasi yang bisa dihapus melalui sistem ini. Cara yang bisa diikuti adalah sebagai berikut ini:

  • 1. Pada bagian menu search di halaman muka Windows, ketika Program dan Features. Maka kamu akan diarahkan ke Control panel yang berisi aplikasi.

2. Maka akan muncul tab baru yang isinya aplikasi dan kamu bisa menyeleksi program atau aplikasi mana saja yang hendak dihapus.

3. Untuk menghapusnya tinggal klik kanan pada bagian program atau aplikasi tersebut kemudian klik Uninstall.

Semua cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 ini sangat mudah dilakukan. Kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menghapus aplikasi jika tiba-tiba laptop atau pc menjadi lemot.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop dengan Windows 8 dan 8.1

Windows 10 dan 8 adalah dua jenis sistem yang hingga kini lebih banyak digunakan dibandingkan Windows 7. Apabila dilihat dari cara menghapus aplikasinya ada banyak kesamaan tetapi ada sedikit perbedaan yang harus diperhatikan.

Karena pada Windows 10, tampilan dari program setelah klik bagian start tampilannya mirip dengan Windows 7. Sedangkan Windows 8 dan 8.1 sedikit berbeda karena pengguna akan dialihkan pada tampilan khusus program.

Supaya tidak bingung ada beberapa cara yang bisa diikuti dengan langkah-langkah berbeda berikut ini:

Menggunakan PC settings

Cara yang pertama adalah masuk ke dalam PC settings di sana kamu akan diarahkan masuk ke Apps Size. Berikut ini caranya:

  1. Klik menu Start pada Windows kemudian pilih menu PC settings yang ada di menu utama.
  2. Apabila menu PC settings sudah terbuka klik menu Search and apps kemudian klik Apps Sizes.
  3. Maka akan muncul daftar aplikasi yang berada di Windows Store milikmu.
  4. Baru setelah itu klik aplikasi mana yang ingin dihapus baru klik Uninstall untuk menghapusnya.

Menggunakan Menu Start

Walaupun sama-sama menggunakan Start tapi pada tampilannya sangat berbeda sebagai berikut ini.

  1. Klik start pada bagian menu WIndows, bisa juga tekan menu Windows pada keyboard.
  2. Maka akan muncul tampilan penuh dengan aplikasi dari Windows Store. Baru cara aplikasi yang hendak dihapus.
  3. Klik kiri pada di mouse pada aplikasi yang hendak kamu hapus. Setelah itu pilih menu Uninstall yang muncul.

Jika ingin mencari daftar aplikasi secara lengkap, kamu bisa menggunakan menu drop down untuk melihat daftar aplikasi secara keseluruhan.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop dengan Pihak Ketiga

Selain menghapus aplikasi secara langsung menggunakan cara manual di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menggunakan tambahan software pihak ketiga. Aplikasi yang ini bisa diunduh terlebih dahulu, biasanya digunakan untuk menghapus aplikasi membandel karena virus.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan seperti Revo Uninstaller atau CCleaner. Aplikasi ini bukan untuk memberatkan laptop atau komputer tetapi justru meringankan. Karena fungsinya bisa juga digunakan untuk menghapus cache sekaligus aplikasi.

Banyak sekali fitur yang dihadirkan jika kamu menggunakan aplikasi tambahan ini. Sedangkan untuk menggunakannya rata-rata caranya sama yaitu :

  • Instal terlebih dahulu aplikasi dari pihak ketiga yang ingin digunakan. Biasanya aplikasi ini bisa diunduh secara gratis.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian carilah menu aplikasi sehingga ada begitu banyak aplikasi yang akan muncul, kamu tinggal pilih mana saja aplikasi yang hendak dihapus.
  • Cara menghapus aplikasi di laptop secara permanen melalui aplikasi ini kurang lebih sama yaitu klik kanan pada mouse dan pilih menu uninstall.
  • Apabila sudah selesai, kamu bisa melakukan scanning, tujuannya untuk menghilangkan cache yang ketinggalan sehingga laptop bisa kembali berjalan normal.

Tips Menghapus Aplikasi dengan Lengkap

Kamu mungkin sudah menggunakan aplikasi baru atau sudah lama. Namun biasanya masih banyak data yang tertinggal walaupun aplikasi sudah dihapus. Nah bagaimana cara agar aplikasi terhapus dengan lengkap? Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Melakukan restart
    Beberapa aplikasi ada yang biasanya merestart laptop atau komputer secara otomatis, tetapi sebagian tidak. Jika kamu ingin kinerja laptop kembali normal dan cepat selalu melakukan restart setiap aplikasi terhapus. Tujuannya juga agar semua cache yang tersimpan benar-benar terhapus.
  2. Menghapus aplikasi satu per satu
    Kamu harus menghapus aplikasi satu per satu supaya proses uninstall berjalan lebih cepat. Bahkan laptop sendiri biasanya akan bekerja untuk menghapus satu per satu saja. Sehingga kamu tidak terlalu lama menunggu.

Inilah berbagai cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu ikuti sehingga kinerja jadi lebih cepat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *